search-button

Dec 4, 2020

4 Cara Screenshot Samsung Galaxy A42 5G

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara screenshot Samsung Galaxy A42 5G. Pada artikel ini, kamu akan mempelajari cara mengambil screenshot di Samsung Galaxy A42 5G. Jika kamu seperti kebanyakan pengguna, kamu mungkin mengambil banyak screenshot di ponsel mu karena berbagai alasan. Mungkin karena ingin menunjukkan sesuatu kepada teman, atau mungkin karena hanya ingin menyimpannya untuk dilihat lagi nanti.

 

Apapun alasannya, screenshot adalah fitur yang sangat penting yang dimiliki semua ponsel Android, termasuk Galaxy A42. Jika kamu baru saja mendapatkan Samsung Galaxy A42 yang baru, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengambil tangkapan layar atau screenshot pada itu. Sebagian besar ponsel Samsung memiliki metode yang sama atau serupa untuk mengambil tangkapan layar dan inilah cara screenshot Samsung Galaxy A42 5G!

Cara Screenshot Samsung Galaxy A42 5G

Cara Screenshot Samsung Galaxy A42 5G

 

1. Cara Screenshot Galaxy A42 5G dengan Tombol Perangkat Keras

Metode pertama untuk mengambil screenshot di Galaxy A42 mu adalah dengan menggunakan tombol fisik yang terletak di samping ponsel, ini adalah metode biasa yang paling banyak digunakan. Untuk ini, kamu hanya perlu membuka bagaian yang ingin kamu screenshot. Kemudian tekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan, jangan lepaskan tombol sampai layar berkedip putih. Ini menunjukkan bahwa tangkapan layar telah diambil.

 

2. Cara Screenshot Galaxy A42 5G dengan Fitur Palm Swipe to Capture

Jika karena alasan tertentu metode pertama tidak berfungsi, misalnya karena tombol rusak atau lainnya, maka kamu bisa mengambil screenshot di Galaxy A42 menggunakan fitur "Palm Swipe to Capture". Untuk mengaktifkan Palm Swipe, buka Settings > Advanced Features > Motions and Gestures lalu aktifkan Palm swipe to capture. Sekarang usapkan tangan di layar untuk screenshot. Ponsel akan bergetar, menandakan bahwa screenshot berhasil.

 

3. Cara Screenshot Galaxy A42 5G dengan Menu Asisten

Jika kamu ingin cara screenshot yang lebih mudah, kamu dapat mencoba Menu Asisten. Ini adalah pilihan terakhir jika semua tombol fisik Galaxy A42 mu rusak. Untuk mengaktifkan Menu Asisten, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Interaksi dan ketangkasan dan klik pada menu Asisten. Klik pada sebuah lingkaran kecil akan muncul, sejumlah opsi akan muncul. Klik Screenshot, layar akan berkedip putih, menunjukkan bahwa screenshot telah diambil.

 

4. Cara Screenshot Panjang Samsung Galaxy A42 5G

Untuk screenshot panjang atau scrolling screenshot, kamu hanya perlu menggunakan salah satu cara sebelumnya. Setelah layar berkedip putih, bilah menu kecil akan muncul di bagian bawah layar. Menu akan memiliki tiga tombol, tombol pertama adalah mengedit dan memotong gambar. Tombol kedua untuk mengaktifkan Scroll Capture, sedangkan tombol ketiga untuk membagikan gambar di media sosial. Klik saja tombol kedua itu, selesai!

 

Sedikit tips, jika Samsung Galaxy A42 5G tidak bisa screenshot, mungkin itu karena memori penyimpanan ponsel sudah penuh. Untuk itu, kamu bisa menghapus beberapa file. Itu juga bisa dikarenakan ponsel error. Untuk itu, kamu bisa melakukan restart. Jika masih tidak bisa mengambil screenshot, itu mungkin karena aplikasi atau situs yang akan kamu screenshot tidak mengijinkan. Sekian panduan cara screenshot Samsung Galaxy A42 5G ini! Have a nice day!