search-button

Oct 5, 2021

11 Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Dapat Diputar

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar, mengatasi video Instagram tidak bisa diputar dengan sangat mudah. Banyak pengguna Instagram yang melaporkan bahwa video Instagram hanya dapat diputar selama beberapa detik dan kemudian buffer dengan ikon kamera berkedip atau tidak dapat diputar sama sekali.Terkadang, video juga muncul sebagai layar putih saat audio diputar.


Masalah tidak bisa memuat video Instagram bisa terjadi tiba-tiba di aplikasi ponsel dan situs di browser, atau terjadi setelah pembaruan OS dan versi browser, dan lainnya. Jika kamu memiliki masalah dengan pemutaran video di aplikasi Instagram atau situs web Instagram, ada beberapa cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar untuk memperbaikinya dalam hitungan detik, atau sebagai cara mengatasi video patah-patah di Android dan di perangkat lainnya.

Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Dapat Diputar

Cara Memperbaiki Video Instagram Tidak Dapat Diputar


1. Mulai Ulang Perangkat


Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Dapat Diputar


Cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar yang pertama adalah dengan memulai ulang perangkat, cara ini juga bisa jadi cara mengatasi video lag di Instagram. Hanya dengan memulai ulang atau me-restart perangkat, kamu dapat mengatasi sebagian besar masalah yang mengganggu dan terjadi di perangkat kamu. Sebelum cara yang lebih kompleks, cukup restart perangkat untuk memperbaiki masalah video Instagram.


2. Perbarui Aplikasi Instagram

Versi aplikasi yang kedaluwarsa dapat menyebabkan banyak masalah, termasuk masalah penyebab kenapa video tidak bisa dibuka. Versi aplikasi terbaru akan membawa perbaikan bug, termasuk perbaikan untuk masalah video ini. Jadi, cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar karena ini adalah dengan memeriksa apakah ada pembaruan baru dari Instagram. Jika demikian, perbarui saja Instagram kamu ke versi terbaru.


3. Periksa Koneksi Internet di Jaringan Perangkat

Jika kamu menggunakan data seluler, ada kemungkinan penyebab video tidak bisa diputar atau kenapa Story Instagram lag adalah karena sinyal yang lemah. Cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar karena ini ada banyak, salah satu yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mencari spot atau tempat dengan sinyal yang bagus. Kamu bisa pindah dari kamar ke luar rumah, atau ke mana pun di tempat yang aman.


4. Gunakan Jaringan Wi-Fi

Cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar selanjutnya adalah dengan menggunakan jaringan Wi-Fi, masih dengan alasan yang sama, jaringan data di perangkat yang lelet bisa jadi alasan kenapa video tidak bisa diputar atau kenapa video di IG jadi slow motion. Kamu bisa menyambungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi yang tersedia, dan lihat apakah memang jaringan yang jadi masalahnya.


5. Pengaturan Video Instagram

Jika kamu menggunakan data seluler dan pengaturan pemutaran video untuk Instgram di set di penggunaan Wi-Fi saja, maka video – video di Instgram selamanya tidak akan bisa diputar jika kamu tidak menyambungkannya ke jaringan Wi-Fi. Nah, cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar karena ini, dan karena kamu akan menggunakan jaringan seluler, coba buka pengaturan di Instagram ke bagian pemutaran video atau media, dan ubah settingannya.


6. Periksa Router


Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Dapat Diputar


Cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar selanjutnya adalah dengan memeriksa jaringan pada router yang kamu gunakan, cara ini dapat mengatasi video instagram tidak bisa diputar dengan sangat cepat. Kamu bisa, me-reboot router atau memeriksa kabel sambungannya, jika mungkin ada yang terputus. Selain itu, kamu juga bisa moba router lain dan periksa ketersediaannya dengan perangkat lain.


7. Setel Ulang Jaringan

Setel ulang pengaturan jaringan perangkat iPhone Android kamu, dapat menjadi cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar dengan mudah, jika memang masalahnya ada pada jaringan. Cara untuk mengatur ulang jaringan itu berbeda – beda pada setiap perangkat, jadi silakan cari tahu caranya untuk perangkat yang kamu gunakan. Oh, cara ini juga bisa jadi cara mengatasi video patah-patah di Android.


8. Hapus Cache Aplikasi

Aplikasi di perangkat akan menyimpan aktivitas yang kamu lakukan sebagai cache, dan cache dapat menjadi rusak. Seperti yang kita tahu, cache Instagram yang rusak dapat menyebabkan video tidak dapat diputar di Instagram. Untuk cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar karena masalah ini, cukup hapus cache dari aplikasi Instagram. Cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi video lag di instagram


9. Hapus Data Aplikasi

Selain cache, data aplikasi yang menumpuk dan rusak juga bisa menjadi penyebab kenapa video tidak bisa dibuka di Instagram. Jadi, cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar karena ini adalah dengan menghapus data aplikasi Instagram. Untuk menghapusnya, kamu bisa menghapusnya lewat Pengaturan. Setelah itu, silakan buka kembali Instagram dan login kembali ke akun kamu.


10. Copot dan Instal Ulang Aplikasi Instagram

Dengan cara ini, kamu dapat memperbaiki video Instagram yang tidak dapat diputar yang disebabkan oleh aplikasi Instagram yang bermasalah atau usang. Karena memang, error kecil pada Instagram bisa jadi alasan kenapa story Instagram lag. Tinggal copot atau uninstall saja seperti biasa, setelah itu silakan unduh lagi aplikasi dari Play atau App Store. Cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar pada ponsel saja.


11. Nonaktifkan Mode Hemat Daya


Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Dapat Diputar


Mode hemat daya berguna saat kamu perlu menghemat daya baterai tetapi kinerja perangkat kamu, termasuk pemutaran video Instagram akan terbatas. Iya, itu juga adalah salah satu alasan kenapa video di IG jadi slow motion. Oleh karena itu, cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar karena ini, adalah dengan menonaktifkannya agar video Instagram dapat diputar.


Gengs! Masih ada banyak penyebab kenapa video – video di Instagram tidak bisa diputar, dan jika penyebab video tidak bisa diputar di Instgram kamu termasuk ke dalam yang kita bahas di atas, itu pasti akan segera terselesaikan. Oh, untuk cara clear cache instagram, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi pembersih cache yang terpecaya ya. Sekian panduan cara mengatasi video Instagram tidak dapat diputar ini, have a nice day!