search-button

Sep 1, 2020

Aplikasi Early Access dan Beta di Google Play

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM - opsi yang dimiliki pengguna saat mereka menggunakan Google Play Store Aplikasi early access dan beta adalah dua untuk menemukan, mengunduh, dan mengelola aplikasi dan game di perangkat Android-nya. Meski bergitu, terdapat perbedaan utama antara aplikasi early access dan beta. Secara garis besar, aplikasi beta itu selalu membutuhkan versi rilis dari aplikasi atau game di Google Play.

 Sedangkan, aplikasi early access itu adalah sebuah aplikasi atau game yang belum dirilis ke publik secara resmi. Keduanya mmeungkinkan pengguna Google Play pilihan untuk menggunakan versi pratinjau aplikasi atau game. Aplikasi – aplikasi tersebut mungkin kurang stabil dibandingkan versi rilis, dan mungkin terdapat bug juga. Untuk kamu yang ingin mencoba menggunakan aplikasi early access dan beta, silahkan simak uraiannya.

Aplikasi Early Access dan Beta di Google Play

Aplikasi Early Access dan Beta di Google Play

 

Aplikasi Early Access

Aplikasi - aplikasi early access bisa kamu temukan di daftar kategori khusus di Google Play, untuk mengaksesnya kamu bisa menggeser bar dimana terdapat bagian For you, Top charts, Categories, kamu akan menemukan bagian Early access dibagian paling ujung. Disana kamu akan menemukan aplikasi - aplikasi early access yang bisa kamu coba, cara untuk menginstalnya akan sama seperti menginstall aplikasi biasa. Tinggal klik tombol instal, terima dialog izin, dan tunggu aplikasi atau game diinstal.

 

Aplikasi Beta

Berbeda dengan aplikasi early access, aplikasi beta akan sedikit sulit untuk ditemukan di Google Play. Tidak ada kategori beta yang tersedia yang mencantumkan semuanya seperti aplikasi early access sebelumnya, untuk mencarinya di Google Play ada dua cara. Pertama, kamu harus sudah tahu apa yang kamu cari. Jika sudah tau, tinggal cari nama aplikasi atau game dan install versi beta tersebut seperti biasa.

Cara kedua adalah dengan menggunakan penelusuran dan menambahkan "beta" ke kueri mu. Sebenarnya, kamu juga bisa menemukan aplikasi beta ini di bagian daftar aplikasi Google Play Store biasa. Biasanaya aplikasi beta tersebut memiliki label beta, untuk menemukannya, kamu perlu menggulir sedikit lebih ke bawah dari daftar. Harap dicatat, bahwa aplikasi – aplikasi beta tersebut hanya bisa kamu temukan jika versi beta tersedia ya.

 

Bagaimana? apa sekarang kamu sudah paham tentang aplikasi early access dan beta di Google Play? Paling tidak sedikit paham ya gengs. Kami ingatkan sekali lagi, aplikasi - aplikasi early access dan juga aplikasi beta itu sangat mungkin memiliki bug atau gangguan – gangguan. Jadi jangan terkejut jika ketika kamu gunakan terjadi errorr atau semacamnya. Sekian pembahasan tentang aplikasi early access dan beta di Google Play ini. Have a nice day!