search-button

May 21, 2019

10 Cara Jitu Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara - cara jitu mengatasi Whatsapp tidak bisa video call. Panggilan video atau video call WhatsApp adalah apa yang di gunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi dengan teman-teman yang tinggal berjauhan atau jarang sekali bertatap muka. Meskipun fitur video call tersebut bekerja dengan baik pada sebagian besar kesempatan, tapi fitur tersebut tidak berfungsi pada beberapa kesempatan.


Jika kamu termasuk orang yang mengalami hambatan ketika menggunakan fitur video call Whatsapp, maka mungkin kamu perlu mempelajari beberapa cara sederhana yang dapat memperbaiki panggilan video WhatsApp yang tidak berfungsi di iPhone atau Android. Berikut adalah cara - cara jitu mengatasi Whatsapp tidak bisa video call yang bisa kamu lakukan.

Cara Jitu Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call

Cara Jitu Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call


1. Cek Koneksi Internet

Cara jitu mengatasi Whatsapp tidak bisa video call yang pertama, adalah dengan mengecek koneksi internet saat kamu melakukan video call. Panggilan video membutuhkan jaringan yang kuat dan oleh karena itu, kamu perlu memastikan bahwa koneksi internet berada pada posisi yang bagus. Koneksi Internet yang buruk mungkin menjadi penyebab utama di balik masalah ini. Untuk memperbaikinya, kamu bisa mematikan data seluler atau Wi-Fi di perangkat mu. Selanjutnya, restart perangkat kemudian hidupkan koneksi Internet lagi.

2. Perbarui Aplikasi WhatsApp

Jika WA tidak bisa video call HP Xiaomi mu, maka cara jitu mengatasi Whatsapp tidak bisa video call karena itu adalah dengan menjaga aplikasi Whatsapp tetap diperbarui ke versi terbaru. Karena versi aplikasi Whatsapp yang kedaluwarsa sepertinya selalu bermasalah. Misalnya, mungkin macet secara acak, berjalan terlalu lambat atau bahkan menguras baterai perangkat mu. Jadi, cobalah untuk memperbarui WhatsApp ke versi terbaru di perangkat mu. Setelah kamu memperbarui aplikasi, kamu akan dapat menggunakan panggilan video tanpa masalah.

3. Hapus dan Instal Ulang WhatsApp

Cara mengatasi WA tidak bisa VC selanjutnya adalah dengan menghapus dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Jika masalah VC WhatsApp ini datang secara tiba – tiba, maka cara jitu mengatasi Whatsapp tidak bisa video call ini cocok untuk dilakukan. Sering kali, dengan hanya menghapus aplikasi dan menginstalnya kembali bisa menyelesaikan masalah pada aplikasi lainnya di perangkat. Tetapi sebelum melakukan pencopotan aplikasi, jangan lupa untuk mencadangkan seluruh riwayat obrolan mu di WhatsApp dan aplikasi WhatsApp itu sendiri ya.

4. Perbarui OS Perangkat

Jika cara jitu mengatasi Whatsapp tidak bisa video call sebelumnya masih belum berhasil dan masih WhatsApp tidak bisa video call Xiaomi mu maka kamu bisa memperbarui OS perangkat. Untuk pembaruan pengguna iPhone kamu bisa membuka Pengaturan → Umum → Pembaruan Perangkat Lunak → unduh dan instal pembaruan yang tersedia. Dan untuk pembaruan pengguna Android kamu bisa membuka Pengaturan → Tentang perangkat → Perbarui → Periksa Pembaruan → Unduh dan Instal pembaruan yang tersedia.

5. Hapus Aplikasi yang Tidak digunakan


Cara Jitu Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call


Jika WhatsApp tidak bisa telepon atau video call, kamu bisa mencoba cara jitu mengatasi Whatsapp tidak bisa video call yang satu ini yaitu dengan menghapus aplikasi – aplikasi yang tidak sering kamu gunakan dari perangkat mu. Karena sangat mungkin terjadi perangkat mu tidak mampu memproses video call ataupun telepon dikarenakan penyimpanan yang terlalu minim disebabkan terlalu banyak aplikasi yang dipasang. Jika benar penyimpanan perangkat mu kecil, maka sebaiknya kamu menghapus beberapa aplikasi yang tidak terlalu sering atau bahkan tidak kamu gunakan lagi.

6. Restart Perangkat

Kenapa WhatsApp tidak bisa video call di HP Xiaomi ? itu mungkin karena perangkat mu perlu sedikit di segarkan. Jadi, cara jitu mengatasi Whatsapp tidak bisa video call kali ini adalah dengan merestart perangkat. Kami yakin, kamu sudah tau bagaimana caranya untuk melakukan restart pada perangkat. Yups tekan lama tombol power lalu pilih Restart/Mulai Ulang/Reboot. Jika perangkat mu dalam keadaan sedikit panas, kamu bisa mematikannya, melepas bagian baterai jika bisa lalu biarkan hingga sedikit mendingin sebelum dinyalakan kembali.

7. Force Stop dan Hapus Data

Kenapa video call WA terjeda ? mungkin itu karena aplikasi WA di perangkat mu perlu disegarkan. Yups, jika sebelumnya perangkat yang disegarkan dengan restart, maka untuk menyegarkan aplikasi WA kamu bisa melakukan force stop dan hapus data aplikasi WA. Silahkan buka Pengaturan lalu buka Aplikasi, pilih WhatsApp kemudian klik tombol Force Stop atau Paksa Berhenti dan klik juga tombol Hapus Data. Setelah melakukan force stop dan hapus data, jangan terkejut jika kamu harus log in lagi ke akun WhatsApp mu.

8. Hapus Cache

Jika WA tidak bisa video call HP OPPO mu, maka kamu bisa mencoba cara jitu mengatasi Whatsapp tidak bisa video call yang satu ini, yaitu dengan menghapus cache pada aplikasi juga pada perangkat. Jika kamu perhatikan ketika melakukan force close dan hapus data, ada tombol hapus cache juga disana. Kamu bisa mengklik tombol tersebut untuk menghapus cache aplikasi WA. Tapi jika kamu ingin menghapus keseluruhan cache perangkat kamu bisa mengakses Pengaturan > Penyiimpanan & USB > Penyimpanan Internal > Cached Data, maka secara otomatis keseluruhan cache perangkat akan dihapus.

9. Ijinkan Whatsapp di Perangkat

Cara jitu mengatasi Whatsapp tidak bisa video call selanjutnya adalah dengan mengijikan aplikasi Whatsapp dengan segala fungsinya termasuk video call di perangkat mu. Misalnya untuk melakukan video call, kamu harus mengijinkan aplikasi Whatsapp untuk mengakses kamera, membuat panggilan, juga mengakses daftar kontak telepon. Jadi, jika kamu tidak bisa melakukan video call dengan Whatsapp, silahkan buka Pengaturan > Keamanan > Perijinan / Permissions > Manage app permissions Use camera > Whatsapp. Nah dari sana, silahkan geser sakelar - sakelar ke posisi aktif atau mengijinkan.

Baca juga:
7 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul & Bunyi
7 Cara Mengatasi “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti”
4 Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp Hilang di Android

10. Reset Pabrik


Cara Jitu Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call

Cara jitu mengatasi Whatsapp tidak bisa video call terakhir dari daftar ini adalah dengan melakukan Reset Pabrik atau Factory Reset. Ingat loh ya, ini merupakan opsi terkahir ! kenapa ? karena ketika kamu memutuskan untuk melakukan reset pabrik, maka itu artinya kamu setuju untuk menghapus semua data yang ada di perangkat. Tapi dengan melakukan reset pabrik ini, kamu akan bisa memperbaiki sebagian besar masalah yang terjadi pada perangkat termasuk masalah video call tersebut. Setelah melakukan reset pabrik, silahkan download kembali applikasi Whatsapp.


Kami yakin masalah video call pada Whatsapp telah berhasil diperbaiki setelah mengikuti cara - cara jitu mengatasi Whatsapp tidak bisa video call diatas. Jadi, silahkan share kepada teman – teman lain, yang mungkin mengalami masalah yang sama dengan mu. Beritahukan mereka juga mana cara yang berhasil di perangkat mu. Selamat Puasa !