search-button

Oct 9, 2020

7 Cara Membuat Google Sites Untuk Profile Perusahaan dan Lainnya

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Panduan cara membuat Google Sites untuk profile perusahaan dan lainnya. Pada waktu ini, orang – orang menggunakan Google untuk banyak hal. Termasuk untuk mencari atau  untuk menemukan restoran terdekat dengan ulasan bagus disertai dengan foto – foto menarik, serta rekomendasi lainnya termasuk hotel, toko pakaian, salon rambut dan kecantikan juga yang lainnya.

 

Menurut Google, setiap bulan ada lebih dari 5 miliar pencarian restoran, 3 miliar pencarian hotel, 1 miliar pencarian toko pakaian, dan 600 juta pencarian salon rambut dan kecantikan. Sebagai pemasar, tugas kamu adalah mengubah penelusuran tersebut sebagai peluang untuk mencari pelanggan baru. Kenapa tidak, untuk membuat situs Google untuk bisnis mu. Berikut adalah cara membuat Google Sites untuk profile perusahaan dan lainnya.

Cara Membuat Google Sites Untuk Profile Perusahaan dan Lainnya

Cara Membuat Website Di Google

 

1. Persiapan

Sebelum kita masuk ke langkah – langkah cara membuat situs di Google, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. yang pertama, kamu harus memiliki akun Google. Jika belum ada, silahkan buat terlebih dahulu. Kedua, di PC mu harus ada browser, bisa Chrome, Firefox, Safari atau yang lainnya. Yang terakhir, yang wajib ada adalah koneksi intenet. Usahakan koneksinya kuat ya gengs.

 

2. Nama Situs

Sekarang, silahkan buka browser di PC mu dan buka situs ini (sites.google.com). Silahkan masuk dengan akun Google mu atau akun Google yang akan kamu gunakan untuk membuat situs, klik tombol dengan ikon + di pojok kanan bawah setelah situs terbuka. Setelah itu akan muncul halaman baru, disana klik pada tulisan ‘situs tanpa judul’, lalu ketikkan nama situs yang kamu inginkan.

 

3. Logo Situs

Klik juga tulisan ‘Judul Halaman Anda’, lalu ganti dengan header sesuai keinginan mu. Jika sudah punya logo, kamu juga bisa menambahkannya ke situs. Untuk itu, silahkan arahkan pointer ke tulisan nama situs mu di pojok kiri atas. Akan muncul tulisan ‘Tambahkan Logo’, klik tulisan tersebut. Klik upload lalu pilih gambar yang akan kamu jadikan logo, tunggu hingga logo berhasil diunggah. Setelah berhasil, klik tanda X untuk menutup halaman pop-up.

 

4. Latar Belakang Header

Kamu juga bisa mengubah latar belakang header situs mu jika ingin, caranya gampang. Tinggal arahkan kursor ke bagian gambar header, lalu klik tombol ‘Ubah gambar’. Klik Upload untuk menggunakan gambar dari penyimpanan mu, atau klik Pilih Gambar untuk menggunakan gambar yang disediakan. Pilih gambar yang kamu inginkan, gambar akan jadi latar belakang header jika berhasil kamu unggah.

 

5. Sisipan

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan banyak sisipan lain ke situs mu. Kamu bisa menambahkan teks, gambar, maps, video YouTube dan banyak lagi. Kami contohkan, cara menambahkan sisipan berupa teks. Pertama klik tombol ‘Kotak teks’ yang ada di opsi Sisipkan di menu sisi sebelah kanan. Silahkan masukkan teks berupa info tentang situs atau tentang kamu sebagai pengelolanya pada kotak yang muncul disana.

 

6. Tata Letak

Kamu juga bisa mengatur tata letak konten situs mu dengan bebas, kamu bisa menggunakan tata letak yang direkomendasikan di menu sisi kanan. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu klik pada jenis tata letak yang ingin kamu gunakan. Selain tata letak, masih ada banyak lagi sisipan yang bisa kamu tambahkan ke situs yang kamu buat. Silahkan tambahkan sesuai keperluan situs mu.

 

7. Publikasikan

Jika kamu sudah selesai mengatur situs mu, silahkan lihat – lihat kembali semuanya. Jika dirasa sudah cukup, sekarang kamu harus mempublikasikannya. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu klik tombol Publikasikan yang ada di bagian atas halaman. Buat juga alamat situs kamu seperti ini (sites.google.com/view/namasitus), lalu klik Publikasikan. Terakhir, cobalah untuk mengakses situs yang telah kamu buat.

 

Ok gengs, demikianlah cara membuat Google Sites untuk profile perusahaan dan lainnya. Bagaimana? mudah sekali kan… kami kira, kamu tidak akan menghabiskan sampai satu jam untuk membuatnya. Sedikit saran, jika kamu ingin membuat semacam blog, kami tidak sarankan untuk menggunakan Google Sites, karena memang fiturnya yang terbatas. Tapi ini cocok untuk membuat profil perusahaan, portofolio dan hal sejenisnya. Stay safe!