search-button

May 18, 2020

11 Aplikasi Pembuat Game

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah rekomendasi aplikasi – aplikasi pembuat game yang bisa kamu coba. Apakah kamu memiliki ide untuk membuat permainan atau game yang telah kamu simpan selama bertahun-tahun? Bagaimana jika kamu bisa menghidupkan ide itu, bahkan tanpa pengalaman membuat game? Saat ini, siapa pun dapat membuat video game dengan aplikasi atau perangkat lunak yang tepat dan sedikit pengetahuan.


Tentu saja, itu tidak berarti proses membuat game itu mudah. Bahkan game sederhana seperti Flappy Bird atau Tetris membutuhkan usaha jika kamu ingin tampilannya bagusk. Tetapi berkat aplikasi atau perangkat lunak pembuatan game gratis, sebuah game yang harusnya membutuhkan waktu setahun untuk dibuat sekarang dapat dibuat dalam hitungan bulan atau hari, bahkan terkadang bahkan tanpa kode apa pun! Inilah aplikasi – aplikasi pembuat game tersebut!

Aplikasi Pembuat Game

Aplikasi Pembuat Game


1. Studio GameBuilder


Aplikasi Pembuat Game

GameBuilder Studio adalah aplikasi pembuat game dan editor multi-layer yang menggunakan antarmuka drag and drop untuk membuat game, tapi kamu juga bisa menambahkan kode khusus ke game. Platform ini didukung dan terintegrasi dengan Spine Pro, yang memungkinkan pengguna membuat karakter animasi 2D yang cukup canggih melalui manipulasi prosedural, serta dukungan untuk konsol Android Ouya. Teradapat versi gratis dan berbayar untuk aplikasi ini.

2. Unreal Engine 4


Aplikasi Pembuat Game

Aplikasi pembuat game selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Unreal Engine 4, silahkan download game maker ini jika kamu ingin menggunakan game maker yang sama dengan banyak pengembang game diluar sana. Untuk pemula, Unreal Engine 4 ini telah menyediakan tutorial proses pembuatan game. So! Kamu tidak usah khawatir tidak akan mengerti cara menggunakannya. Unreal Engine 4 ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat Virtual, Augmented Reality, film dan lainnya.

3. GameSalad


Aplikasi Pembuat Game

Aplikasi pembuat game selanjutnnya adalah GameSalad, aplikasi ini kami sarankan untuk kamu yang mungkin belum terlalu paham dengan bahasa programming. Yup! Kamu bisa membuat game tanpa itu dan ketika selesai membuatnya, kamu bisa memuatnya ke berbagai platform termasuk Android, iOS, dan HTML5. Meski begitu, aplikasi ini juga tidak menutup kemampuan untuk kamu yang ingin membuat yang lebih rumit  dengan bahasa programming.

4. Godot Game Engine


Aplikasi Pembuat Game

Godot Game Engine merupakan aplikasi game 3D dan 2D sekaligus, aplikasi pembuat game ini menawarkan sistem pembuatan game drag and drop. Jadi, untuk kamu yang mungkin masih baru dalam pembuatan game ini akan lebih mudah dalam pengoperasiannya. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan mendapatkan alur kerja yang cukup bersih dari bug gengs. Kamu juga bisa menggukan GDScript jika ingin di aplikasi ini.

5. RPG Maker MV


Aplikasi Pembuat Game

Sesuai namanya, RPG Maker MV adalah sebuah aplikasi pembuat game RPG. Dengan dilengkapi berbagai fitur seperti fitur Side View Battle, aplikasi dari Enterbrai  ini dapat memabantu kamu mewujudkan game RPG 2D impian mu. Selain fitur tersebut, terdapat juga fitur editor sprite dan ilustrasi. Kerennya, dengan aplikasi ini kamu bisa membuat game keren impian mu dengan atau tanpa aset sekalipun.

6. Unity


Aplikasi Pembuat Game

Aplikasi pembuat game untuk yang ingin membuat game online dengan Unity, tentu dengan aplikasi Unity itu sendiri. Seperti yang kita tahu, aplikasi ini merupakan salah satu andalan bagi banyak pengembang game. Kamu bisa menggunakan Unity untuk membuat game 3D maupun 2D impian mu. Untuk membuat game menggunakan aplikasi ini, sebaiknya kamu mempelajari caranya terlebih dahulu di Youtube atau sumber lainnya.

7. Clickteam Fusion 2.5


Aplikasi Pembuat Game

Selanjutnya kami rekomendasikan aplikasi pembuat game Clickteam Fusion, dengan aplikasi pembuat game ini kamu bis membuat game 3D maupun 2D. Aplikasi ini menawarkan pembuatan game dengan metode drag and drop dan fitur editor event frame by frame, jika kamu pernah menggunakan Adobe Flash maka kamu akan tau bahwa fitur tersebut hampir sama. Info tambahan, aplikasi ini telah digunakan oleh banyak game maker komersial diluar sana.

8. GameMaker


Aplikasi Pembuat Game

GameMaker adalah salah satu aplikasi pembuat game yang bisa kamu muat ke berbagai jenis perangkat, termasuk smartphone dengan berbagai basis OS, HTML5 dan lainnya. GameMaker ini menawarkan pembuatan game yang mudah, kamu bisa menggunakan metode drag and drop untuk membuat game. Selain itu kamu juga bisa mengubah script pada game, itu pun jika kamu tau cara membuat game android dengan coding.

9. GG Maker


Aplikasi Pembuat Game

Aplikasi pembuat game selanjutnya dalam daftar ini adalah GG Maker, aplikasi ini ditujukan untuk kamu yang ingin dan sedang belajar bahasa programming untuk game. GG Maker menawarkan bantuan untuk pembuatan berbagai macam game dari mulai yang sederhana sampai yang sulit seperti game RPG 3D. Terdapat juga banyak fitur menarik dan sangat membantu penggunanya untuk membuat game yang keren, tak kalah dengan pengembang game lain.

10. Construct 2


Aplikasi Pembuat Game

Aplikasi pembuat game Construct 2 ini merupakan salah satu software game maker yang tidak mengharuskan penggunanya menguasai bahasa programming, cukup gunakan metode drag and drop untuk membuat sebuah game baru. Setelah game selesai kamu buat, game tersebut juga bisa kamu muat langsung ke berbagai versi termasuk Windows, Chrome Web Store, Facebook, dan HTML5 secara gratis dan berbayar untuk memuat game ke perangkat seperti Android, iOS, dan lainnya.

11. TyranoBuilder


Aplikasi Pembuat Game

Aplikasi pembuat game yang terakhir adalah TyranoBuilder, ini merupakan salah satu dari 5 contoh software game visual novel gengs. Seperti aplikasi game lainnya di daftar ini, TyranoBuilder menawarkan penggunaan yang mudah. Ia mengusung metode drag and drop sebagai metode pembuatan game, tidak perlu bahasa programming sama sekali. Setelah membuatnya, kamu bisa merilisnya langsung ke berbagai platform termasuk Windows, iOS, MacOS, Android, dan HTML5.


Kami harap kami telah memberikan kamu cukup rekomendasi aplikasi pembuat game yang baik, dan kami harap kamu tau dengan pasti mana aplikasi pembuat game terbaik untuk ide game yang ingin kamu buat. Well gengs, segampang – gampangnya membuat game, itu memerlukan usaha yang cukup untuk membuatnya terwujud. Sekian! Stay helath, semoga semuanya lekas membaik. Aamiin...