search-button

Apr 2, 2019

10 Cara Ganti Font Whatsapp Biar Keren

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini cara ganti font Whatsapp biar keren. Meskipun WhatsApp mendukung panggilan suara dan video, pesan atau chat tetap berfungsi sebagai yang utama. Baik itu sapaan, lelucon, atau pesan penting orang - orang lebih suka mengirimnya melalui SMS. Jika kamu ingin mengubah tampilan pesan WhatsApp mu, maka cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan memakai fungsi khusus. Tidak banyak orang tahu tentang fungsi ini, tetapi ini adalah cara cepat untuk memberikan tampilan berbeda pada obrolan mu.


Perlu kamu tau bahwa pihak WhatsApp diam-diam meluncurkan fungsi font baru yang disebut FixedSys dan FixedSys ini sangat mudah diaktifkan dengan menambahkan karakter tertentu sebelum dan sesudah kalimat di pesan WhatsApp mu. Nah ! biar kamu paham, lebih baik kamu baca dan pelajari panduan cara ganti font Whatsapp biar keren berikut ini.

Cara Ganti Font Whatsapp Biar Keren

Cara Ganti Font Whatsapp Biar Keren


1. Font Tebal

WhatsApp hadir dengan fitur bawaan yang memungkinkan kamu membuat huruf – huruf di pesan jadi tebal. Kamu dapat membuat teks tebal untuk menyorot kata – kata yang penting dalam sebuah kalimat. Untuk melakukannya, tambahkan tanda bintang (*) sebelum dan sesudah pesan. Misalnya, dalam pesan, Jangan Berisik jika kamu ingin menyorot kata Berisik, kamu perlu menulisnya seperti ini Jangan *Berisik*. Setelah kamu melakukannya, kamu akan melihat bahwa teksnya sekarang menjadi tebal.

2. Font Miring

Cara mengubah font di status WA selanjutnya adalah dengan membuat teks menjadi miring untuk menyoroti atau menekankan pada bagian penting di kalimat pesan mu. Untuk dapat memiringkan teks pada pesan WA mu, maka kamu hanya perlu menambahkan garis bawah (_) sebelum dan sesudah teks. Misalnya, dalam pesan Tolong lakukan yang _Terbaik_ untuk acara besok, setelah itu kata Terbaik akan muncul dalam huruf miring.

3. Font Dicoret

Terkadang mungkin kamu ingin membuat efek dramatis dengan mencoret teks untuk mewakili koreksi atau iterasi. Font dicoret ini bisa kamu gunakan untuk menambahkan efek teguran melalui pesan. Nah, cara untuk menambahkan baris pada teks pesan mu adalah dengan meletakkan tilde (~) di kedua sisi kata. Katakanlah kamu ingin menulis Xiaomi Adalah Perangkat Yang Tahan Lama dengan mencoret OPPO, maka kamu harus menulis teks seperti ini ~OPPO~ Xiaomi Adalah Perangkat Yang Tahan Lama.

4. Font Monospace

Selain font standar, WhatsApp juga mendukung font Monospace. Namun, tidak ada pengaturan global di WhatsApp untuk mengubah font untuk setiap teks. Kamu perlu mengubahnya secara individual untuk setiap pesan yang ingin kamu ubah font-nya menjadi font Monospace. Untuk mengubah font, lampirkan teks dalam tiga backtick (```) ingat ya backtick bukan tanda kutip dan jangan menyisakan ruang antara simbol dan teks. Cara menulisnya seperti ini ```Bagaimana kabarmu ? ```

5. Format Teks Pilihan WhatsApp

Alih-alih menggunakan cara mengganti font whatsapp lewat pintasan, kamu dapat menggunakan pengaturan bawaan yang disediakan WhatsApp. Pada ponsel Android mu klik dan tahan pesan dan pilih opsi pemformatan yang sesuai. Klik ikon tiga titik untuk melihat opsi lain. Untuk ponsel iPhone, klik dan tahan teks dan pilih opsi BIU, kemudian pilih opsi pemformatan diantara huruf tebal, miring, dicoret, dan monospace.

6. Gabungkan Opsi Pemformatan

Cara mengganti bentuk tulisan di WA selanjutnya adalah dengan menggabungkan opsi Pemformatan.  Apakah kamu tau bahwa kamu dapat menggabungkan berbagai opsi pemformatan untuk satu kata atau kalimat. Yups ! kamu dapat membuat teks yang sama menjadi tebal, miring, dan bahkan mengubah font menjadi Monospace. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu melampirkan teks dengan masing - masing simbol font atau pemformatan misalnya seperti dalam kata ini * ~ _Princess_ ~ *.

7. Ubah Ukuran Font WhatsApp

Apakah ukuran font default WhatsApp tidak sesuai dengan penglihatan mu ? Jika iya, kamu bisa mengubah ukurannya loh. Tidak seperti aplikasi lain di mana ukuran font terbatas pada font perangkat, WhatsApp menawarkan pengaturan asli untuk mengubah ukuran teks. Tapi kamu perlu tau bahwa fitur ini hanya tersedia untuk Android saja. Untuk mengubah ukuran font , ikutilah langkah-langkah berikut ini.

  • Buka WhatsApp dan klik ikon tiga titik di sudut kanan atas. Kemudian pilih Setelan dari menu, 
  • Klik opsi Chat dan klik opsi Ukuran Font. Disana pilihlah ukuran font dari tiga pilihan Kecil, Sedang, dan Besar.

8. Kirim Pesan Berwarna - warni

Trik lain yang eksklusif yaitu cara merubah warna tulisan di WhatsApp untuk perangkat Android. Namun, WhatsApp tidak secara resmi mendukung fitur ini. Kamu perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga yang disebut BlueWords, dengan bantuan aplikasi tersebut kamu dapat membuat teks jadi biru. Unduh aplikasi di perangkat mu dan masukkan teks yang warnanya ingin kamu ubah di area pengetikan. Kemudian klik opsi Biru dan sentuh pesan untuk menyalinnya. Kembali ke WhatsApp dan tempelkan atau paste teks yang kamu salin.

9. Font Bergaya

Meskipun WhatsApp tidak mendukung font lain selain Monospace, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disebutkan sebelumnya sebagai aplikasi font untuk WhatsApp. Aplikasi ini menawarkan banyak pilihan cara edit tulisan di WhatsApp memang. Cukup masukkan teks dan salin kemudian tempel ke WhatsApp. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi tersebut sebagai cara mengganti font di whatsapp story. Caranya sama dengan sebelumnya ketika menggunakan aplikasi BlueWords.
Baca juga:
7 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul & Bunyi
4 Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp Hilang di Android
5 Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp

10. Ketik Menggunakan Emoji

Apa kamu penggemar emoji ? jika iya kamu bisa menggunakan emoji untuk mengetik keseluruhan teks. Meskipun ini mungkin bukan cara yang baik untuk mengirim pesan teks ketika kamu menggunakan kalimat lengkap, tapi kamu dapat menggunakannya untuk pesan khusus. Kamu perlu mengunduh aplikasi font untuk whatsapp di perangkat Android mu yang bernama Emoji Letter Maker. Pada aplikasi, masukkan huruf dan emoji. Kemudian gunakan ikon pengaturan (plus), modifikasi dan kirimkan ke orang - orang di kontak WhatsApp mu.


Jadi itulah kesepuluh cara ganti font Whatsapp biar keren yang bisa kamu coba dan dapat kamu gunakan untuk membuat pesan WhatsApp mu jadi lebih menyenangkan. FYI, WhatsApp juga memungkinkan kamu untuk mengkustom hal-hal lain juga. Misalnya, kamu dapat mengubah latar belakang, mengatur nada notifikasi khusus untuk kontak, mengatur nada berbeda untuk grup dan bahkan mengubah warna lampu notifikasi. Have a good day !