search-button

Mar 30, 2021

2 Cara Mudah Instal Ulang Windows 10 Tanpa DVD

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mudah instal ulang Windows 10 tanpa DVD, yup! tidak perlu lagi mencari tahu cara install ulang Windows 10 dengan CD. Menginstal ulang Windows 10 biasanya dapat membuat PC kamu seperti baru atau bahkan lebih baik lagi dalam hal performa. Untuk alasan ini, ini umumnya dilakukan sebagai solusi ketika PC kamu berhenti berfungsi atau tidak berfungsi sebaik dulu dan tidak dapat diperbaiki dengan berbagai tips.

 

Kami yakin kamu sedang mengalami situasi seperti ini dan ragu-ragu untuk menginstall ulang karena dapat menyebabkan kehilangan data jika terjadi kesalahan yang tidak disengaja, karena itu kamu berusaha mencari tahu cara install Windows 10 tanpa menghapus data, atau kamu mungkin agak sedikit kesulitan untuk menginstall ulang, terutama jika PC atau perangkat kamu tidak memiliki CD instalasi. Jadi, simak cara mudah instal ulang Windows 10 tanpa DVD ini.

Cara Mudah Instal Ulang Windows 10 Tanpa DVD

Cara Mudah Instal Ulang Windows 10 Tanpa DVD

 

1. Reset Komputer untuk Menginstal Ulang Windows 10 Tanpa CD

Cara mudah instal ulang Windows 10 tanpa DVD ini untuk PC yang masih bisa boot dengan baik, cara ini tidak akan berbeda dari penginstalan bersih Windows 10 melalui CD penginstalan. Untuk ini, silahkan buka Start > Settings > Update & Security > Recovery. Selanjutnya di bawah Reset this PC option, klik Get Started. Klik Keep my files atau Remove everything, tergantung apakah kamu ingin menyimpan file data secara utuh atau tidak.

Apa pun itu, semua pengaturan kamu akan kembali ke default, dan aplikasi akan dicopot pemasangannya. Setelah proses tersebut, sebuah jendela akan muncul, tertulis bahwa aplikasi kamu akan dihapus. Klik Next untuk melanjutkan, di bagian Ready to reset this PC interface, klik tombol Reset untuk menginstal ulang Windows 10 tanpa kehilangan CD atau file pribadi kamu, selesai.

 

2. Buat Disk Instalasi Windows untuk Menginstal Ulang Windows 10

Cara mudah instal ulang Windows 10 tanpa DVD ini untuk PC yang tidak dapat melakukan booting dengan benar. Cara ini akan menggunakan alat untuk membuat media instalasi, yang dapat digunakan sepenuhnya untuk menghapus disk dan menginstal salinan baru Windows 10. Jika kamu tidak ingin menggunakan CD atau DVD, kamu dapat menggunakan USB, kartu SD, atau hard drive eksternal. Sebelum memulai, siapkan drive USB sekitar 8GB atau lebih.

Setelah itu, silahkan unduh alat pembuatan media dari Microsoft di PC yang berfungsi lalu dii bagian interface What do you want to do?, pilih Create installation media for another PC, lalu pilih Next. Sekarang, pilih bahasa, edisi, dan arsitektur, 64-bit atau 32-bit untuk Windows 10. Pilih alat media yang ingin kamu gunakan, USB flash drive atau File ISO. Setelah drive dipilih, alat tersebut akan mulai mengunduh Windows 10, dan ini akan memakan waktu cukup lama.

Jika sudah selesai, silahkan hubungkan USB flash drive ke PC baru tempat kamu ingin menginstal Windows 10 lalu restart PC dan boot PC dari media USB atau DVD. Jika tidak, kamu perlu menekan tombol seperti F2, F12, Hapus, atau Esc segera setelah kamu menyalakan PC untuk membuka menu boot dan mengubah urutan boot. Sekarang ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penginstalan Windows 10, masukkan juga product key Windows 10 ketika pop-up muncul selama instalasi.

 

Gengs, setelah mencoba salah satu cara di atas, yang kamu butuhkan hanyalah menunggu dengan sabar sampai proses selesai. Info tambahan untuk cara nomor 2, jika kamu memilih USB Flash Drive, silahkan sambungkan flash drive USB kosong dengan setidaknya 8GB ruang ke komputer. Jika kamu memilih File ISO, silahkan simpan file ISO ke PC, yang dapat kamu gunakan untuk membuat DVD. Setelah file ISO diunduh, masuk ke lokasi penyimpanan file, dapat menggunakan Windows Disk Image Burner untuk membuat DVD instalasi dengan langkah-langkah sederhana. Sekian panduan cara mudah install ulang Windows 10 ini, have a nice day!