search-button

Sep 24, 2021

8 Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara atasi RAM Android yang cepat penuh, bisa juga digunakan sebagai cara mengatasi RAM penuh PC. Android berkembang dengan setiap pembaruan baru dan tidak diragukan lagi bahwa itu telah menjadi sistem operasi yang sangat matang dan kaya fitur. Namun, sejumlah besar fitur paket Android membawa trade-off-nya sendiri. Android selalu dikenal sebagai OS yang tidak terlalu ramah sumber daya.


Dan dengan setiap iterasi baru, OS sering kali membutuhkan lebih banyak RAM untuk berjalan dengan lancar. Jadi, jika kamu memiliki smartphone Android lama dengan jumlah RAM yang sedikit dan kamu merasa RAM Android kamu cepat penuh, kamu mungkin perlu mengoptimalkan RAM perangkat. Berikut adalah beberapa cara mengatasi RAM Android cepat penuh, cara ini juga bisa kamu coba sebagai cara mengatasi ram penuh di Windows 10.

Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh

Cara Meringankan RAM Android


1. Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dengan Periksa Penggunaan Memori

Pertama, sangat penting untuk mengetahui aplikasi jahat yang menghabiskan paling banyak memori di perangkat Android kamu, aplikasi jahat bisa jadi alasan kenapa RAM HP cepat penuh. Untungnya, Android secara native memungkinkan kamu memeriksa penggunaan memori. Untuk memeriksa memori, buka Pengaturan Android > Memori, di mana kamu akan diperlihatkan penggunaan memori rata-rata dari beberapa jam terakhir atau dari satu hari.


2. Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dengan Force Close Aplikasi

Cara ini bisa kamu gunakan juga sebagai cara mengatasi RAM penuh di Windows 7. Jika kamu sudah menemukan aplikasi yang paling banyak menghabiskan RAM, silakan buka aplikasi tersebut lewat Pengaturan dan klik pada tombol Force Close atau Paksa Berhenti. Kamu juga bisa memberhentikannya langsung ketika melihat aplikasi yang paling banyak menghabiskan RAM, langsung klik pada aplikasi teratas dan tekan tombol tiga titik dan tekan Paksa berhenti.


3. Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dengan Nonaktifkan Aplikasi

Meskipun memaksa aplikasi berhenti memang membebaskan RAM, itu tidak akan bertahan lama, karena aplikasi cenderung memulai ulang sendiri di latar belakang. Jadi, jika ada beberapa aplikasi sistem yang tidak dapat diinstal yang memakan RAM perangkat, cukup nonaktifkan. Setelah kamu menonaktifkan aplikasi, itu tidak akan berjalan di latar belakang kecuali kamu mengaktifkannya kembali. Ini adalah cara membersihkan RAM HP yang paling mudah.


4. Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dengan Nonaktifkan Aplikasi Sistem


Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh


Untuk menonaktifkan aplikasi sistem, buka Pengaturan > Aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin di-nonaktifkan. Di halaman info aplikasi, tekan tombol Nonaktifkan dan klik opsi Nonaktifkan Aplikasi di prompt. Penting untuk dicatat di sini bahwa menonaktifkan aplikasi sistem dapat mengakibatkan kinerja yang tidak konsisten pada perangkat, berbeda ketika kamu menonaktifkan aplikasi bukan dari sistem di nomor sebelumnya. Cara ini bisa kamu coba sebagai cara mengatasi RAM laptop penuh juga.


5. Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dengan Nonaktifkan Animasi

Ini adalah cara membersihkan RAM Android yang efektif, tapi tidak banyak digunakan. Perlu diketahui, animasi yang kamu gunakan di Android tentu saja membuat OS terlihat lebih modern, tetapi juga membebani RAM dan CPU perangkat. Kabar baiknya adalah, kamu dapat dengan mudah menonaktifkan animasi ini untuk membuat RAM terbebani jadi tidak cepat penuh.


6. Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dengan Nonaktifkan Transisi

Jika kamu masih ingin menggunakan animasi, tetapi tidak ingin RAM perangkat kamu terlalu cepat penuh, itu masih bisa diakali. Caranya adalah dengan hanya menggunakan satu animasi saja, dan menonaktifkan tansisi animasi. Untuk ini, buka Opsi pengembang untuk mengutak-atik opsi transisi. Kemudian, buka Pengaturan > Opsi pengembang dan gulir ke bawah untuk menemukan opsi seperti Skala animasi transisi lalu nonaktifkan.


7. Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dengan Tidak Menggunakan Wallpaper Animasi

Ada beberapa aplikasi Wallpaper Animasi yang sangat keren yang tersedia untuk Android dan meskipun terlihat cantik, aplikasi ini menghabiskan banyak RAM, yang juga menghasilkan lebih banyak konsumsi baterai. Jadi, kami tentu tidak akan merekomendasikan wallpaper hidup jika kamu menghadapi masalah kinerja perangkat. Cara ini juga bisa kamu coba sebagai cara mengatasi RAM penuh PC.


8. Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dengan Tidak Menggunakan Banyak Widget


Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh


Selain wallpaper hidup, widget yang luas juga bisa menghabiskan banyak RAM, jadi jika kamu benar-benar serius ingin membersihkan sebagian RAM di perangkat kamu, dan membuat RAM agar tidak cepat penuh, maka kamu hanya boleh menggunakan widget sederhana seperti pemutar musik, kalender, dan lain – lain di layar utama. Cara ini bisa kamu coba juga sebagai cara mengatasi ram penuh di Windows 10.


Itu adalah beberapa tip dan cara sederhana untuk membersihkan RAM di perangkat Android kamu dan tip untuk membuat RAM jadi tidak terlalu cepat penuh. Jadi, jika kamu menghadapi masalah kinerja pada perangkat kamu karena aplikasi menghabiskan semua memori atau penyebab lainnya, silakan gunakan cara mengatasi RAM Android cepat penuh ini untuk membersihkan RAM dan dapatkan kinerja yang lebih baik darinya. Have a nice day!