search-button

Jul 24, 2021

5 Cara Mengatasi File Word Tidak Bisa Dibuka

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi file Word tidak bisa dibuka, cara mengatasi word experienced an error trying to open the file. Pesan galat berikut ‘The file is corrupted and cannot be opened’ terjadi di Microsoft Word versi baru ketika kamu mencoba untuk membuka dokumen yang telah dibuat di versi yang lebih lama seperti 2007 atau 2003. Pesan galat ini biasanya muncul setelah upgrade.


Hal ini sering kali membuat frustrasi, karena tidak dapat mengakses dokumen penting, pekerjaan pun jadi tertunda. Namun, kamu tidak perlu terlalu khawatir karena kami akan menunjukkan kepada kamu beberapa cara untuk memperbaiki file Word yang rusak dan tidak bisa dibuka. Cara – cara mengatasi file Word tidak bisa dibuka ini, bisa kamu jadikan cara memperbaiki file word 2010 yang tidak bisa dibuka atau word versi lainnya.


Cara Mengatasi File Word Tidak Bisa Dibuka



Cara Memperbaiki File Word Tidak Bisa Dibuka


1. Cara Memperbaiki File Word dengan Microsoft Word File Associations

Cara mengatasi file Word tidak bisa dibuka pertama adalah dengan memperbaiki Microsoft Word File Associations, karena Microsoft Word File Associations yang rusak bisa jadi sebab Microsoft Word tidak bisa dibuka. Pertama, buka Windows File Explorer, arahkan ke folder yang berisi file tersebut, lalu klik kanan file tersebut. Pilih Open With, lalu pilih Microsoft Word dari daftar opsi.


2. Cara Memperbaiki File Word dengan Open and Repair

Jika file Word rusak, maka cara mengatasi file Word tidak bisa dibuka karena ini adalah dengan menggunakan fitur Open and Repair untuk memulihkannya. Untuk ini, silahkan buka Word, pilih File lalu klik Open. Sekarang klik opsi Browse, lalu navigasikan ke lokasi file. Pilih file yang kamu ingin buka pilih panah drop-down Open, lalu pilih opsi Open and Repair. Cara ini bisa jadi cara membuka file corrupt Word juga.


3. Cara Memperbaiki File Word dengan dengan Menubah Format Dokumen

Cara mengatasi file Word tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan mengbah format dokumen, format dokumen yang salah bisa jadi alasan kenapa file tidak bisa dibuka. Untuk ini, silahkan jalankan Microsoft Word dan pilih menu File > Open dan pilih file Word yang tidak bisa dibuka. Buka menu File > Save As, di Word, pilih menu drop down di sebelah ikon Save. Pilih Format rtf atau Rich Text Format di daftar Save as type, lalu Save.

Setelah ini, buka menu File dan pilih Close. Selanjutnya simpan dokumen kembali ke file Word seperti sebelumnya, dengan membuka menu File dan Open. Sorot dokumen baru yang disimpan sebagai File Rich Text atau format rtf dan kemudian pilih Open > File > Save as > Dokumen Word. Ganti nama file tersebut dengan yang baru dan kemudian Simpan di tampat yang kamu inginkan.


4. Cara Memperbaiki File Word karena Format File yang Tidak Dikenal

Cara mengatasi file Word tidak bisa dibuka ini untuk membuka file word dari email, daripada mencoba membuka lampiran langsung dari email, kamu bisa menyimpan lampiran ke perangkat dulu. Setelah menyimpan lampiran yang ditambahkan ke perangkat, silahkan klik kanan file untuk melihat opsi Open With. Pilih program lain untuk membuka file, misal Word atau Notepad.


5. Cara Memperbaiki File Word dengan Mengosongkan Beberapa Ruang Disk


Cara Mengatasi File Word Tidak Bisa Dibuka


Cara mengatasi file Word tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan mengosongkan ruang disk di perangkat, kamu bisa gunakan Disk Cleanup untuk ini. Untuk menggunakannya silahkan klik bilah Pencarian dan ketik Disk Cleanup. Setelah membuka program Disk Cleanup, klik kotak centang di sebelah setiap kategori item yang ingin kamu hapus dari komputer. Ingat, semua yang ada di menu ini dapat dihapus dengan aman. Sekarang, pilih OK dan verifikasi untuk menghapus file itu.


Gengs, file Word yang tidak bisa dibuka biasanya karena rusak dan file biasanya menjadi rusak saat komputer macet atau kehilangan daya. Jika ini terjadi, buka versi file sebelumnya jika kamu telah mengaktifkan fitur AutoRecover di preferensi Word. Kerusakan file juga terjadi saat file disimpan di perangkat USB yang terputus saat dibuka di Windows. Jadi, hindai memutus USB dengan terburu – buru jika file belum tersimpan dengan benar. Sekian panduan cara mengatasi file Word tidak bisa dibuka ini, have a nice day!