search-button

Sep 14, 2018

7 Cara Mengatasi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti”

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara - cara mengatasi “sayangnya, pesan telah berhenti”, masalah semacam ini biasa terjadi pada banyak perangkat android seperti perangkat yang kamu gunakan saat ini. Kesalahan ini biasanya muncul ketika pengguna meluncurkan atau membuka aplikasi perpesanan default, lalu tiba – tiba pesan tertutup dengan sendirinya kemudian pesan “sayangnya, pesan telah berhenti” muncul.


Ada beberapa cara mengatasi “sayangnya, pesan telah berhenti” yang dapat kamu coba. Diantaranya mungkin mengaharuskan kamu untuk membuat cadangan semua data yang ada di perangkat kamu. Well, cara – cara tersebut telah kami kumpulkan dibawah ini, kamu hanya perlu memilih cara yang paling efektif menurutmu lalu langsung mempraktekannya.

Cara Mengatasi sayangnya pesan telah berhenti 

Cara Mengatasi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti”


1. Lakukan Reboot

Cara mengatasi “sayangnya, pesan telah berhenti” ini merupakan cara paling mutakhir untuk menghapus masalah terkait aplikasi atau firmware apa pun, me-reboot perangkat juga merupakan metode yang paling sering digunakan untuk memperbaiki gangguan ringan pada aplikasi. Ketika kamu menyalakan ulang perangkat, semua sumber daya yang sebelumnya digunakan oleh aplikasi dan layanan lain akan lebih bebas , dan membuat sistem lebih efisien.

2. Gunakan Aplikasi Alternatif

Jika aplikasi perpesanan masih menampilkan pesan “sayangnya, pesan telah berhenti” dan kamu dalam keadaan sangat perlu menggunakannya, kamu dapat mencoba alternatif aplikasi perpesanan pihak ketiga yang tersedia di play store seperti TrueCaller, mungkin ini tidak memperbaiki aplikasi pesan default kamu tapi dengan menggunakan aplikasi alternatif, kamu dapat segera mengirim dan menerima pesan, plus kamu juga dapat menikmati fitur – fitur yang disediakan aplikasi tersbut.

3. Hapus Data Pesan

Cara mengatasi “sayangnya, pesan telah berhenti” kedua adalah dengan mengosongkan cache dan data aplikasi Messaging. Tinggal buka Pengaturan, selanjutnya, klik Aplikasi dan kemudian Manajer Aplikasi, geser ke bagian tab Semua, lalu temukan dan klik aplikasi Messaging / Pesan, selanjutnya tekan tombol ‘Paksa tutup’ diikuti dengan ‘penyimpanan’, sekarang klik 'Hapus cache' dan 'Hapus data'. FYI, Proses ini mungkin akan menghapus semua pesan dari perangkat kamu.

4. Aktifkan Safe Mode


Cara Mengatasi sayangnya pesan telah berhenti

Aplikasi pihak ketiga dapat menyebabkan kesalahan ini. Untuk memastikan jika ada aplikasi pihak ketiga yang bertanggung jawab atas masalah tersebut, boot perangkat kamu ke Safe Mode / Mode Aman. Mode aman menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga dan jika perangkat kamu berfungsi dengan baik tanpa masalah apa pun setelah ini, berarti memang ada aplikasi yang harus disalahkan dan harus segera dihapus.

Untuk melakukan boot ke safe mode kamu hanya perlu menekan dan menahan tombol daya, setelah logo perangkat muncul di layar, lepaskan tombol daya tapi tetap tekan dan tahan tombol Volume turun sampai perangkat selesai melakukan booting ulang, setelah kamu melihat ‘mode aman’ di sudut kiri bawah layar, lepaskan tombol volume bawah.

5. Hapus Partisi Cache

Cara mengatasi “sayangnya, pesan telah berhenti” selanjutnya adalah menghapus partisi cache. Kamu dapat melakukan ini dengan menempatkan perangkat dalam mode pemulihan. Matikan perangkat kamu, selanjutnya tekan dan tahan tombol Power, Home, dan Volume Up bersama-sama, setelah logo perangkat muncul lepaskan tombol daya saja, setelah beberapa detik ketika logo Android muncul di layar, lepaskan semua tombol dan tunggu selama 30-60 detik, sekarang pilih opsi Wipe cache partisi dan tunggulah sampai proses diselesaikan, selanjutnya pilih ‘sistem reboot sekarang’, selesai !

6. Perbarui Aplikasi

Ada kemungkinan aplikasi pesan kamu mengalami bug dan memberikan akses backdoor ke virus, malware, dan bahkan peretas yang mencoba menembus aplikasi untuk mencuri informasi sensitif. Atau ada bug yang menyebabkan masalah kinerja, pembekuan layar atau membuatnya tidak responsif dan sering crash. Untuk itulah pengembang aplikasi memperbarui aplikasi mereka dengan patch keamanan terbaru, pembaruan fitur, dan perbaikan untuk bug yang ditemukan.

Jika kamu telah mematikan pembaruan otomatis, aplikasi Pesan akan menjadi kedaluwarsa dan menyebabkan crash. Perbaikannya adalah dengan memperbaruinya.

7. Lakukan Factory Reset

Baca Juga:
Cara Menyembunyikan Isi SMS di Android
8 Aplikasi SMS Dual SIM Android Terbaik Paling Ringan
Mudah Banget Cara Offline Facebook Messanger di Android

Jika salah satu atau semua cara mengatasi “sayangnya, pesan telah berhenti” sebelumnya gagal, maka kamu dapat mencoba metode yang satu ini. Namun, Kamu perlu memahami bahwa ini akan menghapus semua file, folder, foto, video, dan semua hal lainnya yang disimpan di ponsel kamu secara permanen. Jadi, jika kamu ingin memperbaiki masalah ini, pertama-tama kamu perlu mencadangan semua data.

Kamu dapat memindahkan semua file ke dalam Kartu SD atau ke drive eksternal agar tetap aman dan terlindungi. Setelah factory reset selesai kamu dapat memindahkan semua data kembali ke perangkat kamu.


Kami yakin salah satu cara mengatasi “sayangnya, pesan telah berhenti” diatas dapat memperbaiki aplikasi pesan kamu yang error itu. Sebenarnya kesalahan tersebut dapat dihindari jika kamu rajin membersihkan cache pada pesan dan aplikasi – aplikasi lainnya, juga dengan penggunaan yang sehat tentunya. Sekian, see you soon !