search-button

Sep 16, 2019

20 Cara Jadi Selebgram Dapat Endorse dan Terkenal

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini loh gengs, cara jadi selebgram dapat endorse dan terkenal. Instagram adalah salah satu aplikasi berbagi media sosial paling populer, dengan lebih dari ratusan juta pengguna bulanan. Kebanyakan orang yang menggunakan Instagram hanya menggulir, memposting, dan menyukai postingan saja. Tetapi apakah kamu tidak ingin tau, misteri tentang bagaimana menggunakannya dengan potensi penuh.


Apa kamu tidak ingin tau cara menjadi selebgram dadakan ? yang nantinya akan membuat follower Instagram mu bertambah dan mendapatkan lebih banyak suka. Kami yakin sekitar 89% bahwa kamu diam-diam berharap dan bermimpi untuk menjadi terkenal di Instagram. Perlu kamu tau bahwa ada straegi atau cara jadi selebgram dapat endorse dan terkenal loh, dan ini pasti akan sangat berguna. Jika pun kamu tidak ingin seterkenal itu, cara – cara ini akan meningkatkan grid mu.

Cara Jadi Selebgram Dapat Endorse dan Terkenal

Cara Jadi Selebgram Dapat Endorse dan Terkenal


1. Lakukan Research

Cara jadi selebgram dapat endorse dan terkenal pertama adalah dengan melakukan research. Sama seperti usaha baru, ada baiknya untuk menetapkan tujuan yang dapat dicapai. Mulailah dengan melakukan riset ke akun favorit mu atau ke akun selebgram lain, mengapa kamu menyukai feed mereka ? Tanyakan pada diri sendiri cerita apa yang ingin kamu sampaikan ? Perhatikan bagaimana mereka dengan pengikut dan seberapa sering mereka memposting.

2. Tentukan Tema

Setelah melakukan research cara menjadi selebgram endorse selanjutnya adalah dengan memutuskan apa yang kamu ingin bagikan di Instagram dengan mengatur estetikanya. Ini dapat dicapai dengan palet warna tertentu seperti warna putih, pastel, atau gelap. FYI, orang-orang tertarik pada akun yang konsisten secara visual. Kamu dapat menggunakan aplikasi pratinjau untuk menguji postingan dan merancang kisi IG mu dengan lebih baik.

3. Perhatikan Isi Bio

Bio dalam akun IG mu itu penting gengs, ini bisa menunjang kamu untuk meraih status sebagai selebgram. Jadi, silahkan tulis bio mu, ceritakanlah sesuatu tentang diri mu dalam 150 karakter. FYI, dalam hal menulis bio yang luar biasa, tidak ada satu cara yang benar - benar tepat untuk dilakukan. Tapi kami sarankan, untuk membuat bio yang menarik perhatian dan minat instan sehingga pengikut potensial ingin menggulir ke bawah dan melihat posting mu.

4. Edit Foto dan Video

Cara selanjutnya untuk jadi selebgram dan dapat endorse juga terkenal adalah dengan memposting foto - foto yang menakjubkan. Itu mungkin terdengar lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi ada cara sederhana untuk meningkatkan kualitas fotografi di IG mu. Yup ! dengan pengeditan foto, dan ada banyak aplikasi yang dapat membantu. Dengan aplikasi pengeditan kamu bisa membuat foto - foto itu jadi lebih indah, cerah, dan berwarna-warni. Ingat pencahaya adalah kunci untuk setiap foto hebat.

5. Gunakan Tagar Dengan Bijak

Selanjutnya untuk menjadi selebgram, kamu bisa menggunakan hashtag di setiap postingan mu. Tetapi untuk membuat hashtag menguntungkan, kamu harus berpikir secara strategis. Instagram akan memungkinkan mu menambahkan hingga 30 tagar dalam satu posting, tetapi lebih baik memilih 12 tagar teratas yang sangat relevan dengan gambar mu. Hashtagging jenis foto, perangkat yang kamu gunakan, di mana foto itu diambil, dan aplikasi yang kamu gunakan untuk mengedit juga top hashtag.

6. Kembangkan Tagar Mu Sendiri

Sebagian besar merek dan akun besar telah mengembangkan tagar mrekea sendiri, yang hanya digunakan oleh mereka dan pengikut mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun "kingdom" mu dan komunitas orang yang terlibat di sekitar topik tertentu yang kamu usung. Dengan memiliki tagar sendiri, akan membuat akun mu terlihat lebih profesional dan lebih besar dari yang sebenarnya, juga membuat orang tertarik pada mu dan gerakan yang kamu buat.

7. Caption

Selain foto yang bagus, untuk menjadi selebgram kamu juga harus mempertimbangkan untuk menceritakan kisah atau anekdot dalam caption Instagram. Kamu bisa menceritakan hal – hal yang lucu atau yang lainnya untuk mengekspresikan hal di luar gambar. Pastikan saja, caption yang kamu gunakan itu tidak mengundang comment war yang tidak baik ya gengs. Ya, meskipun pemikiran netizen seringkali tidak bisa ditebak, setidaknya kamu sudah berusaha.

8. Buat Daftar Pesaing Dan Idola

Membuat daftar pesaing itu penting karena berbagai alasan, diantaranya adalah untuk memahami profil mereka, bagaimana mereka berinteraksi dengan pengikut mereka, jenis posting apa yang paling banyak dibagikan dan lainnya. Setelah tau, kamu bisa berteman dan berkolaborasi dengan mereka. Ingat ya, jika ada yang ingin kamu ajak berinteraksi, tetapi kamu tidak mendapatkan perhatian, jangan tersinggung. Kita sama – sama memiliki 24 jam dalam sehari, mungkin mereka belum ada waktu.

9. Berinteraksi

Berinteraksi dengan yang lain juga penting agar kamu bisa menjadi selebgram terkenal dan mendapatkan banyak endorse. Perlu diingat, saat kamu mengomentari kiriman akun lain yang kamu sukai, pemilihan kata harus sangat diperhatikan ya gengs. Untuk itu, kamu bisa berupaya untuk membagikan pemikiran mu dan cobalah untuk mempersonalisasikannya sehingga komentar itu tidak dianggap sebagai spam.

10. CTA

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa menggunakan CTA atau Call To Action atau ajakan untuk bertindak yang tepat dalam bio atau posting mu meningkatkan keterlibatan secara signifikan. Memiliki keterlibatan tinggi secara konsisten membawa mu ke lebih banyak orang dan pada akhirnya membuat mu memiliki lebih banyak pengikut. Jadi setiap kali kamu memposting, tag orang yang perlu melihat ini, lalu gunakan CTA seperti ‘bagaimana pendapat mu tentang ini?’ atau ‘Ya atau tidak?’

11. Tagging

Cara jadi selebgram dapat endorse dan terkenal yang satu ini mungkin tidak terlalu diperhatikan, tapi tetap ini perlu dilakukan. Ketika kamu bepergian ke luar negeri atau tempat - tempat lokal, keterlibatan melalui komunitas ditempat yang kamu kunjungi bisa sangat menguntungkan. Melalui geotag dan tagar lokal, libatkanlah komunitas di sekitar area tersebut atau yang berhubungan dengan itu. Karena mereka mungkin tertarik dengan postingan saat kamu berbagi dari lokasi itu.

12. Waktu Postingan

Waktu postingan juga penting supaya kamu bisa menjadi selebgram yang terkenal dan mendapat banyak endorse. Nah, untuk  memutuskan kapan waktu terbaik untuk memosting, kamu bisa melihat atau mengamati kapan waktu terbanyak pengikut mu aktif. Kamu juga bisa memprediksi kapan waktu aktifpengikut lewat jenis postingan mu. Misalnya jika postingan tersebut ditujukan untuk pelajar, kamu bisa memosting diwaktu makan siang atau waktu – waktu dimana pelajar rehat.

13. Frekuensi Postingan

Cara untuk jadi selebgram yang terkenal dan mendapat endorse ini juga masih mengenai waktu pemostingan, tapi kali ini mengenai frekuensi atau jumlah postingan dalam sehari. Jadi, gengs ! untuk menentukan frekuensi postingan akun Instagram mu, ini tergantung pada apa yang kamu posting atau jenis postingan mu juga kesediaan postingan. Tetapi kami menyarankan kamu memosting satu hingga tiga kali dalam sehari. Jangan sampai di-unfollow gara – gara keseringan mosting ya !

14. Dapatkan Pengikut

Dapatkan 100 hingga 1000 pengikut pertama mu, bagaimana caranya ? Well, kita semua memiliki teman dan keluarga kan, yang peru kamu lakukan adalah memaastikan untuk menyertakan semua orang dalam akun IG mu. Follow dan minta follow back pada teman – teman masa TK, SD, SMP, SMA, Kuliah dan semua oraang dilingkuanmu. Pengikut pertama itu penting agar kamu benar-benar bisa menyelesaikan proses dan mulai mendapatkan ritme bagaimana kamu ingin melakukan sesuatu.

15. Follow Pengikut Dari Akun Lain

Perlu kamu tau gengs, cara lain untuk membuat kamu menjadi selebgram yang terkenal dan mendapatkan endore adalah dengan mengikuti pengikut dari akun lain. Yup, sangat penting untuk mengikuti akun yang kamu kagumi atau akun yang memposting jenis item yang sama seperti jenis  item yang kamu posting di akun Instagram mu. Karena dengan begitu, kamu bisa melihat daftar pengikut mereka dan bahkan mengikuti beberapa pengikut mereka untuk menarik perhatian ke profil mu.

16. Manfaatkan Akun Medsos Lain

Cara jadi selebgram dapat endorse dan terkenal selanjutnya adalah dengan memanfaatkan akun media sosial lainnya yang kamu miliki seperti Facebook, Twitter, Path atau aplikasi Live Broadcast selain Instagram seperti Youtube. Kita tau, bahwa Instagram bisa terhubung dengan banyak aplikasi media sosial lain, nah ! manfaatkan keuntungan tersebut untuk menambah follower dan popularitas dari semua orang di media sosial mu yang lain.

17. Apa yang TIDAK harus dilakukan

Gengs, selain ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi selebgram, ada juga beberapa hal yang tidak seharusnya kamu lakukan untuk menjadi selebgram. Termasuk membeli pengikut, bertindak seperti spammer, dan mengatur ulang posting orang lain. Juga jangan kehilangan selera gaya dan kepribadian kamu sendiri di Instagram. Ingat, Instagram adalah salah satu aplikasi untuk berbagi, yang seharusnya kamu atur bukan yang mengatur mu.

18. Shoutouts Berbayar

Cara selanjutnya untuk menjadi selebgram adalah dengan menggunakan jasa Shoutouts. Jadi, kamu akan membayar pengguna sehingga dia akan melakukan shoutout atau promosi untuk akun IG mu. Tarif shoutout berbeda – beda, biasanya harga ditentukan oleh jumlah pengikut. Semakin banyak pengikut dalam sebuah akun, semakin bagus. Tapi, dalam memilih akun untuk Shoutout kamu harus memperhatikan keterkaitan akun tersebut dengan konten yang kamu buat.

19. Kolaborasi

Jika kamu memiliki cukup sumber dana, jangan takut untuk menjangkau wartawan dan publikasi media lainnya untuk ditampilkan. Jika kamu memiliki konten untuk ditawarkan pada media maka mungkin mereka akan menampilkannya di blog, situs berita, dan juga di akun Instagram dan media sosial lainnya miliki mereka. Dengan begini, kamu tidak perlu membayar untuk publikasi tapi ini akan sama – sama menguntungkan kedua belah pihak kan.
baca juga:
10 Cara Baru Mengatasi Tidak Bisa Live di Instagram
15 Istilah di Instagram yang Harus Kamu Ketahui
20 Cara Mengambil Foto Instagram yang Bagus

20. Situs Influencer

Cara Jadi Selebgram Dapat Endorse dan Terkenal

Situs Influencer pada dasarnya adalah sebuah grup Instagram dan juga platform lain, tempat pertemuan selebgram  dan pengiklan. Salah satu situs atau grup tersebut adalah SociaBuzz, dengan bergabung ke salah satu grup atau situs influencer tersebut maka kamu dapat mendapatkan endorse dengan peluang yang lebih besar. Untuk bergabung, kamu hanya perlu mendaftar menjadi ifluencer dan lengkapi profil registrasi. Setelah itu kamu akan mulai menerima penawaran > nego harga > melakukan promosi dan akhirnya menerima bayaran.


Instagram adalah salah satu platform yang luar biasa untuk menjadikan mu terkenal di tahun 2019, dan ini semua tentang memberikan konten yang berharga. Semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk berinterkasi dengan pengikut mu dan menjangkau pengikut dan mitra baru maka kamu akan semakin sukses. Memang mengikuti cara – cara jadi selebgram dapat endorse dan terkenal diatas membutuhkan perjuangan di awal, tetapi setelah kamu mencapai 1.000 pengikut, maka kamu akan mulai bersenang-senang. Keep fighting !