search-button

May 6, 2019

7 Cara Membersihkan Lensa Kamera HP 100% Aman

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara - cara membersihkan lensa kamera HP 100% aman. Debu, biasanya menjadi kotoran yang tak terhindarkan pada lensa HP mu. Tentu saja, banyak zat lain seperti minyak dari jari-jari mu, bekas makanan, atau apa pun yang ada di luar akhirnya dapat mengotori lensa HP mu. Debu dan kotoran lainnya, bisa menmpel di lensa depan juga lensa belakang HP.


Meski debu dan kotoran lainnya itu biasanya tidak berbahaya dan bahkan tidak terlihat dalam hasil foto. Namun, pembersihan secara berkala pada kedua lensa itu tetap perlu. Dan perlu kamu tahu bahwa membersihkan lensa itu tidak bisa asal gosok saja, ada beberapa tips dasar tentang cara membersihkan lensa kamera HP 100%. Cekidot !


Cara Membersihkan Lensa Kamera HP 100% Aman

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP 100% Aman


1. Kain Microfiber


Cara Membersihkan Lensa Kamera HP 100% Aman

Cara membersihkan lensa kamera HP 100% aman yang pertama adalah dengan menggunakan kain microfiber. Kain microfiber dibuat khusus untuk mengangkat debu dan minyak yang menempel pada lensa kamera. Kain microfiber tersebut dapat digunakan berkali – kali bahkan mungkin selama mungkin selama bertahun – tahun, asal kamu mau mencucinya secara rutin. Sebelum menggunakannya, tiuplah dulu lensa yang akan dibersihkan, agar tidak ada partikel besar yang dapat menggores lensa kamera.

2. Pasta Gigi/Odol

Cara membersihkan lensa kamera HP 100% aman selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi atau odol. Jenis pasta gigi yang bisa digunakan adalah yang berwarna putih ya gengs. Cara ini kami rekomendasikan untuk kamu yang mungkin ingin menghilangkan tanda goresan. Jadi, kamu hanya perlu mengoleskan sedikit pasta gigi pada cotton bud, lalu gosok pelan lensa dengan gerakan memutar searah jarum jam. Diamkan sebentar lalu bersihkan sisa pasta gigi dengan menggunakan sedikit air, dibantu dengan kain khusus microfiber.

3. Tisu Pembersih Khusus

Cara membersihkan lensa kamera HP 100% aman yang satu ini mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Well gengs, ada yang namanya tisu pembersih khusus yang dibuat untuk membersihkan lensa kamera. Tisu pembersih khusus tersebut, biasanya lebih tipis dan untuk sekali pemakaian. Jadi, gunakanlah tisu pembersih khusus lensa terebut alih – alih menggunakan tisu wajah yang tekstur-nya yang lebih kasar dan bisa menggores lensa.

4. Minyak Kayu Putih


Cara Membersihkan Lensa Kamera HP 100% Aman

Cara membersihkan lensa kamera HP 100% aman ini, sepertinya sudah banyak dipraktekan. Cara yang satu ini kami rekomendasikan untuk kamu yang sering menaruh HP sembarangan, dan membuat lensa HP jadi berdebu. Nah, untuk membersihkannya kamu hanya perlu selembar tisu dan tentu minyak kayu putih. Tinggal basahi saja tisu tersebut dengan minyak kayu putih kemudian gosokan secara perlahan pada lensa kamera HP.

5. Cairan Pembersih

Cara membersihkan lensa kamera HP 100% aman selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan pembersih lensa kamera, yang bisa kamu beli dengan mudah diamana - mana. Cairan tersebut tentu saja mampu mengangkat kotoran sidik jari dan lainnya tanpa menggores lensa HP. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu hanya perlu satu atau dua tetes cairan pembersih pada tisu untuk kemudian digosokan ke lensa secara lembut tanpa penekanan.

6. Hairdryer

Yups ! Cara membersihkan lensa kamera HP 100% aman selanjutnya adalah dengan menggunakan hairdryer atau pengering rambut. Dengan menggunakan pengering rambut, kamu bisa membersihkan lensa HP yang berembun. Lensa kamera HP yang berembun, biasanya akan menjadikan hasil jepretan jadi tidak optimal. Untuk membersihkannya, kamu perlu menonaktifkan HP lalu lepas baterainya. Kemudian, nyalakan hairdryer dan arahkan ke bagian sisi HP. Posisi hairdryer-nya jangan terlalu dekat dengan HP ya gengs.
Baca juga:
15 Lensa Kamera HP Tambahan Terbaik 2019
Cara Memfokuskan Kamera HP Samsung J5 (3 Langkah)
Cara Memotret Orang Melompat Dengan HP (2 Persiapan)

7. Silet


Cara Membersihkan Lensa Kamera HP 100% Aman

Ini mungkin terdengar aneh dan agak sedikit menyeramkan, tapi itu memang benar bahwa menggunakan silet adalah salah satu cara membersihkan lensa kamera HP 100% aman. Dengan silet, kami tidak akan menyuruh mu untuk menggosokannya. Tapi kamu akan menggunakan silet untuk mencongkel penutup lensa kamera, yups jika kotoran yang mengganggu hasil jepretan mu masih belum bisa bersih maka kami sarankan untuk mengganti penutup lensa tersebut. Silahkan ganti dengan yang baru atau kamu juga bisa menggunakan selotip bening sebagai penggantinya.


Demikianlah cara - cara membersihkan lensa kamera HP 100% aman. Sebenarnya, ada beberapa cara lain yang cukup aman untuk membersihkan lensa seperti menggunakan alat blower atau kuas untuk membersihkan kamera. Tapi yang kami rekomendasikan diatas adalah yang terbaik. Selamat membersihkan dan selamat berpuasa !