search-button

Jul 2, 2019

10 Cara Menghemat Kuota Internet di HP OPPO

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara - cara menghemat kuota internet di HP OPPO. Ada terlalu banyak hal yang dapat menghabiskan kuota data HP OPPO mu, dari mulai menjelajah web, streaming video, hingga menggunakan banyak media sosial. Jika kamu memiliki paket data tak terbatas atau punya ‘pemasok’ kuota gratis, mungkin kamu tidak akan terlalu peduli dengan seberapa besar kuota yang kamu habiskan setiap bulan atau harinya.


Tapi jika kamu harus membeli kuota data OPPO dengan uang mu sendiri, mungkin kamu harus memperhatikan besarnya kuota yang kamu habiskan setiap bulan atau harinya. Nah, dipanduan ini ada beberapa cara menghemat kuota internet di HP OPPO yang bisa kamu upayakan. Beberapa diantaranya bisa diupayakan dengan aplikasi yang tepat dan lain – lain. Selengkapnya ada dibawah ini.

Cara Menghemat Kuota Internet di HP OPPO

Cara Menghemat Kuota Internet di HP OPPO


1. Opera Browser dan Opera Mini

cara menghemat kuota internet di HP OPPO yang pertama adalah dengan menggunakan Opera Browser atau Opera Mini. Opera Browser memiliki fitur penyimpanan data yang disebut Opera Turbo. Opera Turbo dapat memampatkan konten web mu hingga 50%. Jika kamu menggunakan paket data yang sangat ketat, kamu dapat menggunakan Opera Mini sebagai gantinya.

Ini mengurangi halaman web hingga 10% dari ukuran aslinya. Keuntungan menggunakan browser untuk kompresi data adalah kamu bisa menggunakannya saat ingin menyimpan data. Kamu dapat menggunakan peramban normal saat menggunakan Wi-Fi, yup hanya beralih ke Opera jika perlu saja.

2. Nyalakan Kompresi Data di Google Chrome

Ini adalah cara menghemat kuota di HP OPPO A71 dan cara menghemat kuota internet di HP OPPO tipe lainnya. Google menyatakan opsi ini akan menghemat sekitar 50% data, bahkan kamu mungkin akan merasakan perubahan penelusuran yang jadi lebih cepat. Kamu hanya perlu membuka Chrome, klik tombol menu 3-titik dan pilih Pengaturan. Klik pada Penghemat Data dan kemudian alihkan opsi di sudut kanan atas, selesai!

3. Gunakan Opera Max

Dengan menggunakan aplikasi ini, bisa menjadi cara menghemat kuota HP OPPO A3S dan bisa menjadi cara menghemat kuota internet di HP OPPO tipe lainnya. Opera Max adalah aplikasi VPN yang menggunakan kompresi untuk mengurangi penggunaan data mu sebanyak 50%. Kapan pun salah satu aplikasi mu membuat koneksi ke internet, koneksi tersebut masuk melalui server Opera.

Mereka memampatkan data apa pun sebelum diunduh ke ponsel. Aplikasi ini memantau data seluler dan Wi-Fi, dan bekerja dengan hampir semua aplikasi, termasuk YouTube. Opera Max juga memiliki berbagai fungsi privasi. Sebagai VPN, ini memberi mu tingkat anonimitas online yang lebih tinggi, menghapus pelacak iklan dan kemungkinan masalah privasi lainnya.

4. Cache Semua Yang Kamu Bisa

Cara menghemat kuota internet di HP OPPO yang satu ini bisa menjadi cara menghemat kuota di HP VIVO Y71 juga. Aplikasi - aplikasi tertentu memungkinkan mu untuk menyimpan data secara lokal. Ini termasuk yang populer seperti Google Maps dan Google Play Music. Pastikan kamu melakukan cache konten sebanyak mungkin saat berada di jaringan WiFi. Kemudian kamu bisa keluar dan menikmati konten yang tersimpan tersebut tanpa menghabiskan kuota data berharga mu.

5. Unduh Opera Max


Cara Menghemat Kuota Internet di HP OPPO

Cara menghemat kuota internet di HP OPPO selanjutnya ini masih merupakan cara menghemat data di OPPO A71. Jika kamu ingin menghemat data atau kompresi data sistem yang lengkap maka Opera Max adalah aplikasi terbaik. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengontrol konsumsi mikro dengan memblokir aplikasi tertentu dari mengakses data melalui data seluler. Opera Max akan menunjukkan konsumsi data terperinci dari aplikasi – aplikasi tertentu.

6. Perbarui Aplikasi Menggunakan Wi-Fi Saja

Jika OPPO A37 boros kuota, kamu bisa mecoba cara menghemat kuota internet di HP OPPO yang satu ini yaitu dengan mengupayakan untuk memperbarui aplikasi hanya menggunakan Wi-Fi saja. Aplikasi – aplikasi yang ada, menerima pembaruan secara teratur dan itu adalah alasan utama OPPO untuk mengonsumsi data, jadi pastikan kamu mengaktifkan fitur ini untuk memperbarui aplikasi hanya di WIFI. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu membuka Google Play Store > Klik pada 3 bar di sudut kiri atas > Pengaturan > Perbarui aplikasi secara otomatis > Pembaruan otomatis melalui Wifi saja.

7. Hindari Streaming Konten

Ini adalah cara menghemat data di HP OPPO A71, juga cara menghemat kuota internet di HP OPPO dan merk lainnya. Streaming Konten adalah hal luar biasa yang menghabiskan sebagian besar kuota yang ada. Ini termasuk streaming video dan musik, serta gambar HD atau file GIF. Cobalah untuk menghindari itu semua jika kamu benar-benar ingin menjaga penggunaan internet mu.

Sebagai gantinya  kamu dapat memilih untuk menyimpan musik dan video secara lokal. Jika kamu benar-benar harus melakukan streaming, pastikan pengaturan pada kualitas lebih rendah dengan mengurangi resolusi di YouTube dan aplikasi streaming video lainnya.

8. Batasi Penggunaan Data Background

Di daftar cara menghemat kuota internet di HP OPPO  ini, ada cara mengatur penggunaan data di HP OPPO yaitu dengan membatasi penggunaan data background OPPO. Untuk mengaturnya, kamu hanya perlu membuka Pengaturan lalu klik Penggunaan Data. Klik pada titik-titik vertikal di sudut kanan atas, kemudian klik pada Restrict Background data use. Setelah itu, kamu hanya perlu konfirmasikan dan selesai.

9. Mengawasi Pengaturan Sinkronisasi Akun

Banyak yang menyukai sinkronisasi aktif yang dapat memberikan pemberitahuan otomatis, tetapi ini juga berarti ponsel harus terus memeriksa server untuk konten baru apa pun. Kamu juga harus menyadari bahwa banyak aplikasi dan layanan yang diatur untuk menjaga sinkronisasi secara default, dan seringkali itu bahkan tidak digunakan alias tidak penting! Jadi cara menghemat kuota internet di HP OPPO karena ini adalah dengan mengawasi opsi sinkronisasi setiap akun yang kamu punya. Cukup buka Pengaturan > Akun yang paling sering digunakan saja, sinkronkan data aplikasi – aplikasi tersebut.
Baca juga :
10 Cara Menghemat Baterai OPPO Agar Tidak Cepat Habis
10 Aplikasi HP OPPO Android Terbaik Yang Harus Terpasang
2 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Oppo

10. Tetapkan Batas Penggunaan Data Seluler


Cara Menghemat Kuota Internet di HP OPPO

Ini adalah cara menghemat kuota di HP OPPO A37, juga cara menghemat kuota internet di HP OPPO tipe lainnya yaitu dengan menetapkan batas penggunaan data seluler. Kamu dapat mengatur peringatan untuk mengingatkan mu ketika OPPO telah menggunakan sejumlah data seluler. Untuk mengatur peringatan penggunaan data seluler, kamu hanya perlu membuka Pengaturan. Klik Jaringan & internet dan kemudian Penggunaan data. Klik Penggunaan data seluler lalu Pengaturan. Kemudian klik Peringatan data, aturlah batasnya setelah itu klik Set.


Jadi begitulah, teman-teman beberapa cara menghemat kuota internet di HP OPPO. Ini hanya beberapa tips pilihan untuk mengurangi konsumsi data tanpa mengorbankan fungsionalitas terlalu banyak. Kami bisa memberi mu banyak tips lain, tetapi itu mungkin akan membuat ponsel OPPO mu jadi tidak berguna. So, silahkan gunakan cara – cara tadi, agar kamu dapat menikmati fungsi OPPO mu juga menggunakan data secara bertanggung jawab. Have a good day !