search-button

Apr 24, 2019

10 Cara Cek Kerusakan HP OPPO Semua Model

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara - cara cek kerusakan HP OPPO semua model. Smartphone atau HP OPPO menjadi semakin populer saat ini dan kami yakin salah satu yang membuat OPPO semakin populer adalah kamu sebagai penggunanya. Dengan kepopulerannya saat ini, bukan tidak mungkin OPPO dapat mengambil alih pasar di masa depan. Meski begitu, OPPO tetaplah HP yang tidak luput dari kerusakan yang tidak diduga – duga.


Itu sebabnya di sini kami merasa perlu untuk memberi tahu teman – teman semua, tentang cara cek kerusakan HP OPPO semua model. Yups, cara – cara yang kami rangkum bisa kamu lakukan sendiri dirumah, lebih mudah kan daripada harus ke tukang reparasi hanya untuk sekedar mengecek kondisi HP OPPO mu. Ok, langsung cekidot aja !

Cara Cek Kerusakan HP OPPO Semua Model

Cara Cek Kerusakan HP OPPO Semua Model


1. Cek Speaker lewat Menu Settings

Cara yang pertama merupakan cara cek HP OPPO A71, khusunya dibagian speaker. Kamu dapat melakukan tes Speaker Oppo F1 juga dengan cara ini, tinggal buka saja menu Pengaturan lalu klik Suara & Getaran. Seret penggeser Ringer dan Media Volume ke kanan untuk menaikkan volume, jika volumenya masih sama setelah kamu menaikannya, itu berarti ada yang salah dengan speaker OPPO mu. Kamu juga bisa periksa waktu hening untuk memastikannya, tinggal buka Pengaturan lalu klik pada Waktu Hening. Setelah itu periksa dan pastikan bahwa mode waktu hening tidak aktif.

2. Dengan Engineer Mode

Cara selanjutnya adalah cara cek HP OPPO A37F dan juga cara cek tipe HP OPPO lainnya, kali ini kami merekomendasikan pengecekan dengan mode engineer. Untuk mengaktifkan kode ini, yang perlu kamu lakukan adalah membuka menu Phone bagian Dial Number. Disana ketikan kode *#800# , setelah itu akan muncul beberapa menu berisi indikator pengecekan. Pilihlah dari salah satu atau semua menu tesebut untuk mengecek kondisi HP OPPO mu.

3. Fisik HP OPPO

Ini adalah cara cek kerusakan HP OPPO semua model yang paling sederhana dari daftar ini, kamu tidak memerlukan alat apapun dengan cara ini. Jadi untuk mengecek apakah ada kerusakan pada HP, kamu harus memeriksa bagian luar dan dalam body HP dengan seksama. Kamu perlu tau bahwa kerusakan pada body luar akan berpotensi menyebar ke bagian lain HP.

Bagian yang harus kamu periksa adalah bagian LCD, pastikan LCD mulus dan touchscreennya masih normal dan responsive. Lalu pastikan Body HP bebas dari retak atau pecah, pastikan juga ketiga tombol keras HP (jika ada) normal ketika ditekan, tidak keras atau hampir terlepas. Selanjutnya pastikan bagian kamera, khusunya lensa kamera tidak terdapat lecet, ataupun retak.

4. Cek Baterai Menggunakan AVOMeter

Dengan menggunakan alat bernama AVOMeter, kamu bisa mengecek HP OPPO bekas yang mungkin akan kamu beli. Yups, ini adalah cara cek HP OPPO bekas semua tipe. Untuk mengecek baterai HP, kamu harus menyeting AVOMeter pada 10 volt. Kemudian hubungkan kutub positif AVOMeter ke kutub positif baterai, hubungkan juga kutub negatif AVOMeter ke kutub negatif baterai.

Standar voltage baterai HP OPPO adalah 3,7 volt, jadi ketika pengecekan baterai berlangsung, jarum pada AVOMeter harus menunjukkan minimal 3,7 volt. Jika kurang dari itu, dapat dipastikan bahw baterai HP OPPO mu bermasalah.

5. Gsam Monitor


Cara Cek Kerusakan HP OPPO Semua Model


Cara cek kerusakan HP OPPO semua model selanjutnya adalah dengan menggunakan alat untuk mengecek kesehatan baterai bernama Gsam Monitor. Ini merupakan aplikasi pihak ketiga, pengecekan yang dapat kamu monitor meliputi penggunaan daya aplikasi, penggunaan daya sejak pengisian penuh terakhir HP, dan penggunaan daya sejak layar HP terakhir kali dimatikan. Aplikasi ini juga memberi tahu mu kondisi baterai, fungsi aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai dan yang berpotensi mengurangi masa pakai baterai.

6. AVOMeter untuk Cek Konektor Baterai

Masih menggunakan AVOMeter sebagai cara cek HP OPPO A3S dan juga mengecek HP OPPO tipe lainnya. Langsung saja setting AVOMeter pada Ohm-Meter X1 setelah itu hubungkan kabel merah (+) AVOMeter ke konektor baterai kutub positif (+) dan hubungkan kabel hitam (-) di AVOMeter ke konektor kutub negatif (-).

Kemudian pastikan jarum pada AVOMeter bergerak naik dan jika jarum tidak bergerak, itu artinya kemungkinan terjadi kerusakan di jalur VBatt. Selanjuknya silahkan lakukan pengecekan ulang dengan membalik posisi kabel dan jika jarum pada AVOMeter masih tidak bergerak, itu berarti komponen HP OPPO mu ada yang error.

7. Periksa DENGAN KODE *#*#4636#*#*

Cara cek kerusakan HP OPPO semua model lainnya dari daftar ini adalah untuk memeriksa kesehatan baterai HP melalui "menu tersembunyi" bawaan. Kode *#*#4636#*#* dapat membuka "menu uji Android tersembunyi," yang dirancang untuk pemecahan masalah dasar. Disana terdapat opsi "info baterai" yang mengungkapkan detail termasuk status pengisian daya, sumber daya, tingkat pengisian daya, tegangan, dan suhu baterai.

8. Pengecekan dengan Penganalisis Baterai Asli

Menguji baterai HP OPPO juga dimungkinkan di luar tes diagnostik sederhana bawaan. Ponsel Android termasuk OPPO dilengkapi dengan penganalisis baterai asli yang memantau aplikasi mana yang menggunakan daya baterai paling banyak. Meskipun hanya informasi dasar, kamu dapat memutuskan untuk menghapus aplikasi yang menghabiskan terlalu banyak daya baterai HP OPPO mu.

Meski memang, alat ini tidak sekuat aplikasi pihak ketiga seperti Battery Doctor yang benar-benar mengelola penggunaan aplikasi pada HP. Untuk menemukan penganalisa asli, kamu hanya perlu mengakse Pengaturan > Perangkat > Baterai di ponsel OPPO mu.

9. Clean Master

Cara cek kerusakan HP OPPO semua model selanjutnya, adalah dengan menggunakan alat untuk mengecek kesehatan baterai bernama Clean Master. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memberikan notifikasi kepada pengguna tentang kondisi baterai termasuk berbagai aspek daya tahan baterai HP. Misalnya, jika aplikasi menggunakan terlalu banyak daya CPU atau daya tahan baterai yang dapat merusak baterai, maka kamu akan menerima pemberitahuan tentang itu.

Baca juga:
6 Cara Cek IMEI HP OPPO 100% Akurat Semua Model
10 Cara Menghemat Baterai OPPO Agar Tidak Cepat Habis
10 Aplikasi HP OPPO Android Terbaik Yang Harus Terpasang

10. Periksa Jaringan


Cara Cek Kerusakan HP OPPO Semua Model

Terakhir kita akan mengecek kemungkinan adanya kerusakan pada jaringan HP. Jadi untuk mengeceknya, kamu akan menggunakan cara manual. Terdapat 4 hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan tak ada bagian jaringan yang rusak, 4 hal itu adalah kartu SIM, Wifi, dan sinyal. Pertama, kamu harus memastikan kedua slot kartu SIM bisa terbaca dengan baik oleh HP.

Kedua, pastikan Wifi masih bisa digunakan dengan menghubungkannya ke hotspot dari HP atau jaringan lain. Ketiga, pastikan sinyal pada HP muncul, stabil dan tidak lemah. Yang terakhir, sebagai tambahan kamu harus cek jaringan dengan menjalankan browser, melakukan panggilan telepon atau mengirim SMS.


Sebenarnya, masih ada banyak cara cek kerusakan HP OPPO semua model dari mulai pengecekan dengan kode dan juga cara lainnya. Tapi, kami kira kesepuluh cara diatas sudah cukup. Jika kamu sudah yakin bahwa ada kerusakan pada OPPO mu, maka kamu harus cepat – cepat membawa OPPO mu ke service center OPPO untuk mendapat perbaikan. See you soon !