search-button

Mar 27, 2021

2 Cara Instal Windows 10 di Laptop atau PC

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara instal Windows 10 di laptop atau PC. Windows 10 akhirnya bisa di gunakan oleh hampir semua pengguna dan ini adalah versi terbaik dari sistem operasi yang pernah ada. Lebih baik lagi, ini adalah pembaruan gratis jika kamu sudah memiliki Windows 7 atau yang lebih baru di laptop atau PC kamu. Sistem operasi baru tersedia sebagai pembaruan pada beberapa waktu yang lalu dan kami menyarankan kamu untuk upgrade.

 

Jika kamu siap untuk membawa mesin Windows 8 atau 7 kamu ke versi terbaru dari OS Microsoft, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk membuat peningkatan semudah mungkin. Kami akan menjelaskan langkah-langkah utama yang harus diikuti di bawah ini, di panduan cara instal Windows 10 di laptop atau PC, yang juga bisa kamu gunakan sebagai cara install Windows 10 di laptop Asus atau cara install Windows 10 di laptop HP.

Cara Instal Windows 10 di Laptop atau PC

Cara Upgrade ke Windows 10 di Laptop atau PC

 

1. Cara Upgrade Windows 7, 8 dan 8.1 ke Windows 10 di Laptop atau PC

Pertama, silahkan pastikan PC atau Laptop kamu memenuhi syarat untuk dapat di upgrade ke Windows 10. Cadangkan PC atau Laptop kamu untuk melindungi semua file yang kamu miliki di komputer, jika terjadi kesalahan selama proses upgrade. Setelah itu, kamu perlu menginstal semua pembaruan untuk versi Windows saat ini yang kamu miliki di laptop atau PC  kamu. Di Windows 7, klik Start > Control Panel > System and Security > Windows Update.

Di Windows 8 dan 8.1, klik Start > PC Settings > Update and recovery > Windows Update. Setelah pembaruan, kamu harus menunggu ikon Windows muncul di bilah tugas di layar. Selanjutnya, ikuti petunjuk di layar untuk mendapatkan pembaruan Windows 10. Setelah selesai dengan proses reservasi, yang dapat kamu lakukan hanyalah duduk dan menunggu Microsoft mengirim Windows 10 secara otomatis ke laptop atau PC kamu.

 

2. Cara Install Windows 10 Dari USB

Jika PC atau laptop kamu tidak memiliki drive CD atau DVD, kamu mungkin harus memasang Windows 10 dari USB. Fyi, USB yang bisa digunakan adalah USB bootable atau USB yang dapat di-boot. Untuk mem-boot dari USB, kamu harus membuat USB bootable itu sendiri. Ada berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan Media Creation Tool yang dikeluarkan oleh Microsoft, silahakan cari tahu sendiri caranya.

Setelah selesai dengan USB, kamu juga harus mengubah urutan boot komputer kamu ke daftar USB terlebih dahulu. Ini akan membuat laptop atau PC kamu membaca USB terlebih dahulu sebelum membaca harddisk internal, selama startup. Kamu dapat mengubah urutan boot dari utilitas pengaturan BIOS komputer, silahkan cari tahu caranya dari internet. Dengan urutan boot komputer kamu yang sudah berhasil diubah, untuk memuat dari perangkat USB terlebih dahulu, kamu sekarang dapat melanjutkan dengan menginstal Windows menggunakan file instalasi USB kamu. Ikuti langkah – langkahnya berikut ini,

  1. Sambungkan USB ke laptop atau komputer kamu, dan nyalakan komputer. Pilih pengaturan bahasa, zona waktu, mata uang lalu klik Next.
  2. Klik Install Now dan pilih edisi Windows 10 lalu klik Next. Pilih jenis instalasi (Upgrade atau Kustom).
  3. Buat partisi pada hard drive untuk menyimpan file sistem, kamu dapat menggunakan salah satu partisi yang ada atau membuat yang baru.
  4. Setelah selesai membuat semua partisi yang di perlukan, format masing-masing kecuali untuk partisi tempat untuk menyimpan file sistem Windows.
  5. Sekarang pilih partisi tempat untuk menginstal Windows dan klik Next. Setelah ini, instalasi Windows 10 akan dimulai dan tunggu sampai selesai.

 

Gengs, ketika instalasi, laptop atau PC kamu mungkin reboot beberapa kali dan setelah penginstalan selesai, perangkat akan otomatis restart untuk terakhir kalinya. Saat dimulai lagi untuk pertama kalinya, kamu akan dapat memilih lebih banyak pengaturan, atau gunakan pengaturan cepat yang direkomendasikan oleh Microsoft. Sekian panduan cara instal Windows 10 di laptop atau PC ini, have a nice day!

 

Note: Untuk cara pertama, kamu mungkin harus menunggu beberapa hari atau minggu sampai pihak Microsoft mengirimkan pembaruan. Untuk cara nomor dua, kami sarankan untuk mencadangkan semuanya supaya semua file tetap aman jika terjadi kesalahan ketika instalasi. Dan untuk mencegah kesalahn itu, kamu sudah harus tahu bagaimana caranya membuat USB botable, membuat partisi dan cara – cara lain yang diperlukan.