search-button

May 26, 2019

10 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Xiaomi

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara - cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi. Dengan komunitas yang aktif, Xiaomi menyediakan berbagai tips dan trik untuk menjadikan MIUI-nya pengalaman yang lebih lancar bagi setiap pengguna. Kali ini, kami mendapatkan 10 trik untuk membebaskan penyimpanan pada perangkat Xiaomi mu. Dengan trik ini, kamu dapat menghilangkan peringatan ruang penyimpanan yang habis.


Sementara MIUI sendiri hadir dengan aplikasi terintegrasi untuk membersihkan dan mengelola penyimpanan, kamu dapat secara manual melakukan beberapa hal lain untuk membersihkannya secara mendalam. Cara - cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi ini ada yang datang langsung dari komunitas MIUI, jadi metode – metode ini pasti akan bekerja untuk perangkat Xiaomi mu. Cekidot !

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Xiaomi

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Xiaomi


1. Membersihkan Cache

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  ini juga bekerja untuk semua smartphone Android, karena cache adalah sesuatu yang memakan banyak ruang dan membutuhkan pembersihan manual dalam banyak kasus. Dengan membersihkannya, kamu tidak akan kehilangan data apa pun dalam dan dapat menghemat banyak memori dengan melakukannya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus cache, buka Pengaturan > Penyimpanan > Data dalam cache. Setelah kamu mengklik data cache, pop-up akan muncul dan meminta mu untuk menghapusnya. Konfirmasikan dan cache akan dihapus.

2. Cleaner App

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan dari Cleaner App. Perangkat Xiaomi mu memiliki aplikasi khusus dari Xiaomi untuk menyingkirkan file dan data yang tidak perlu di perangkat. Aplikasi Cleaner hadir terintegrasi sebagai bagian dari aplikasi Keamanan dan memungkinkan mu menghapus file yang tidak mengakibatkan hilangnya data. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, kamu hanya perlu membuka aplikasi tersebut untuk kemudian mengikuti petunjuknya dengan mudah sampai selesai.

3. Pembersih ruang penyimpanan

Langsung saja ke langkah – langkah cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi yang satu ini, buka opsi Keamanan > Pembersih. Dari sini, kamu akan melihat tombol ‘bersihkan‘ di bagian bawah layar. Tombol ini juga memberitahukan berapa banyak file yang tidak perlu ada di setiap aplikasi. Dengan satu klik pada tombol, kamu dapat menghapus file-file yang tidak berguna ini dan membebaskan penyimpanan pada perangkat Xiaomi mu.

4. Deep Clean menggunakan Cleaner

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  selanjutnya adalah dengan memanfaatkan Cleaner atau aplikasi pembersih. Jika perangkat Xiaomi mu memiliki beberapa aplikasi yang tidak digunakan dan hanya menghabiskan penyimpanan, kamu dapat menggunakan cara ini untuk membersihkannya. Cukup buka Keamanan > Pembersih. Di sini kamu akan melihat tombol Deep Clean di sisi kanan atas layar. Silahkan klik untuk melihat aplikasi yang jarang kamu gunakan lalu klik ‘Hapus Sekarang’ aplikasi yang kamu pilih akan dihapus dari perangkat Xiaomi mu. Cara ini pasti akan menghasilkan lebih banyak ruang kosong di ponsel mu.

5. Menggunakan Mi Cloud

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Xiaomi


Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  selanjutnya adalah dengan memanfaatkan Mi Cloud. Kita semua tahu bahwa Mi Cloud adalah ruang penyimpanan cloud yang kamu dapatkan dengan smartphone Xiaomi mu. Dengan menggunakan Mi Cloud ini, kamu dapat menyimpan semua foto dan video d perangkat kei cloud, mencegahnya mengisi ruang penyimpanan di ponsel Xiaomi mu tentunya. Untuk memindahkannya, silahkan buka Foto dan klik menu tiga titik di sisi kanan atas layar. Masuk ke pengaturan dan atur mode cadangan dan ketersediaan offline pilihan mu. Dengan cara ini, foto dan video dapat tetap aman di cloud sementara penyimpanan ponsel mu tidak penuh.

6. Menggunakan Kartu microSD

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi selanjutnya adalah dengan menggunakan kartu SD. Penyimpanan internal dapat menjadi masalah terutama pada perangkat entry-level. Namun, ponsel Xiaomi dilengkapi dengan slot kartu microSD yang sebagian besar berfungsi sebagai slot SIM kedua. Jika kamu tidak menggunakan Dual SIM pada ponsel Xiaomi mu, maka kamu dapat menggunakan kartu microSD pada perangkat untuk memperbesar kapasitas penyimpanan. Kamu juga dapat mengaturnya sebagai penyimpanan default untuk video dan foto, tindakan ini dapat membebaskan penyimpanan internal. Kamu juga bisa memindahkan konten media dari WhatsApp, secara manual ke kartu SD.

7. Hapus Aplikasi yang Tidak Terlalu Sering Digunakan

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak sering kamu gunakan. Coba periksa perangkat Xiaomi mu, dan pilih lah aplikasi – aplikasi yang tidak sering kamu gunakan. Setelah itu klik dan tahan satu aplikasi di layar beranda, ketika ikon aplikasi mulai bergoyang klik ikon X pada aplikasi yang ingin kamu hapus, lalu klik OK di bagian konfirmasi. Aplikasi dan semua file data lainnya juga akan ikut dihapus. Klik tombol Rumah atau Home setelah selesai.

8. Hapus File di Aplikasi

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  selanjutnya adalah dengan menghapus file – file di aplikasi. Jadi, tinggal buka aplikasi Pengaturan, klik Umum lalu klik Penggunaan. Di layar Penggunaan, klik Kelola Penyimpanan dan tunggu beberapa detik hingga daftar aplikasi dan penggunaan penyimpanannya muncul. Jika kamu melihat sebuah ikon di sebelah kanan nama aplikasi, kamu dapat menghapus file-nya. Klik ikon tersebut untuk menunjukkan file-file itu. Klik Edit di kanan atas, lalu klik ikon Hapus lingkaran merah dengan tanda minus di dalamnya untuk setiap file yang ingin kamu hapus, terakhir klik Selesai. Ingat ya, jika file tersebut cukup penting, sebelum menghapusnya kamu bisa mencadangkannya terlebih dahulu.

9. Hapus Riwayat Perpesanan

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi selanjutnya adalah dengan menghapus riwayat perpesanan di perangkat mu, entah itu perpesanan online atau offline. Perpesanan dapat memakan banyak sekali ruang penyimpanan karena secara default, aplikasi perpesanan menyimpan semua Pesan selamanya yang mencakup teks, video, foto, file, dan lainnya. Teksnya sendiri sangat kecil, tetapi dengan menyimpan semua foto dan video yang dilampirkan bahkan pada percakapan lama yang belum kamu lihat selama berbulan-bulan dapat menghabiskan banyak ruang. So silahkan hapus pesan – pesan lama itu.
Baca juga:
12 Cara Cek Xiaomi Asli atau Palsu 100% Akurat
10 Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Home Xiaomi Tidak Berfungsi
10 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi

10. Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Xiaomi

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  pertama adalah dengan memindahlan beberapa aplikasi ke kartu SD. Silahkan pilih aplikasi – aplikasi yang tidak terlalu krusial dan masih bisa bekerja baik meski disimpan di kartu SD dan tentu saja bisa dipindahkan. Setelah aplikasi ditentukan, silahkan pindahkan ke kartu SD yang lebih luas, dengan begitu penyimpanan internal yang sebelumnya penuh dapat bernafas lega sekarang.


Demikianlah cara - cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi yang bisa kamu coba lakukan. Fyi gengs ! cara yang terakhir itu sebenarnya kurang kami sarankan, karena dengan memindahkan aplikasi ke kartu SD, kemungkinan akan merusak memori eksternal jika penggunaan dalam jangka waktu yang panjang. Hal tersebut juga bisa mengakibatkan hilangnya data-data penting aplikasi yang terpasang di kartu SD. Selamat puasa !