search-button

Jul 26, 2021

8 Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Error

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi fingerprint Samsung error, perbaiki sensor sidik jari tidak merespon. Sidik jari atau fingerprint sejauh ini menjadi salah satu metode keamanan yang paling banyak digunakan di smartphone Android seperti Samsung. Fitur ini menambahkan lapisan keamanan ekstra ke ponsel Samsung kamu dan membuat proses membuka kunci ponsel jauh lebih mudah dan lebih cepat.


Namun, fitur ini juga tidak lepas dari kesalahan atau error. Tidak sediikit yang melaporakn bahwa fitur fingerprint tidak berfungsi. Fingerprint terkadang tidak terdeteksi oleh ponsel atau itu membutuhkan waktu lebih lama untuk merespon dan masalah lainnya yang sangat mungkin terjadi. Artikel ini akan memandu kamu mengetahu cara mengatasi fingerprint Samsung error, termasuk cara mengatasi sidik jari tidak terdeteksi.

Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Error

Cara Memperbaiki Fingerprint Samsung Error


1. Perbarui Perangkat Lunak

Cara mengatasi fingerprint Samsung error yang pertama adalah dengan memperbarui perangkat lunak ponsel, cara ini bisa memperbaiki sensor sidik jari tidak merespon. Masalah ini bisa terjadi karena bug perangkat lunak, coba periksa apakah ponsel memiliki pembaruan yang tertunda. Jika memang ada, silahkan perbarui atau instal itu. Untuk menginstal pembaruan, silakan buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem lalu unduh dan instal.


2. Periksa Kebersihan Jari

Cara mengatasi fingerprint Samsung error yang selanjutnya adalah dengan membersihkan jari yang kamu gunakan, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi fingerprint Realme 5i tidak berfungsi. Sebelum menentukan masalah fingerprint sebagai error pada ponsel, silahkan periksa jari-jari kamu. Sama seperti gadget biometrik lainnya, sidik jari ponsel membutuhkan jari yang bersih untuk dapat membuka kunci perangkat.


3. Hapus Cache Sistem

Cara mengatasi fingerprint Samsung error yang ketiga adalah dengan menghapus cache sistem pada perangkat, cara ini bisa jadi cara mengatasi sidik jari tidak terdeteksi. Jika sidik jari Samsung kamu masih tidak berfungsi, kamu mungkin perlu menghapus cache sistem ponsel. Biasanya, ini tidak membahayakan data pada ponsel kamu. Dengan menghapusnya, itu hanya menghapus data yang sering diakses yang disimpan oleh aplikasi dan sistem.


4. Bersihkan Modul Fingerprint



Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Error

Cara mengatasi fingerprint Samsung error selanjutnya adalah dengan membersihkan modul fingerprint, cara ini bisa kamu gunakan untuk memperbaiki sensor sidik jari tidak merespon. Sama seperti memiliki jari yang bersih, modul fingerprint pada perangkat juga harus bersih. Apalagi jika kamu sering menggunakan pelembab pada tangan, itu akan menumpuk pada modul dan  menyebabkan sensor tidak membaca jari dengan benar.


5. Kalibrasi Ulang Fingerprint

Cara mengatasi fingerprint Samsung error ke lima adalah dengan mengkalibrasi ulang fingerprint, yup! kalibrasi sensor sidik jari diperlukan untuk memperbaiki masalah ini. Terutama jika kamu adalah pekerja industri, mungkin ada perubahan pada jari kamu selama bekerja. Seperti terbentuknya tanda atau garis yang mencolok, yang merubah bentuk asli sidik jari kamu yang terdaftar.


6. Periksa Koneksi Modul Fingerprint

Cara mengatasi fingerprint Samsung error selanjutnya adalah dengan memastikan modul terkoneksi dengan baik, cara ini bisa kamu jadikan cara mengatasi sidik jari tidak terdeteksi. Seperti yang sudah diketahui, modul harus terhubung dengan baik agar berfungsi dengan baik. Jika kamu menggunakan ponsel dengan fingerprint fisik atau ID sentuh, coba periksa apakah modul terhubung dengan baik.


7. Mulai Ulang Perangkat

Cara mengatasi fingerprint Samsung error yang terakhir di daftar ini adalah dengan memulai ulang atau restart perangkat, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk memperbaiki fingerprint Realme 5i tidak berfungsi. Cara ini pasti akan membantu jika masalah fingerprint Samsung tidak berfungs, terkait dengan perangkat lunak. Biasanya ketika kamu tidak me-restart perangkat untuk waktu yang lama, error seperti ini bisa terjadi.


8. Setel Ulang Perangkat


Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Error


Cara mengatasi fingerprint Samsung error terakhir adalah dengan menyetel ulang perangkat atau reset pabrik, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk memperbaiki fingerprint Realme 5i tidak berfungsi. Menyetel ulang perangkat dapat menjamin perbaikan untuk masalah terkait perangkat lunak seperti ini, cara ini akan membantu sidik jari ponsel berfungsi kembali. Sebelum kamu mengatur ulang perangkat, harap cadangkan setiap data penting karena ini akan menghapus semua yang ada di ponsel.


Jika kamu masih tidak dapat memperbaiki masalah fingerprint pada Samsung kamu yang tidak berfungsi setelah mengikuti solusi – solusi yang disebutkan di atas, itu berarti kamu tidak dapat memperbaiki masalahnya sendiri. Silahkan bawa perangkat Samsung kamu ke pusat layanan perbaikan Samsung profesional di sekitar kamu, pusat perbaikan resmi kalau bisa. Sekian panduan cara mengatasi fingerprint Samsung error ini, have a nice day!