search-button

Jan 22, 2021

13 Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp. Ini adalah masalah yang pernah dialami banyak orang, ketika baterai Hp habis tapi charging yang seharusnya mengisi daya Hp malah bermasalah. Itu bisa cukup membuat frustasi, tetapi mencoba mendiagnosis sendiri masalahnya bisa lebih membuat frustasi. Mengira masalahnya dari kepala charger dan segera mencari tahu cara memperbaiki kepala charger, ternyata bukan.

 

Dikira masalahnya karena port dan kamu langsung mancari tahu cara memperbaiki port charger Hp, ternyata bukan juga. Ada beberapa masalah yang dapat terjadi, perangkat kamu mungkin menolak untuk mengisi daya sama sekali atau mungkin itu karena pengisian daya sangat lambat. Jika itu terjadi, kami menemukan beberapa cara untuk mendiagnosis masalah charging yang dan Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp tersebut.

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp

Cara Mengatasi Hp Yang Tidak Bisa Di-Charge

 

1. Unduh Ampere

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Ampere, ini bukan cara memperbaiki port charger Hp yang longgar tapi aplikasi ini dapat membantu kamu memeriksa apakah Hp kamu sedang diisi dan berapa banyak daya yang diisi. Ini pada dasarnya mengidentifikasi berapa banyak arus yang ditarik dari perangkat saat mengisi daya. Karena itu, aplikasinya tidak hanya bagus untuk melihat apakah ponsel sedang mengisi atau tidak, tetapi juga untuk melihat metode pengisian mana yang terbaik.

 

2. Coba Sumber Daya Yang Berbeda

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp selanjutnya adalah dengan menggunakan sumber daya lain. Sangat mungkin bahwa port Hp atau kepala charger yang bengkok sebenarnya bukan masalahnya, percuma jika kamu mencari tahu cara memperbaiki kepala charger yang bengkok. Ada kemungkinan sumber daya atau stopkontak yang digunakan untuk mengisi dayalah yang bermasalah, kamu bisa mencoba soket lain atau sumber listrik lain. Jika perangkat mulai mengisi daya saat kamu mengganti sumber daya, berarti benar, stopkontak yang bermasalah.

 

3. Periksa Kabel Pengisi Daya

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp yang ketiga adalah dengan memeriksa kabel pengisi daya, ini bisa dilakukan ketika Hp tidak bisa di charge dalam keadaan mati. Kabel pengisian daya sejauh ini merupakan masalah pengisian daya yang paling umum, karena biasanya kabel banyak dibengkokan, ditarik dan sebagainya. Semua hal tersebut dapat merusak kabel, jadi coba ganti kabel yang kamu pakai dengan kabel lain untuk melihat apakah itu membantu.

 

4. Periksa Adaptor

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp selanjutnya adalah dengan memerikasa adaptor-nya, kamu juga bisa menggunakan ini sebagai cara mengatasi charger laptop tidak masuk. Periksalah adaptor yang digunakan, terutama jika menggunakan adaptor yang kabelnya bisa dilepas. Mungkin port USB pada adaptor rusak, seperti kabel, cara termudah untuk memeriksa apakah adaptor bermasalah adalah dengan mencoba mengisi daya dengan adaptor lain.

 

5. Matikan Perangkat

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp yang kelima adalah dengan mematikan perangkat, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi charger iPhone tidak masuk juga. Jika kamu memainkan game dengan grafis yang intensif saat mencoba mengisi daya ponsel, ada kemungkinan ponsel akan menggunakan daya lebih cepat daripada mendapatkannya. Ini membuatnya tampak seperti tidak sedang mengisi daya, silahkan matikan ponsel saat sedang mengisi daya atau setidaknya mematikan layar.

 

6. Periksa Soket USB

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp selanjutnya adalah dengan memeriksa soket USB, setelah kabel dan adaptor dianggap sebagai masalah, sekarang saatnya beralih ke hal-hal yang lebih teknis. Seringkali masalahnya adalah konektor logam kecil di port USB, yang mungkin sedikit bengkok sehingga tidak menyentuh kabel pengisi daya pada Hp dengan benar. Masalah lain yang mungkin terjadi adalah sesuatu di dalam port USB. Jadi, silahkan perbaiki dengan meluruskan konektor yang bengkok dengan hati – hati atau bersihkan port USB.

 

7. Ganti Baterainya

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp selanjutnya adalah denga mengganti baterai Hp, terkadang baterai yang rusak mudah didiagnosis karena akan mengeluarkan cairan baterai atau mulai sedikit membengkak. Tentu saja sebagian besar Hp saat ini tidak memiliki baterai yang dapat dilepas, jadi kecuali kamu memiliki Hp dengan baterai yang bisa dilepas, silahkan ganti. Jika tidak, silahkan bawa Hp kamu ke service center terdekat untuk diganti baterainya.

 

8. Restart HP

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp selanjutnya adalah dengan memulai ulang atau restart Hp, kamu bisa menggunakan cara ini jika cara memperbaiki port charger Hp tidak berhasil. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan, cara ini dilakukan untuk mengatasi masalah charging yang disebabkan oleh masalah atau error kecil pada Hp.

 

9. Dinginkan HP

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp selanjutnya adalah dengan mendinginkan Hp, cara mengatasi Hp yang tidak bisa di-charge ini bisa kamu lakukan ketika kamu mengisi ulang daya Hp pada saat Hp dalam keadaan panas. Untuk ini, kamu bisa berhenti menggunakan Hp ketika dicharge. Jika bisa, silahkan simpan Hp di tempat yang dingin tapi jangan di kulkas. Tempat dingin yang kami maksud seperti lantai.

 

10. Kalibrasi Baterai

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp selanjutnya adalah dengan mengkalibrasi baterai, cara ini bisa kamu lakukan ketika port USB bukanlah masalahnya dan cara memperbaiki port charger Hp yang longgar tidak membantu sama sekali. Jika kamu awam tentang, kalibrasi baterai ini. Silahkan cari tahu terlebih dahulu apa itu kalibrasi baterai dan juga melakukannya dengan benar.

 

11. Charger Desktop

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp selanjutnya adalah dengan menggunakan charger desktop atau yang lebih dikenal dengan charger kodok, tapi cara hanya bisa digunakan pada ponsel dengan tipe baterai yang bisa dilepas saja. Cara ini tidak bisa digunakan ketika Hp tidak bisa di charge dalam keadaan mati baterai tanam, kamu bisa menggunakan cara lainnya di panduan ini untuk tipe Hp baterai tanam.

 

12. Reset Factory

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp selanjutnya adalah dengan factory reset atau reset pabrik, cara ini juga bisa digunakan untuk laptop dan jika cara mengatasi charger laptop tidak masuk tidak berhasil. Reset pabrik akan membuat perangkat seperti baru lagi dan segala macam error akan bisa diperbaiki, tapi dengan reset factory semua data dan file yang ada di perangkat akan terhapus juga. Jadi, sebaiknya cadangkan terlebih dahulu semuanya.

 

13. Service Center

Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp selanjutnya adalah dengan membiarkan para ahli di service center memperbaikinya, kamu juga bisa membawa sekalian kepala charger yang biasa kamu pakai untuk mengisi daya jika cara memperbaiki kepala charger yang kamu lakukan tidak berhasil. Kamu bisa membawanya ke service center resmi ataupun tidak resmi, jika ada bawa juga kartu garansinya.

 

Sudahkah kamu mencoba salah satu Cara Memperbaiki Masalah Charging di Hp diatas? kami yakin, salah satu cara yang kami cantumkan diatas akan bisa memperbaiki masalah charging yang terjadi pada Hp kamu. Sebenaranya masih ada cara – cara lain yang bisa diupayakan untuk memperbaiki masalah charging tersebut, tapi kami kira cara – cara diatas sudah cukup. Sekian panduan kali ini, have a nice day!