search-button

Sep 10, 2018

10 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Cara mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti”. Kamu mungkin salah satu yang sering mengalami masalah ini saat membuka kontak pada android. “Sayangnya, kontak telah berhenti” muncul sebagian besar disebabkan karena cache yang disimpan Google+ pada penyimpanan lokal untuk mempercepat proses unduh ulang dari server Google+ dan dapat mengurangi beban atau ketika aplikasi / pengaturan kedua menjadi tidak kompatibel.


Masalah “Sayangnya, kontak telah berhenti” ini sangat terkait secara khusus dengan Google+. Kesalahan ini juga terjadi biasanya ketika server dan perangkat tidak sinkron, contohnya adalah jika sesuatu telah diperbarui di server namun ponsel masih mencari ke penyimpanan lokal (cache). Untuk memperbaikinya, mari kita pelajari cara mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti” berikut ini.

Cara mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti”


Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”


1. Bersihkan Cache Kontak

Silahkan buka Pengaturan lalu buka Manajer Aplikasi geser ke Semua kemudian cari dan klik pada Kontak, setelah itu klik Clear Cache lalu klik Hapus Data, beres. Jika cara ini belum memperbaiki masalah, silahkan ikuti cara selanjutnya.

2. Copot Google+

Di banyak perangkat, mencopot pemasangan aplikasi Google+ akan dapat menjadi cara mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti”. Jadi jika memungkinkan silahkan copot Google+ pada ponsel kamu. Karena seperti yang saya katakan masalah yang terjadi pada kontak kemungkinan besar disebabkan karena aplikasi Google+.

3. Setel Ulang Preferensi Aplikasi

Jika kamu salah satu yang mengalami "kontak telah berhenti" setelah perangkat mengalami pembaruan aplikasi, maka kamu harus mengatasinya dengan mengatur ulang izin aplikasi. Buka Pengaturan lalu buka Aplikasi (manajer aplikasi) kemudian klik tiga titik di kanan atas, setelah itu klik "Setel ulang preferensi aplikasi" kemudian secara opsional, pilih "Setel ulang aplikasi default".

4. Hapus Voicemail

Terkadang kesalahan ini muncul ketika kamu memiliki banyak voicemail yang disimpan di perangkat. Dan banyak orang yang lupa bahwa pesan suara yang telah dihapus sebenarnya masih ada di folder voicemail "dihapus" dan cara mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti” karena ini adalah dengan mengosongkannya untuk benar-benar menghapus voicemails.

5. Ubah format Tanggal / Waktu


Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti

Ini aneh, tapi nyatanya banyak pengguna smartphone yang berhasil memperbaiki masalah kontak ini hanya dengan mengedit format waktu dari pengaturan tanggal & waktu. Well, kamu juga bisa mencobanya.

6. Restart Ponsel

Jika cara – cara diatas masih belum bisa memperbaiki masalah kontak kamu, coba restart ponsel kamu. Cara mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti” ini dapat berhasil jika penyebab dari masalah kontak pada ponsel kamu adalah crash. Ini juga dapat memperbaiki masalah aplikasi- aplikasi serupa loh guys.

7. Unistall Aplikasi Ketiga

Mungkin penyebab dari munculnya pesan “sayangnya kontak telah berhenti” di ponsel adalah karena aplikasi ketiga yang kamu install baru – baru ini. So coba uninstall aplikasi tersebut dan coba buka lagi kontak, mungkin sudah tidak error seperti sebelumnya.

8. Aktifkan Safe Mode

Cara mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti” ini masih berkaitan dengan aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan kontak menjadi error. Selain mencopot pemasangannya kamu juga dapat mengaktifkan Safe Mode pada ponsel kamu, dengan mengaktifkan safe mode kamu akan mengetahui mana aplikasi yang menyebabkan kontak menjadi error.

9. Hapus Cache Ponsel

Jika kamu mulai mengalami masalah ini setelah memperbarui software Android, maka ada kemungkinan cache ponsel mengalami kerusakan. Dalam hal ini, tindakan terbaik adalah membersihkan semua cache ponsel. Tetapi jangan khawatir, melakukan ini tidak akan membahayakan ponsel ataupun menghapus aplikasi, gambar, musik, dan kontak apa pun.

10. Lakukan Factory Reset


Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti

Baca Juga :
4 Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp Hilang di Android
Cara Menampilkan Kontak Xiaomi Semua Seri
Cara Hapus Kontak Teman di Line Sekaligus (UPDATED)

Ini merupakan cara mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti” terakhir untuk memperbaiki kontak ponsel yang tiba – tiba error. Yups kamu harus melakukan factory reset, dan dengan melakukan ini kamu akan membuat ponsel kamu menjadi seperti baru lagi guys.


Salah satu cara mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti” di atas berhasil pada sebagian besar pengguna, dan semoga itu juga berhasil memperbaiki kontak ponsel kamu yang error ya guys. Selamat mencoba and good luck !