search-button

Aug 7, 2018

2 Cara Edit Video Vertikal Untuk IGTV Instagram

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Semakin populernya IGTV semakin banyak juga orang yang bertanya tentang cara edit video vertikal untuk IGTV Instagram. Video vertikal jelas merupakan fenomena baru yang dibawa oleh aplikasi – aplikasi booming salah satunya Instagram. Well kebanyakan orang telah akrab dengan video vertikal berkat Instagram Stories.

Tapi membuat video vertikal berkualitas tinggi untuk IGTV dapat sangat sulit dilakukan! Jangan risau, dibawah ini telah kami rangkum cara edit video vertikal untuk IGTV Instagram yang pasti akan membuat video kamu bisa diupload di IGTV dan ditonton oleh followers kamu!

Cara Edit Video Vertikal Untuk IGTV Instagram

Cara Edit Video Vertikal Untuk IGTV Instagram


Mungkin hal yang paling sulit untuk dilakukan saat mengambil video vertikal untuk IGTV adalah tentang rasio aspek-nya. Alasannya karena mungkin sulit untuk mendapatkan video dengan rasio yang benar ketika kamu menggunakan kamera pro, kamu mungkin perlu mengedit atau memotong video untuk mendapatkan rasio aspek yang pas untuk IGTV.

So kami sarankan untuk merekam video vertikal dengan smartphone, karena sebagian besar smartphone yang dibuat dalam 5-6 tahun terakhir memiliki rasio aspek layar 16:9. Jadi cara termudah untuk membuat video vertikal untuk IGTV adalah merekam video dengan smartphone kamu secara vertikal. Dengan begitu, video kamu akan langsung memiliki rasio aspek 9:16, yang sempurna untuk IGTV.

Tapi jika kamu harus merekam video vertikal dengan kamera pro, kami sarankan untuk memutar kamera kamu 90 derajat ke posisi vertikal bukan horizontal. Ini hanya akan membuat bentuknya saja yang vertikal sedangkan rasionya mungkin tidak sesuai. Ingatlah bahwa kebanyakan DSLR saat ini menggunakan rasio aspek 3:2, sementara sebagian besar kamera digital ringkas (point-and-shoots) menggunakan 4:3. Jadi meskipun dengan memutar kamera 90 derajat akan menghasilkan video vertikal, kamu mungkin harus mengedit rasio aspek–nya agar sesuai dengan spesifikasi IGTV.

Sebelum kita masuk ke seluk-beluk tentang mengedit video vertikal untuk IGTV, mari kita lihat sekilas spesifikasi teknis IGTV:

  • Format: MP4
  • Panjang: 15 detik hingga 10 menit untuk akun biasa; 15 detik hingga 60 menit untuk akun besar atau
  • terverifikasi
  • Ukuran: 650 MB untuk video kurang dari 10 menit; 3.6GB untuk video hingga 60 menit
  • Orientasi: vertikal atau potret
  • Rasio aspek: minimum 4: 5 dan maksimum 9:16

1. Edit Video Vertikal di Desktop

  • Langkah pertama adalah mengunduh iMovie ke PC kamu,
  • Selanjutnya, buat proyek baru di iMovie dan unggah video vertikal kamu,
  • Kemudian putar klip 90 derajat sehingga horizontal (kenapa ? karena jika tidak, iMovie akan menambahkan bagan hitam ke sisi-sisi video kamu). Untuk melakukan ini, klik tombol crop dan kemudian putar ke kiri atau ke kanan.
  • Sekarang kamu dapat melakukan pengeditan, entah itu menambahkan judul, latar belakang, transisi, atau apa pun pada video kamu, tapi yang terpenting adalah untuk menerapkan spesifikasi yang ditentukan oleh IGTV,
  • Setelah selesai mengedit klip, klik tombol ekspor di sudut kanan atas layar, dan simpan sebagai file,
  • Sekarang buka video di QuickTime, klik Edit di bilah menu di bagian atas layar, lalu putar ke kiri atau ke kanan sehingga video kamu menjadi vertikal lagi. Selesai !

Jika kamu menggunakan komputer Windows dan tidak dapat menggunakan iMovie, kamu bisa mencoba OpenShot, VideoPad, atau Movie Maker caranya hampir sama kok.

2. Edit Video Vertikal di Ponsel

Untuk mengedit video vertikal di ponsel, kamu memiliki beberapa opsi berbeda tergantung pada sistem operasi-nya. Bagian berikut membahas cara edit video vertikal di iOS dengan RFV dan iMovie seluler, tetapi jika kamu adalah pengguna Android, kamu dapat menggunakan aplikasi Google photo atau Perpect Video.
Baca Juga:
4 Cara Upload Video IGTV Instagram Dengan Mudah
6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Di IGTV
Kenapa Tidak Bisa Upload Di IGTV ?

  • Langkah pertama adalah mengunduh RFV (Rotate & Flip Video) di App Store,
  • Setelah mengunduh aplikasi, buka video vertikal kamu lalu putar 90 derajat,
  • Sekarang klik "Simpan" dan video baru yang telah dirotasikan harus disimpan ke penyimpanan Kamera kamu,
  • Selanjutnya, buka atau unduh iMovie, buat proyek dan unggah klip kamu,
  • Sekarang silahkan edit sesuai keinginan kamu, jangan lupa untuk menerapkan spesifikasi video IGTV yang kami sebutkan di awal ya!,
  • Setelah selesai mengedit, ekspor kembali video ke penyimpanan Kamera kamu, buka kembali dengan RFV, dan putar kembali ke vertikal. Selesai !


Setelah kamu tahu cara edit video vertikal untuk IGTV Instagram, sekarang saatnya menerapkan kiat-kiat tersebut! Bagi kamu yang baru pertama kali ‘berurusan’ dengan hal – hal semacam editing ini, mungkin akan sedikit kesulitan. Tapi lama kelamaan akan semakin mudah kok. Happy Editing !