search-button

Jul 23, 2021

10 Cara Mengatasi Fingerprint Realme Error

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi fingerprint Realme error, cara mengatasi sidik jari tidak terdeteksi. Pengenalan sidik jari atau Fingerprint adalah fitur untuk mengidentifikasi ID pribadi dengan mengidentifikasi jalur sidik jari penggunannya, keuntungan terbesar menggunakan fitur Fingerprint ini adalah keamanan, kenyamanan. pengenalan cepat dan penggunaannya yang mudah.


Saat ini, fitur Fingerprint adalah metode otentikasi keamanan yang paling banyak digunakan pada ponsel termasuk Realme. Karena semua jari manusia tidak memiliki tekstur yang sama, jadi seharusnya fitur ini tidak akan memiliki kemungkinan kesalahan identifikasi. Tetapi sayangnya, error pada fitur fingerprint ini sering terjadi. Di pandua ini kamu akan tahu, cara mengatasi fingerprint Realme error, fingerprint Realme 5i tidak berfungsi atau Realme lainnya.

Cara Mengatasi Fingerprint Realme Error

Cara Memperbaiki Fingerprint Realme Error


1. Bersihkan Sensor Sidik Jari

Cara mengatasi fingerprint Realme error pertama adalah dengan membersihkan sensor sidik jari pada ponsel, sensor sidik jari yang kotor bisa menjadi alasan kenapa fingerprint Oppo tidak berfungsi. Sensor sidik jari pasti banyak digunakan, itu berarti mungkin ada minyak, partikel debu, atau partikel makanan pada sensor yang mungkin menghalanginya untuk membaca jari kamu dengan benar. Untuk memperbaikinya, kamu perlu membersihkan sensor dari waktu ke waktu dengan kain atau larutan pembersih.


2. Bersihkan Tangan/Jari Kamu

Cara mengatasi fingerprint Realme error selanjutnya adalah dengan membersihkan tangan, terutama jari yang kamu gunakan untuk kunci fingerprint ponsel Realme kamu. Setela sensor sidik jari bersih, pastikan juga jari – jari kamu bersih dari segala sesuatu yang dapat mengganggu atau menghalangi perangkat untuk memproses sidik jari kamu. Kamu bisa membersihkannya dnegan air lalu keringkan, atau dengan tisu basah.


3. Hapus Cache Sistem

Cara mengatasi fingerprint Realme error ketiga adalah dengan menghapus cache pada sistem, cache yang menumpuk bisa jadi penyebaba kenapa fingerprint Realme tidak berfungsi, kenapa fingerprint Samsung tidak berfungsi atau kenapa fingerprint ponsel lainnya tidak berfungsi. Penghapusan cache ini tidak membahayakan ponsel, ini akan hanya menghapus data yang sering diakses yang disimpan oleh aplikasi dan sistem.


4. Atur Ulang Sidik Jari

Cara mengatasi fingerprint Realme error selanjutnya adalah dengan mengatur atau mendaftarkan ulang sidik jari kamu, caranya sama dengan cara mengaktifkan fingerprint Realme 5 atau Realme lainnya untuk pertama kali. Gengs, tubuh manusia semakin hari semakin berkembang, jika kamu seorang remaja, maka sangat mungkin jari kamu tumbuh dan pola yang disimpan tidak cocok secara efektif.


5. Restart Pengaturan Perangkat


Cara Mengatasi Fingerprint Realme Error


Cara mengatasi fingerprint Realme error kelima adalah dengan mengatur ulang atau restart perangkat, mungkin error pada perangkat Realme kamu adalah penyebabya seperti alasan kenapa fingerprint Xiaomi hilang. Reset perangkat sederhana dapat memperbaiki sebagian besar masalah terkait perangkat lunak, gangguan perangkat lunak ini terjadi dari waktu ke waktu dan cara terbaik untuk memperbaikinya adalah reset atau restart perangkat.


6. Beralih ke Pengguna Tamu atau Guest User

Cara mengatasi fingerprint Realme error selanjutnya adalah dengan mengaktifkan mode Tamu atau Guest, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi fingerprint iPhone 7 tidak berfungsi. Untuk ini, silahkan tarik ke bawah bilah notifikasi dan di sini klik akun pengguna yang ada di kanan atas. Setelah itu, silahkan beralih ke pengguna Tamu atau Guest, kamu juga dapat menemukan opsi ini di Pengaturan. Jika solusi ini berhasil, alihkan kembali ke akun pengguna normal dan kosongkan penyimpanan internal dan tambahkan sidik jari baru.


7. Mengaktifkan atau menonaktifkan layanan GPS

Cara mengatasi fingerprint Realme error ke tujuh adalah dengan mematikan atau menghidupakan GPS pada ponsel, ini mungkin solusi yang agak aneh dan kamu mungkin tidak percaya. Tetapi nyatanya, banyak pengguna telah melaporkan solusi aneh ini bekerja dengan baik untuk memperbaiki fingerprint ponselnya yang error. Cara ini bekerja pada perangkat di mana sidik jari tidak menerima dan membuka kunci perangkat dengan normal.


8. Perbarui Perangkat

Cara mengatasi fingerprint Realme error selanjutnya adalah dengan memperbarui perangkat, banyak orang mengalami masalah sensor sidik jari yang sama tidak berfungsi pada perangkatnya. Ini pada dasarnya adalah kesalahan perangkat lunak sehingga banyak pembaruan perangkat lunak diluncurkan untuk memperbaiki masalah ini. Jadi jika ada pembaruan yang tersedia untuk ponsel kamu, segera perbarui!


9. Reset Pabrik

Cara mengatasi fingerprint Realme error ke sembilan adalah dengan mereset pabrik atau factory reset ponsel Realme kamu, cara ini juga bisa memperbaiki error lainnya yang terjadi pada ponsel Realme kamu. Tapi, perlu di ingat! Tindakan ini bisa menghapus semua data dan file yang tersimpan di ponsel Realme kamu. Jadi, silahkan amankan terlebih dahulu semua file penting sebelum mengambil tinfakan ini.


10. Pergi ke Pusat Layanan Perbaikan


Cara Mengatasi Fingerprint Realme Error


Cara mengatasi fingerprint Realme error yang terakhir adalah dengan membawa ponsel Realme kamu ke pusat perbaikan. Jika ada kerusakan pada perangkat keras ponsel Realme kamu terutama pada komponen sensor sidik jari, maka solusi di atas mungkin tidak akan berhasil. Jika ponsel masih dalam masa garansi, silahkan bawa ke pusat layanan terdekat untuk mendapatkan perbaikan gratis.


Seperti yang kamu baca, masalah sidik jari bukanlah masalah yang terlalu parah yang tidak dapat diselesaikan. Kamu bisa mencoba salah satu metode atau cara yang diberikan di atas, kami sarankan untuk membersihkan sensor sidik jari ponsel kamu dari waktu ke waktu dan menghindari penggunaan laminasi apa pun di atasnya, agar error pada fingerprint tidak terjadi lagi. Sekian panduan cara mengatasi fingerprint Realme error, have a nice day!