search-button

Mar 7, 2019

3 Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus. Dengan munculnya berbagai aplikasi perpesanan seperti Whatsapp, fitur pesan SMS secara perlahan memudar dan menjadi terlupakan. Bukan tanpa alasan, hal itu disebabkan juga oleh fitur – fitur WhatsApp yang lebih baik dibandingkan SMS. Dengan WhatsApp pengguna bisa berkirim berbagai macam file seperti dokumen, suara, dan lainnya dengan cepat juga mudah.


Ada satu lagi yang menjadi keunggulan dari aplikasi WhatsApp ini, yaitu ketika kamu tidak sengaja menghapus file dari WhatsApp, kamu masih bisa mengembalikannya loh gengs ! Ingin tau cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus ? simak panduan lengkapnya berikut ini.

Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

Cara Mengembalikan File WhatsApp Yang Terhapus


1. Google Drive

Ketika pertama membuka Whatsapp, aplikasi ini akan menyarankan untuk mengaktifkan pencadangan data ke Google Drive cloud. Karenanya, cara paling sederhana dan jelas untuk mengembalikan file whatsapp yang terhapus adalah mengambilnya kembali dari file yang disimpan di Google Drive. Nah untuk memulihkan pesan atau file dari salinan cadangan Google Drive adalah dengan menginstal ulang Whatsapp lalu buka dan masukan nomor telepon yang kamu gunakan sebelumnya. Setelah itu pilih metode pemulihan di jendela "Pulihkan riwayat obrolan" dan klik tombol "Pulihkan".

Jika kamu gagal mengembalikan file dengan cara ini, itu bisa terjadi karena beberapa alasan seperti kamu menggunakan akun Google yang berbeda bukan yang digunakan sebelumnya di Whatsapp, atau  kamu memasukan nomor telepon yang sebelumnya tidak digunakan di WhatsApp, atau kartu memori rusak atau mungkin juga karena tidak ada file cadangan pada kartu memori.

2. Memulihkan dari file lokal

Jika kamu tidak menghubungkan akun Google Drive ke Whatsapp, ada cara lain untuk mengembalikan file WhatsApp yang terhapus yaitu dengan memulihkannya dari file lokal. File dari WhatsApp itu sebenarnya dicadangkan atau disimpan di /sdcard/WhatsApp/ jadi untuk mengembalikan file – file terhapus itu, silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini.
  • Instal pengelola file, misalnya, ES Explorer atau TotalCMD.
  • Buka folder sdcard / WhatsApp / Database. Jika tidak ada, coba periksa Penyimpanan Telepon / WhatsApp / Database.
  • Pilih file yang ingin kamu pulihkan dari daftar (formatnya harus msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12). Ubah nama menjadi msgstore.db.crypt12.

3. Menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard

Baca juga:
7 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul & Bunyi
4 Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp Hilang di Android
5 Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp

Jika cadangan disimpan di komputer, kamu dapat menggunakan perangkat lunak apa pun untuk mengembalikan file whatsapp yang dihapus. Contohnya adalah EaseUS Data Recovery Wizard. Secara teori cara ini mungkin dilakukan dengan opsi "pemindaian mendalam" dan peluang keberhasilannya akan lebih tinggi jika file memang  masih ada dan waktu penghapusan belum lama. Caranya seperti ini,
  • Unduh EaseUS Data Recovery Wizard lalu pilih disk tempat kamu menyimpan cadangan,
  • Klik "Pindai" dan tunggu hingga selesai, setealh itu sortir file berdasarkan jenisnya,
  • Klik tombol "Recover" untuk mengembalikan file – file.


Itulah cara - cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus yang bisa kamu coba. FYI, selain menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lainnya seperti aplikasi SuperSU. Dan ingat ya, setelah kamu tidak sengaja menghapus file, hentikanlah aktifitas pada ponsel agar proses pengembalian berhasil.