search-button

Aug 4, 2021

8 Cara Ngecas Powerbank Yang Benar

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara ngecas powerbank yang benar, cara mengecas power bank veger 10000mah dan powerbank dari brand lainnya. Memiliki powerbank dapat menjadi investasi yang membuat setiap perjalanan ke mana pun jadi sangat nyaman, terutama ketika kamu membawa ponsel atau perlengkapan lainnya jauh dari stopkontak atau sumber listrik untuk mengisi ulang daya perangkat – perangkat itu.


Powerbank yang kamu bawa akan memastikan bahwa setiap perangkat tidak akan kehabisan daya. Namun, untuk mengisi daya perangkat saat bepergian, tentu saja powerbank-nya sendiri harus diisi dayanya. Power bank dapat dengan mudah diisi di laptop atau stopkontak, tapi apakah kamu tahu cara ngecas powerbank yang benar? Di sini kami akan membahas itu, dan juga menjawab pertanyaan “apakah power bank baru harus dicas duluatau tidak”.

Cara Ngecas Powerbank Yang Benar

Cara Ngecas Powerbank Yang Benar


1. Cek Proses Pengisian Daya Secara Berakala

Cara ngecas powerbank yang benar yang peratama adalah dengan mengecek powerbank yang sedang dicas secara berkala, pengecekan ini juga untuk memeriksa apakah powerbank panas saat dicas. Silahkan periksa pengisian daya secara berkala, segera setelah semua lampu LED menyala, cabut pengisi daya. Jika lampu LED tidak berfungsi, cabut pengisi daya setelah perkiraan waktu pengisian daya terpenuhi.


2. Kenali Kapan Powerbak Harus dicas

Cara ngecas powerbank yang benar ke dua adalah dengan mengenali kapan powerbank harus dicas, cara mengetahuinya itu semudah cara mematikan power bank. Untuk mengetahui kapan powerbank harus diisi ulang dayanya, yang harus kamu lakukan adalah memeriksa lampu LED powerbank. Meskipun bank daya dapat diisi dayanya kapan saja, pengisian daya yang tidak perlu dapat mengurangi masa pakainya. Sebagian besar powerbank memiliki 4 lampu LED dan itu akan mati saat baterai berkurang, isilah saat 1 atau 2 lampu yang menyala.


3. Cek Daya Pada Powerbank

Cara ngecas powerbank yang benar selanjutnya adalah dengan mengecek daya powerbank setelah selesai diisi ulang, dengan begini kamu akan tahu apakah power bank di cas tidak penuh atau pinuh dengan baik. Setelah mengisi daya powerbank, sambungkan salah satu perangkat elektronik kamu ke powerbank. Jika powerbank terisi daya dengan benar, perangkat akan mulai mengisi daya. Jika tidak, coba isi ulang powerbank ke sumber listrik lain.


4. Sebisa Mungkin Isi Ulang di Stopkontak


Cara Ngecas Powerbank Yang Benar


Cara ngecas powerbank yang benar yang ke empat adalah dengan mengisi ulang powerbank di stopkontak, ini akan menghindarkan powerbank panas saat dicas. Silahkan isi ulang powerbank kamu di stopkontak jika memungkinkan. Powerbank biasanya dilengkapi dengan kabel USB dan adaptor dinding, kamu hanya perlu memasang powerbank dengan kabel USB dan adaptor dinding seperti kamu akan mengisi ulang daya HP.


5. Gunakan Kabel dan Soket Pengisian Original

Cara ngecas powerbank yang benar selanjutnya adalah dengan menggunakan peralatan pengisian daya yang original, yang disertakan bersama powerbank. Dengan menggunakan peralatan pengisian daya original, itu akan mencegah port USB power bank longgar. Gunakan  hanya kabel yang disertakan dengan bank daya untuk mengisi dayanya, hindari menggunakan kabel pengisi daya yang berbeda yang tidak dirancang untuk powerbank.


6. Cas Powerbank di Laptop atau Komputer Jika Terpaksa

Cara ngecas powerbank yang benar ke enam adalah dengan mengisi ulang powerbank di laptop atau komputer jika tidak ada pilihan lain, ingat! Cara ini dilakukan jika memang tidak ada sumber listrik lain, karena ini berpotensi membuat power bank di cas tidak penuh. Komputer atau laptop juga dapat digunakan untuk mengisi daya powerbank. Cara ini akan memakan waktu lebih lama untuk mengisi powerbank di komputer daripada dengan pengisi daya dinding.


7. Isi Daya Perangkat Elektronik Dan Powerbank Secara Bersamaan

Cara ngecas powerbank yang benar selanjutnya adalah dengan mengisi daya powerbank dan perangkat yang biasa kamu isi dengan powerbank, secara bersamaan. Saat powerbank sedang diisi, colokkan perangkat elektronik apa pun yang biasanya kamu isi daya dengan powerbank ke stopkontak. Perangkat pengisian daya memakan baterai powerbank, jika kamu mengisi daya perangkat elektronik secara bersamaan, kamu tidak perlu menggunakan powerbank terlalu cepat. Ini akan meningkatkan masa pakai baterainya.


8. Ketahui Berapa Lama Powerbank Harus dicas


Cara Ngecas Powerbank Yang Benar


Cara ngecas powerbank yang benar yang terakhir adalah dengan megetahui berapa lama powerbank harus dicas, cara mengetahuinya lebih mudah dari cara mematikan power bank. Untuk mengetahuinya, silahkan periksa instruksi pabrik untuk perkiraan waktu pengisian yang bisa kamu lihat pada kemasan powerbank. Biasanya waktu pengisian powerbank baru akan berbeda dengan waktu pengisian reguler.


Itulah kedelapan cara ngecas powerbank yang benar, yang bisa kamu upayakan untuk membuat powerbank kamu lebih awer dan tidak mudah rusak. Jika kamu barus daja membeli powerbank baru, cara – cara ngecas powerbank yang benar di atas bisa kamu terapkan, hanya saja, waktu pengisian ulangnya mungkin berbeda. Silahkaan lihat waktu pengisian pertama powerbak pada kemasannya. Have a nice day!