search-button

Sep 10, 2019

5 Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka dengan mengikuti beberapa langkah mudah ini. Sebagai salah satu aplikasi media sosial terpopuler, memasang aplikasi instagram menjadi hal yang wajib bagi para pengguna smartphone Android yang ingin selalu eksis. Tetapi memang dalam penggunaannya tidaklah selalu lancar, terkadang muncul error dan kesalahan yang menyebabkan kita tidak bisa membuka aplikasi instagram.

Kesalahan yang menyebabkan aplikasi instagram tidak bisa dibuka biasanya akan dibarengi dengan munculnya pemberitahuan seperti sayangnya instagram telah berhenti, masalah saat memulai instagram hingga terjadi kesalahan jaringan yang tidak diketahui pada instagram.  Yang pada akhirnya kita tidak bisa log in atau bahkan aplikasi instagram keluar sendiri dan menutup. Lalu bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka ini?

Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Penyebab Instagram Tidak Bisa Dibuka

Sebelum saya menjelaskan cara memperbaiki instagram agar bisa kembali terbuka dan mengupload foto atau video, kita harus mengetahui terlebih dulu alasan apa saja yang menyebabkan hal ini terjadi. Penyebab aplikasi instagram tidak bisa dibuka biasanya terjadi karena ada error didalam aplikasi tersebut seperti menumpuknya cache yang belum pernah dibersihkan. Disisi lain, kapasitas RAM smartphone yang telah penuh karena kita sedang melakukan multi-tasking pun bisa menjadi penyebabnya.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka di Android

Beberapa cara yang biasa saya lakukan untuk memperbaiki aplikasi instagram di Android ini bisa diterapkan di semua merk smartphone yang bersistem operasi Android seperti Xiaomi, ASUS, Samsung Galaxy, Oppo, LG, Vivo, Nexus, Lenovo, Smartfren Andromax, Adavn, Sony Xperia dan yang lainnya.
Instagram Tidak Bisa Dibuka di Android

1. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Instagram.
Solusi terbaik dan selalu berhasil adalah dengan memaksa aplikasi instagram berhenti agar tidak berjalan pada backround. Selanjutnya kita membersihkan data yang selama ini tersimpan di aplikasi tersebut. Caranya tap Settings » Application manager » kemudian cari Instagram. Setelah muncul tampilan Info Apl, tap tombol Force Stop dan Clear Data. Selanjutnya, buka aplikasi instagram dan log in kembali.
2. Hapus Cache Smartphone Android.
Cache yang tersimpan di android memang banyak manfaatnya. Tetapi hal ini juga bisa menjadi asalan terjadinya error seperti instagram terjadi kesalahan jaringan yang tidak diketahui. Untuk itu bersihkanlah Android dari file sampah menggunakan aplikasi cleaner seperti Clean Master.
3. Update Aplikasi Instagram.
Perbaruilah aplikasi Instagram Android agar selalu mendapatkan kinerja dan fitur-fitur terbaru. Hal ini juga akan memperkecil kemungkinan terjadinya error serta memperbaiki kerusakan yang selama ini terjadi.
Baca juga:
4. Hapus dan Install Ulang Aplikasi Instagram.
Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka di Android selanjutnya adalah dengan menghapus kemudian memasang ulang kembali dari Play store. Hapus instagram kemudian gunakan Clean Master untuk membersihkan file yang ditinggalkan. Selanjutnya barulah Anda menginstal ulang.
5. Matikan Android dan Reboot.
Tujuan dari cara terakhir ini adalah untuk memuat ulang kembali sistem Android saat  di reboot agar mudah dalam proses membuka aplikasi instagram. Caranya matikan smartphone kemudian cabut dan lepaskan microSD, baterai dan kartu sim dari slot. Diamkan selama beberapa detik setelah itu hidupkan kembali.

Dengan menerapkan solusi Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka yang telah saya jelaskan, maka aplikasi tersebut akan kembali bisa digunakan. Jika Anda memiliki masalah lain silahkan berkomentar.
Baca juga: