search-button

Aug 3, 2021

6 Cara Memperbaiki Keyboard HP Oppo

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara memperbaiki keyboard HP Oppo, cara mengembalikan keyboard Oppo seperti semula. Apakah keyboard OPPO kamu terus - terusan hang, lagging, atau crash saat kamu mengetik pesan? Jika iya, jangan panik dulu! Ada upaya - upaya yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki masalah pada keyboard Oppo kamu. Kamu dapat memeriksa apakah keyboard OPPO yang digunakan itu keyboard OPPO default atau bukan.


Kamu juga dapat menghapus cache dan data atau memulai ulang dan menyegarkan ponsel Oppo kamu. Opsi lainnya adalah memperbarui ke perangkat lunak terbaru atau mengatur ulang HP Oppo kamu ke pengaturan pabrik. Beberapa cara perbaikan itu akan sangat membantu, silakan lihat panduan lengkap cara - cara memperbaiki keyboard HP Oppo ini, yang lebih mudah dari cara setting keyboard di Oppo.

Cara Memperbaiki Keyboard HP Oppo

Cara Memperbaiki Masalah Keyboard Ponsel OPPO


1. Cek Jenis Keyboard

Cara memperbaiki keyboard HP Oppo yang pertama adalah dengan menggunakan keyboard default Oppo, setelah memriksanya dan ternyata itu bukan default, kamu bisa menggantinya ke keyboard default. Cara menggunakan atau memunculkan kembali keyboard default ini sama seperti cara memunculkan keyboard di HP Vivo, tinggal buka saja Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Keyboard & Metode Input > dan centang Keyboard Default.


2. Hapus Data dan Cache Keyboard

Cara memperbaiki keyboard HP Oppo selanjutnya adalah dengan menghapus data dan cache keyboard, dengan menghapus data pada keyboard, itu juga bisa menjadi cara mematikan suara keyboard Oppo, jika fitur tersebut kamu atur sebelumnya. Untuk ini, silahkan buka Pengaturan > Manajemen Aplikasi > Daftar Aplikasi > TouchPal untuk OPPO/Gboard > Penggunaan Penyimpanan > Hapus Cache > Hapus Data.


3. Mulai Ulang Ponse

Cara memperbaiki keyboard HP Oppo yang ke tiga adalah dengan memulai ulang ponsel, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara mengembalikan keyboard Vivo seperti semula. Untuk ini, silahkan tekan dan tahan tombol Power selama lebih dari 10 detik hingga kamu melihat tombol Restart. Setelah itu, klik Restart/Mulai ulang. Cara ini tergantung pada seri ponsel Oppo yang kamu gunakan, silahkan sesuaikan.


4. Lakukan Pemeriksaan dan Pembaruan Versi Perangkat Lunak HP

Cara memperbaiki keyboard HP Oppo selanjutnya adalah dengan memperbarui perangkat lunak atau OS pada HP Oppo-mu, cara ini bisa kamu lakkan jika cara reset keyboard Hp tidak berhasil. Untuk memeriksa pembaruan, silahkan masuk ke Pengaturan > Pembaruan Sistem atau Pembaruan Perangkat Lunak. Jika ada perangkat lunak versi terbaru, silahkan segera lakukan pembaruan.


5. Lakukan Pemeriksaan Dan Pembaruan Versi Aplikasi

Cara memperbaiki keyboard HP Oppo yang ke lima ini adalah cara untuk memperbaiki keyboard yang hanya error pada aplikasi – aplikasi tertentu saja, cara ini adalah cara mengembalikan keyboard Oppo seperti semula.  Untuk ini, kamu dapat memperbarui aplikasi tersebut. Tinggal buka saja Google Play Store lalu cari aplikasi yang error itu, klik pada aplikasi tersebut. Jika ada tombol update atau perbarui, silahkan tekan untuk memperbaruinya.


6. Atur Ulang Pengaturan Sistem ke Pengaturan Pabrik


Cara Memperbaiki Keyboard HP Oppo


Cara memperbaiki keyboard HP Oppo yang terakhir adalah dengan mengatur ulang HP ke pengaturan pabrik, error pada sistem bisa jadi alasan kenapa keyboard Hp tidak berfungsi. Untuk ini, silahkan masuk ke Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Cadangkan dan Reset > Reset ke Pengaturan Pabrik / Hapus semua data (reset pabrik) / Reset data pabrik > Reset Pengaturan Sistem Saja.


Gengs, untuk opsi terakhir, itu akan mengatur ulang semua pengaturan sistem dan kemungkinan akan menghapus data atau file media apa pun yang tersimpan. Untuk menghindari kehilangan data, silahkan cadangkan semua data dan file tersebut. Jika cara - cara memperbaiki keyboard HP Oppo di atas tidak berhasil, silakan hubungi Tim Dukungan OPPO, atau bawa ponsel kamu ke service center terdekat. Have a nice day!