search-button

May 31, 2018

10 Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” Di Xiaomi

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara mengatasi “sayangnya Google Paly Store telah berhenti” di Xiaomi. Play Store merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah android termasuk Xiaomi. Berbagai keperluan kita lakuakn di Play Store.


Tapi apa jadinya jika play store di Xiaomi kamu tiba-tiba sering muncul pesan “sayangnya Google Play Store telah berhenti”? Tentu akan sangat mengganggu aktifitas kita menggunakan Xiaomi ya. Dan jika hal ini terjadi pada Xiaomi kamu, maka kamu perlu tau cara mengatasi “sayangnya Google Paly Store telah berhenti” di Xiaomi.

Cara Mengatasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti Di Xiaomi 0


Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” Di Xiaomi


1. Hapus Data Cache Play Store

Caranya mudah kamu tinggal masuk ke Pengaturan kemudian cari aplikasi Play Store lalu klik, setelah itu gulirkan kebawah dan klik Hapus Cache, beres. Tindakan ini akan meringankan Play store yang mungkin sebelumnya crash gara-gara cache yang menumpuk.

2. Force Stop

Jika cara mengatasi “sayangnya Google Paly Store telah berhenti” di Xiaomi diatas tidak berhasil, coba berhentikan paksa play store. Caranya sama sperti diatas, bedanya setelah masuk ke play store di pengaturan, pilihlah force stop atau paksa berhenti.

3. Perbarui Play Store

Banyak sekali kasus munculnya pesan error ini disebabkan oleh tertinggalnya versi aplikasi. Nah mungkin saja kasus kamu sama seperti ini. Jadi silahkan perbarui play store ke versi yang paling baru.

4. Reinstall Play Store

Cara mengatasi “sayangnya Google Paly Store telah berhenti” di Xiaomi selanjutnya adalah dengan meninstall ulang Play Store. Saya sarankan untuk mencadangkan terlebih dahulu Play Store sebelum mencopot pemasangan. Setelah di copot dan aplikasi hilang, silahkan install cadangannya.

5. Copot Baterai, SIM, dan SD Card


Cara Mengatasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti Di Xiaomi 1


Tindakan ini akan membuat Xiaomi kamu “beristirahat” sejenak. Silahkan matikan Xiaomi kamu lalu buka baterai, kartu SIM, juga Kartu memorinya. Diamkan beberapa menit lalu pasang lagI semunya.

6. Copot Pembaruan

Jika di cara mengatasi “sayangnya Google Paly Store telah berhenti” di Xiaomi sebelumnya saya menyarankan pembaruan Play Store. Kali ini saya menyarankan untuk mencopot pembaruannya, kenapa ? karena jika pembaruan tidak berhasil, mungkin saja Xiaomi kamu yang tidak kompatibel dengan versi baru dari Play Store.

7. Bersihkan Cache Semua Aplikasi

Mungkin yang menyebabkan masalah ini tidak hanya bertumpuknya cache pada play store saja, mungkin juga aplikasi-aplikasi lain juga betumpuk cachenya sehingga membebani Xiaomi. Karena itu silahkan bersihkan semua cache aplikasi, untuk mempermudah gunakanlah aplikasi pembersih cache.

8. Upgrade OS Xiaomi

Cara mengatasi “sayangnya Google Paly Store telah berhenti” di Xiaomi selanjutnya adalah dengan meng-upgrade OS yang kamu gunakan di Xiaomi, karena memang biasanya vendor memperbarui OS secara berkala.

9. Restart Xiaomi

Prinsip cara ini sama dengan cara nomor lima, yups dengan merestart Xiaomi kamu akan membuatnya lebih “segar”. Caranya gampang tinggal tekan tombol power lalu pilih Restart, tunggu sampai proses selesai. Pastikan baterai kamu cukup untuk melakukan ini ya.

10. Factory Reset


Cara Mengatasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti Di Xiaomi 2


Baca Juga :
2 Cara Menghapus Akun Mi Cloud di HP Xiaomi
3 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi/Error 
10 Tips Trik Cara Menggunakan Xiaomi Redmi Note 4

Factory reset selalu jadi cara terakhir mengatasi “sayangnya Google Paly Store telah berhenti” di android manapun termasuk Xiaomi. Karena dengan factory reset artinya kamu setuju untuk kehilangan semua data yang ada pada Xiaomi dengan timbal balik Xiaomi kamu jadi seperti baru lagi.


Demikian cara mengatasi “sayangnya Google Paly Store telah berhenti” di Xiaomi. Cobalah satu persatu cara – cara diatas sampai kamu menemukan cara yang tepat untuk menghilangkan pesan error tersebut. Selamat mencoba and good luck.