search-button

Mar 2, 2021

7 Cara Menambah RAM Laptop Windows

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara menambah RAM laptop Windows. Apakah laptop lama kamu terasa lamban atau sistem yang lebih baru mulai macet ketika kamu memiliki terlalu banyak tab yang terbuka, menambahkan lebih banyak RAM dapat menyelesaikan masalah tersebut. Jika laptop kamu tidak memiliki cukup memori fisik, ia akan mulai menukar data ke hard drive atau SSD, yang jauh lebih lambat daripada chip RAM paling lambat sekalipun.

 

Meskipun tidak semua laptop modern memberi akses ke RAM, banyak yang menyediakan cara untuk meningkatkan memori penting tersebut. Jika kamu dapat meningkatkan memori laptop kamu, itu tidak akan menghabiskan banyak uang atau waktu. Kamu hanya perlu menukar chip RAM di laptop kamu, proses menukar chip RAM ini mungkin akan memakan waktu antara 5 dan 10 menit. Berikut cara menambah RAM laptop Windows!

Cara Menambah RAM Laptop Windows

Cara Menambah RAM Laptop Windows

 

1. Lihat Berapa Banyak RAM yang di Gunakan

Kamu dapat memeriksa penggunaan memori laptop kamu di Windows Task Manager. Cukup klik kanan taskbar dan pilih Task Manager. Di Windows 7, tekan tombol Windows dan ketik "task manager" di kolom pencarian. Kemudian, di tab kinerja Manajer Tugas, lihat berapa banyak memori yang digunakan dari total yang tersedia. Kamu juga akan melihat berapa banyak slot memori fisik yang digunakan dan berapa banyak yang tersedia untuk menambah lebih banyak memori.

 

2. Lihat Lebih Detail Berapa Banyak RAM yang di Gunakan

Kamu akan mendapatkan tampilan yang lebih detail dengan mengklik opsi "Open Resource Monitor" di bagian bawah jendela Task Manager dan menavigasi ke tab Memory. Ada perbedaan tampilan layar akan terlihat di laptop dengan OS Windows 7 dan laptop dengan Windows lainnya. Jika kamu mendekati atau melebihi jumlah memori fisik, maka kamu benar - benar membutuhkan lebih banyak kapasitas RAM.

 

3. Cari Tahu Apakah RAM Dapat Ditingkatkan

Sayangnya banyak laptop memiliki bagian bawah atau memori tertutup yang disolder ke motherboard, kondisi itu tidak memungkinkan untuk meningkatkan RAM. Mungkin juga sistem tidak dapat mengenali lebih dari jumlah memori tertentu dan itu sudah bisa mencapai batas maksimal. Untuk mengetahui apakah laptop dapat ditingkatkan RAM-nya, coba Crucial's Memory Advisor tool. Setelah memasukkan merek dan model laptop yang tepat, kamu akan melihat jumlah maksimum memori dan berapa banyak slot yang dimiliki laptopmu.

 

4. Buka Panel Belakang untuk Menemukan Bank Memori Laptop

Dengan memori tambahan yang sudah kamu beli, saatnya untuk meningkatkan memori laptop kamu, proses yang sangat mudah. Pertama, matikan laptop dan cabut adaptor dayanya jika sedang dicharge. Kemudian buka panel di bagian bawah laptop yang menutupi bank memori. Ini bergantung pada sistem, kamu mungkin harus melepaskan seluruh bagian belakang laptop untuk mengakses memori dan komponen lainnya disana.

 

5. Hindari Pelepasan Muatan Listrik Statis

Sebelum kamu menyentuh komponen apa pun di laptop, sentuh permukaan logam di dalam lasptop. Misalnya, bagian belakang hard drive atau konektor logam untuk komponen lain. Ini akan melepaskan listrik statis dari tubuh kamu yang berpotensi merusak. Kamu juga bisa melakukan hal lain untuk menghindari pelepasan muatan listrik statis dari tubuh kamu, caranya bisa kamu googling sendiri.

 

6. Lepas Memori jika Diperlukan

Jika semua slot memori pada laptop sudah terisi, kamu harus menarik DIMM yang ada untuk menggantinya. Untuk melepaskan modul memori, lepaskan klip yang menahannya di tempatnya. Jika kamu melepaskannya dengan benar, modul memori akan miring. Kemudian, pegang modul memori pada bagian tepinya, tanpa menyentuh konektor emas di bagian bawah, angkat modul tersebut.

 

7. Pasang Modul Memori Baru

Selanjutnya, masukkan modul baru ke dalam slot terbuka laptop pada sudut 45 derajat, dengan tepi emas menghadap ke bawah. Gunakan tekanan yang merata dengan jari kamu di bagian atas modul untuk mendorongnya ke tempatnya. Saat kamu mendengar bunyi klik dan merasakan DIMM masuk ke tempatnya, dorong modul dengan kuat ke belakang hingga terpasang rata, dengan klip menahannya dengan kencang.

 

Beres! Silahkan nyalakan laptop kamu dan kembali ke jendela Informasi Sistem atau Task Manager untuk memverifikasi memori baru kamu yang telah ditambahkan. Setelah ini, kamu laptop kamu akan mendapatkan RAM yang lebih besar dan tentu saja kinerjanya akan lebih baik. Jika kamu tidak ingin ambil resiko, silahkan datang ke service laptop terdekat dan minta bantuan layanan disana. Sekian panduan cara menambah RAM laptop Windows ini, have a nice day!