search-button

Sep 21, 2020

14 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Suka Restart Sendiri

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Begini gengs, cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri. Ketergantungan pada ponsel cerdas atau smartphone dapat menyebabkan rasa kesal yang luar biasa ketika smartphone tersebut gagal berfungsi atau mengalami berbagai error seperti tiba – tiba restrat sendiri, kami yakin kamu satu diantarnya yang mengalami hal itu. Fyi, bukan Cuma kamu saja yang sedang menngalami masalah ini.

 

Mengingat ada lebih dari 2,5 miliar perangkat Android yang aktif, tidak heran jika kami banyak mendengar cerita tentang masalah yang merepotkan ini. Meskipun masalah ini biasanya mudah diatasi, kejadian yang berulang hanya akan membuat kamu jengkel dan smartphone jadi useless. Karena itu, kami membuat pandaun cara - cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri yang bisa kamu coba.

Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Suka Restart Sendiri

Cara Mengatasi Hp Restart Berulang Ulang

 

1. Pastikan OS Android Versi Terbaru

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri yang pertama adalah dengan memperbarui OS Android yang kamu pakai, sangat penting bagi smartphone untuk mengunduh dan menginstal pembaruan OS terbaru. Hal ini dilakukan untuk menjaga perangkat tetap berjalan dengan baik. Cara mengatasi Hp restart sendiri dengan pembaruan ini merupakan cara paling mudah.

 

2. Periksa Penyimpanan Dan Kosongkan Ruang Jika Perlu

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri selanjutnya adalah dengan mengosongkan ruang penyimpanan seperlunya, kamu bisa menggunakan cara ini ketika Hp sering restart sendiri Samsung atau Hp dari brand lainnya. Menghapus file yang tidak perlu dan data cache akan membantu memastikan perangkat mu berfungsi dengan baik. Untuk ini, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih atau lakukan secara manual.

 

3. Tutup Aplikasi Yang Tidak Di Gunakan

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri selanjutnya adalah dengan menutup semua aplikasi yang tidak digunakan, cara ini bisa kamu lakukan ketika Hp restart sendiri Xiaomi atau Hp dari brand lainnya. Aplikasi yang terus menurus terbuka atau berlajalan di latar belakang berpotensi membuat perangkat mu jadi error dan berakhir dengan seringnya terjadi restart sendiri.

 

4. Matikan Smartphone Sebentar

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri selanjutnya adalah dengan mematikan smartphone mu sementara waktu, cara ini bisa kamu gunakan ketika Hp sering restart sendiri Samsung atau Hp dari brand lainnya. Kamu bisa mematikannya seperti biasa kemudian hanya mendiamkannya selama beberapa menit, kemdian setelah itu silahakn nyalakan kembali dan amati apakah cara ini berhasil atau tidak.

 

5. Lepaskan Casing Smartphone Mu

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri selanjutnya adalah dengan melepas casing smartphone mu, cara ini merupakan cara mengatasi Hp restart sendiri saat main game gengs. Jika kamu menggunkan aksesori seperti casing atau unit baterai eksternal,  Jika demikian, ada kemungkinan ini adalah alasan di balik masalah karena ini sering kali dapat menutupi sensor atau tombol smartphone mu.

 

6. Matikan Auto-Restart di Opsi Perawatan Perangkat

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri selanjutnya adalah dengan mematikan pengaturan auto-restart di opsi perawatan perangkat, cara ini bisa kamu gunakan ketika Hp sering hang dan restart sendiri. Fyi, beberapa perangkat Android, seperti yang dari Samsung, memiliki opsi Perawatan Perangkat dengat fitur Auto-restart. Jika memang fitur tersebut ada di ponsel mu, silahakan segera matikan.

 

7. Kosongkan Baterai Smartphone 0%

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri selanjutnya adalah dengan mengosongkan daya atau baterai sampai benar – benar habis, cara ini merupakan cara mengatasi Hp restart sendiri saat main game. Kamu bisa menonton video atau bermain game sampai daya Hp benar – benar habis, aktifkan juga GPS, Bluetooth dan fitur lainnya. Setelah habis, biarkan saja antara 5 sampai 10 menit lalu isi ulang baterai sampai penuh.

 

8. Periksa aplikasi Yang Tidak Baik Dan Hapus Instalannya

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri selanjutnya adalah dengan menghapus aplikas – aplikasi yang memang berdapak buruk bagi smartphone mu, cara ini bisa kamu guankan ketika Hp sering restart sendiri ASUS atau Hp dari brand lainnya. Ada beberapa aplikasi yang bisa menyebabkan masalah, untuk mengetahuinya, silahkan copot aplikasi yang baru – baru ini diunduh dan lihat apakah smartphone mu kembali normal.

 

9. Hapus Semua Aplikasi Dan Game Bukan Bawaan

Jika cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri sebelumnya tidak berhasil, maka terpaksa kamu harus mencoba untuk menghapus semua aplikasi – aplikasi dan game – game pihak ketika yang kamu pasang di smartphone kamu. Cara ini bisa kamu gunakan ketika Hp restart sendiri Xiaomi atau brand lainnya. Seperti yang kami katakan sebelumnya, aplikasi dan game yang memberatkan atau yang tidak baik dapat menyebabkan error seperti ini tejadi.

 

10. Gunakan ROM Kustom di Smartphone mu

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri selanjutnya adalah dengan menggunakan ROM kustom, cara mengatasi Hp restart berulang ulang ini mungkin agak sedikit membingungkan terlebih jika kamu newbie. Fyi, kustom ROM ini adalah pengganti sistem di smartphone kamu yang mungkin telah rusak. Untuk pemasangannya, kamu hanya perlu mengunduh salah satu kustom ROM lalu memasangnya di smartphone mu.

 

11. Unroot Smartphone Mu

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri selanjutnya adalah dengan unroot smartphone mu, cara mengatasi Hp restart sendiri ini hanya berlaku jika memang kamu smat=rtphone kamu peranh di root. Fyi gengs, ketika smartphone dalam keadaan diroot, biasanya smartphone jadi lebih rentan terhadap banyak error, karena itu silahakn uroot smartphone kamu.

 

12.  Ganti Baterai Smartphone Mu

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri selanjutnya selanjutnya adalah dengan mengganti baterai Smartphone mu, cara ini bisa kamu guankan ketika Hp sering hang dan restart sendiri. Cara ini berlaku pada smartphone dengan baterai tanam ataupun bukan, jika baterai tanam, kamu bisa meminta bantuan teknisi, jika buka, kamu bisa melakukannya sendiri dirumah.

 

13. Setel Ulang Smartphone Ke Pengaturan Pabrik

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri selanjutnya adalah dengan menyetel ulang smartphone kamu ke pengaturan pabrik, cara ini bisa kamu lakukan ketika Hp restart terus di logo. Harap dicatat ini adalah pilihan pertama terakhir jika semua opsi lain gagal. Karena proses ini akan menghapus semua aplikasi dan data dari smartphone mu, karena itu buatlah cadangan untuk setiap file yang ada di perangkat mu.

 

14. Service Center Solusi Terakhir

Cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri selanjutnya adalah dengan membawanya ke service center, cara ini hisa kamu lakukan ketika Hp sering restart sendiri ASUS atau Hp dari brand lainnya. Dengan membawanya ke service center, kamu akan mengetahui dengan pasti kenapa smartphone kamu jadi error dan tentu mendapat perbaikan. Kamu bisa membawa kartu garansinya jika masih ada.

 

Ok gengs, sekian panduan cara ampuh mengatasi smartphone suka restart sendiri ini. Semoga ada salah satu cara yang kami tulis diatas yang dapat berhasil memperbaiki masalah smartphone mu. Kami ingatkan ya, sebelum memilih dan mempraktekan cara – cara diatas, ada baiknya kamu membaca dengan teliti tentang resiko dan seluk beluknya. Resiko ditanggung sendiri ya. Stay safe!