search-button

Oct 26, 2020

10 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di Xiaomi

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Cara - cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di Xiaomi. Jika kamu pernah melihat pesan error seperti "Sayangnya aplikasi telah berhenti" di ponsel Xiaomi mu, hal ini bisa sangat mengganggu dan membuat frustasi ketika terjadi dengan beberapa aplikasi yang paling sering kamu gunakan. Bukan hanya pada Xiaomi saja, hal itu dapat terjadi pada ponsel pintar Android apa pun di luar sana.

 

Terlepas dari jenisnya apakah kelas atas, menengah atau bawah dan bahkan terlepas dari pembuatnya apakah itu ponsel dari Samsung, Infinix, OnePlus dan yang lainnya. Ponsel – ponsel tersebut juga dapat mengalami error dan memunculkan pesan "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti". Jika ingin memperbaiki ponsel Xiaomi mu dari error tersbut, kamu bisa mencoba cara - cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di Xiaomi berikut ini.

Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di Xiaomi

Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di Xiaomi

 

1. Tutup Aplikasi – Aplikasi

Jika kamu memiliki terlalu banyak aplikasi yang terbuka di ponsel pintar Xiaomi mu dan tidak ada cukup ruang RAM untuk menanganinya, maka pesan error tersebut akan muncul. Ini adalah salah satu alasan utama dan hal pertama yang harus diperiksa ketika aplikasi yang sedang kamu buka menutup sendiri, jika memang ada terlalu banyak aplikasi yang terbuka silahkan tutup aplikasi - aplikasi yang tidak kamu gunakan tersebut.

 

2. Atur Semua Proses atau Aktivitas pada Ponsel

Jika kamu menjalankan terlalu banyak proses di ponsel Xiaomi mu pada saat yang bersamaan, dan RAM ponsel mu terbilang kecil maka jangan terkejut jika pesan error tersebut sering muncul. Cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di Xiaomi karena penyebab ini adalah dengan mengatur semua proses tersebut secara baik. Coba jalankan satu per satu proses yang kamu perlukan.

 

3. Hapus Cache yang Menumpuk

Semakin lama sebuah aplikasi berada di ponsel Xiaomi mu, semakin ia menghasilkan file log dan file cache yang juga disimpan di RAM ponsel. Dan ketika ruang untuk aplikasi terisi dan tidak ada lagi ruang untuk menulis dan menyimpan file log baru yang masuk, yang terjadi adalah aplikasi pada akhirnya akan berhenti. Cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di Xiaomi karena ini adalah dengan menghapus file – file cache tersebut.

 

4. Perbarui Aplikasi ke Versi Terbaru

Sering kali, pengembang aplikasi tidak hanya merilis versi baru dari aplikasi mereka hanya karena mereka memiliki sesuatu yang baru untuk ditambahkan. Mereka memperkenalkan versi baru dari aplikasi yang dirilis karena mereka memperbaiki bug dan membuat aplikasi berfungsi dengan baik. Karena itu, silahkan perbarui versi aplikasi yang error tersebut untuk menyingkirkan bug dan mengatasi masalah pesan “sayangnya, aplikasi telah berhenti”.

 

5. Istirahatkan Ponsel Sejenak

Jika ponsel pintar Xiaomi mu telah dihidupkan terlalu lama, hal itu dapat mempengaruhi ponsel loh gengs. Beberapa orang mungkin termasuk kamu, berpikir ini adalah cara tak berarti tapi sebenarnya tidak. Ponsel Xiaomi mu mati mungkin hanya ketika itu jatuh atau atau saat baterainya habis. So, cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di Xiaomi karena ini adalah dengan sengaja mematikan ponsel dan membiarkannya seperti itu sebentar.

 

6. Pakai Aplikasi Antivirus

Bug yang terjadi sekarang pada ponsel Xiaomi mu mungkin disebabkan oleh Infeksi Virus yang tidak kamu sadari ada, virus tersebut juga bisa merusak hal lainnya pada ponsel. Untuk itu, kamu bisa mengunduh aplikasi antivirus di Play Store, lalu gunakan untuk membersohkan virus – virus yang ada. Kamu juga bisa menggunakan software antivirus untuk membersihkannya di PC.

 

7. Kembalikan ke ROM Original

Merooting ponsel dapat menyebabkan aplikasi tiba-tiba tertutup loh gengs, itu bisa terjadi ketika rooting yang kamu lakukan tidak benar atau gagal. Sebenarnya, dilakukan dengan baik juga masih memungkinkan untuk menyebabkan error. Karena itu sebaiknya kembalikan kondisi ponsel Xiaomi mu ke ROM originalnya. Kamu bisa meminta bantuan yang lebih ahli jika tidak bisa melakukannya sendiri.

 

8. Restart Ponsel

Cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di Xiaomi selanjutnya adalah dengan melakukan restart pada ponsel Xiaomi mu, cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mengatasi berbagai jenis error yang terjadi pada ponsel Xiaomi mu. Ini juga merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan, masing – masing tipe ponsel Xiaomi memiliki cara restart-nya masing – masing, silahkan cari tau cara untuk Xiaomi mu,

 

9. Reinstall Aplikasi

Ketika pesan erro muncul, dan kamu sudah memperbarui aplikasi tetapi masih mengalami error. Kamu bisa mencopot aplikasi tersebut, kemudian pasang lagi aplikasi tersebut. jadi pertama silahkan keluar dari akun di aplikasi tersebut, jika punya. Kemudian hapus cache dan data aplikasi tersebut, lalu backup aplikasi. Setelah itu baru copot aplikasi, setelah diopot pasang kembali aplikasi yang ada di folder backup.

 

10. Perbarui MIUI

Seperti yang lainnya, Xiaomi juga selalu meyediakan pembaruan bagi operasi sistemnya dalam jangka waktu – waktu tertentu. Pembaruan tersebut juga membawa ‘obat’ bagi masalah – masalah yang mungkin sedang terjadi pada ponsel, karena itu silahkan cek apakah ada pembaruan yang tersedia untuk MIUI di Xiaomi mu, Jika ada, silahkan segera lakukan pembaruan tersebut.

 

Ok gengs! Demikianlah cara – cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di Xiaomi yang bisa kamu coba. Sebagian besar cara – cara diatas juga bisa kamu gunakan pada ponsel dari brand –brand lainnya, seperti Samsung, Advan, Infinix dan lainnya. Jangan lupa untuk share artikel ini pada teman – teman mu yang mungkin sedang mengalami masalah yang sama dengan mu. Stay safe!