search-button

May 19, 2021

Cara Menggunakan USB OTG di Android

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara menggunakan USB OTG di Android, cara menggunakan OTG di vivo dan cara menggunakan OTG di ponsel Android dari brand lainnya. Banyak ponsel Android menggunakan port micro USB untuk mengisi daya dan mentransfer file bolak-balik ke PC, tetapi bagaimana jika file yang kamu perlukan ada di Flash drive atau kartu SD ukuran penuh?


Untungnya, dengan kabel USB OTG, kamu dapat memasang USB atau pembaca kartu langsung ke Android kamu. Berikut ini akan kami bahas cara menghubungkan Android ke perangkat penyimpanan USB. Jika kamu memiliki ponsel Android lebih baru yang menggunakan USB Type-C, itu akan lebih mudah. Selengkapnya, cara menggunakan USB OTG di Android yang juga akan membahas cara mengaktifkan OTG di Samsung dan ponsel Android brand lainnya berikut ini.

Cara Menggunakan USB OTG di Android

Cara Pakai USB OTG di Hp Android


  1. Sambungkan flash drive atau pembaca SD dengan kartu ke ujung USB female berukuran penuh pada adaptor, lalu hubungkan kabel OTG ke ponsel Android kamu
  2. Geser ke bawah dari atas layar ponsel, untuk menampilkan panel samping pemberitahuan. Tapi kamu tidak perlu melakukan ini jika pengelola file ponsel secara otomatis muncul.
  3. Klik Drive USB, sekarang kamu dapat menelusuri file di flash drive dan menyalinnya ke penyimpanan telepon.
  4. Jika kamu ingin menyalin dari penyimpanan telepon ke flash drive, klik Penyimpanan Internal untuk melihat file di ponsel.
  5. Temukan file yang ingin kamu pindahkan, kemudian klik dan tahan untuk memilih. Sekarang klik tombol tiga titik dan pilih Salin.
  6. Arahkan ke drive USB kamu dan klik Selesai untuk menyalin file, setelah proses transfer selesai, cabut flash drive dan hubungkan ke PC kamu, jika memang akan dipindahkan ke sana.


Gengs, sebelum memulai langkah – langkah di atas. Kamu membutuhkan kabel USB OTG (On The Go) untuk menghubungkan penyimpanan USB ke Ponsel Android Lama. Kamu dapat membeli kabel OTG di mana pun, harganya juga cukup murah. Cara menggunakan USB OTG di Android ini bisa kamu gunakan juga sebagai cara menggunakan USB OTG OPPO, cara mengaktifkan OTG di Samsung A51 dan ponsel Android dari brand lainnya. Sekian, have a nice day!