search-button

Oct 1, 2020

Tips Dan Trik Cara Menghindari Virus Komputer

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM - Tips dan trik cara menghindari virus komputer. Beberapa tahun terakhir telah terlihat peningkatan serangan virus komputer yang cukup besar. Kamu mungkin menyadari itu dan telah mengambil tindakan pencegahan, dengan begitu kamu tidak akan serapuh pengguna tanpa pencegahan pada umumnya. Tetapi jika kamu belum melakukan tindakan pencegahan apapun, maka kami sarankan untuk memulainya dari sekarang agar dapat terhindar dari serangan virus komputer.

 

Virus komputer bisa sangat sulit untuk diatasi, tidak hanya waktu perbaikannya yang lama, kerusakan yang diakibatkannya juga tidak main - main. Kerugian atau kerusakan besar biasanay berdampak pada data yang tersimpan. Karena itu, tindakan pencegahan perlu dilakukan. Kamu akan selangkah lebih maju dari serangan virus di komputer mu dengan mengikuti tips dan trik cara menghindari virus komputer berikut ini.

Tips Dan Trik Cara Menghindari Virus Komputer

Cara Menghindari Virus Komputer

 

1. Patuhi Larangan Ini

Sebagai garis pertahanan pertama dalam menjaga komputer mu bersih dari virus, usahakan untuk patuh pada aturan ini.

  • Tidak menjelajahi situs web yang tidak terpercaya, jika tidak diketahui, jangan diklik.
  • Tidak buka email dari siapa pun yang tidak kamu kenal.
  • Tidak izinkan orang lain menggunakan komputer tanpa sepengetahuan mu
  • Tidak mengunduh dan menjalankan software yang tidak dikenal, terutama file .exe .

 

2. Bedakan Software Anti-Virus Dengan Software Palsu Pembawa Virus

Virus komputer semakin pintar seiring berjalannya waktu, virus komputer sekarang ini telah berada pada titik di mana pengguna disajikan layar yang menyerupai software antivirus yang umum digunakan. Tampilan tersebut dibuat oleh Browser Internet pengguna yang menyerupai situs web atau software antivirus untuk Windows. Mereka biasanya akan meminta pengguna untuk mengunduh software antivirus terbaru.

Atau bahkan memperingatkan mu bahwa virus komputer telah mengambil alih dan perlu dibersihkan. Jika pengguna mengklik salah satu opsi yang diberikan oleh software antivirus palsu ini, yang terjadi sebenarnya adalah kamu mengunduh program kode virus atau spyware. Jika berhasil terunduh, maka software antivirus palsu tersebut akan segera menginfeksi komputer mu.

 

3. Gunakan Antivirus Asli

Menjadi pengguna yang terinformasi akan membantu mu menjaga komputer tetap bersih dari serangan virus apa pun. Salah satu caranya adalah tetap akrab dengan perangkat lunak atau perlindungan antivirus asli yang diinstal pada PC. Kamu bisa menggunakan produk Symantec Antivirus atau antivirus Microsoft Security Essentials di komputer mu. Selain itu, kamu juga bisa menggunkan program antivirus umum lainnya seperti Avast, McAfee, Anti Virus, AVG Antivirus, Kapersky, Trend Micro Security dan lainnya.

Sebagian besar software antivirus asli hanya akan menampilkan layar sederhana yang memberi tahu pengguna bahwa mereka telah memblokir kemungkinan infeksi dan membiarkan pengguna memutuskan apa yang harus dilakukan dengannya. Jendela munculan anti-virus yang sebenarnya biasanya tidak akan menampilkan pesan dramatis seperti “Komputer Anda berisiko dan telah terinfeksi, unduh perangkat lunak ini sekarang untuk memperbaikinya ”, pesan tersebut jelas – jelas berasal dari antivirus palsu.

 

Ingat ya, lain kali ketika browsing dan tiba-tiba muncul pesan yang menampilkan semacam dasbor antivirus yang mulai "memindai" untuk file yang terinfeksi atau meminta mu untuk mengunduh software antivirus, itu adalah pemindaian palsu. Ingatlah juga, halaman pada sebuah situs tidak akan memiliki akses ke komputer mu, jadi logikanya bagaimana mereka tahu jika komputer mu terinfeksi atau tidak ? Yakan!

Jika kamu merasa komputer mu mungkin terinfeksi atau kamu mengunduh sesuatu yang mungkin berbahaya, segera hentikan penggunaan komputer dan matikan. Jika ini terjadi, kamu harus menghubungi layanan IT yang dapat diandalkan untuk melihat dan membersihkan virus yang mungkin ada di PC mu. Sekian tips dan trik cara menghindari virus komputer ini. Stay safe!