search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Mengatasi Kamera Tidak Terhubung Di Lenovo

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Cara mengatasi kamera tidak terhubung di lenovo. Kualitas kamera yang ditawarakan oleh salah satu vendor kenaam Lenovo, memang sudah sangat-sangat memenuhi kebutuhan kualitas kamera konsumennya. Berbagai fitur kamera telah disematkan pada setip seri yang di pasarkan Lenovo.

Tapi yang namanya gadget, ada saja masalahnya. Apalagi masalah atau error pada kamera yang notabennya termasuk aplikasi yang paling sering digunakan. Salah satu bentuk error yang pada kamera adalah munculnya pesan error “Kamera tidak bisa terhubung”, untuk itu saya telah menyiapkan 10 cara mengatasi kamera tidak terhubung di Lenovo berikut ini.

Cara Mengatasi Kamera Tidak Terhubung Lenovo


Cara Mengatasi Kamera Tidak Terhubung Di Lenovo


1. Hentikan Aplikasi Di Background

Salah satu penyebab tidak bisanya kamera Lenovo untuk terhubung adalah “sibuk-nya” Lenovo itu sendiri. Yang dimaksudkan sibuk disini adalah terlalu banyaknya aplikasi yang dijalankan oleh Lenovo dalam satu waktu sekaligus, sehingga membuatnya kesulitan untuk membuka kamera. So silahkan tutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di background.

2. Hilangkan Virus

Cara mengatasi kamera tidak terhubung di lenovo selanjutnya adalah dengan membersihkan virus yang mungkin menjangkiti kamera Lenovo kamu. Kamu bisa mengunduh aplikasi pembersih virus di Play Store, dan pilih aplikasi pembersih yang terpercaya ya.

3. Bersihkan Cache Kamera

Cache yang lama tidak dibersihkan akan mengakibatkan penumpukan dan pada akhirnya akan membuat kamera tidak bisa dibuka. Karena itu rutinlah untuk membersihkan cache khusunya kamera. Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih cache yang bisa di unduh di Play Store.

4. Berhentikan Paksa Kamera

Untuk memberhentikan paksa kamera, silahkan buka Setelan>Aplikasi>Semua, kemudian cari dan buka Kamera, setelah itu tekan tombol Force Stop. Tenang, setelah melakukan ini kamu tidak akan kehilangan kamera-nya kok.

5. Hapus Data Aplikasi


Cara Mengatasi Kamera Tidak Terhubung Lenovo clear data


Jika cara mengatasi kamera tidak terhubung lenovo di atas belum ada yang berhasil. Cobalah untuk menghapus data-data kamera, caranya sama seperti akan force stop, bedanya disini kamu pilih Hapus Data bukan Force Stop.

6. Restart Lenovo

Cara ini juga dapat memperbaiki berbagai error yang terjadi pada berbagai aplikasi yang bermasalah pada Lenovo kamu. Dengan catatan masalah tersebut terjadi dikarenakan crash software ringan.

7. Pasang Kamera Unduhan

Cara mengatasi kamera tidak terhubung di lenovo ini mungkin tidak akan memperbaiki langsung kamera kamu yang error. Tetapi dengan memasang kamera unduhan dari play store seperti B612 dan kawan-kawannya, akan membantu kamu untuk tetap dapat mengambil gambar.

8. Factory Reset

Ketika melakukan factory reset, maka kamu akan kehilangan  seluruh data pada Lenovo kamu. Tapi sebagai gantinya kamu akan mendapatkan Lenovo kamu seperti baru kembali, tentu saja kamera kamu juga akan baru lagi.

9. Flashing Firmware

Mungkin saja yang menjadi penyebab dari error-nya kamera Lenovo kamu adalah firmware Lenovo yang penuh dengan bugs. Yups hal ini akan menyebabkan sistem tidak bisa berjalan dengan baik, karena itu silahkan flasing ulang firmware kamu ya.

10. Service Center


Cara Mengatasi Kamera Tidak Terhubung Lenovo service center


Baca Juga :
10 Aplikasi HP Lenovo Android Terbaik yang Harus Terpasang
10 Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Di Lenovo
Cara Masuk Recovery Mode Semua Type Lenovo Android

Cara mengatasi kamera tidak terhubung di lenovo yang terakhir adalah dengan membawanya ke service center. Karena mungkin munculnya pesan error “can’t connect to camera” ini disebabkan oleh hardware yang rusak. Pihak service center akan memberitahu kamu jika memang ada hardware rusak dan harus diganti.


Pada dasarnya sebagian besar kerusakan pada gadget itu disebabkan oleh perlakuan pengguna pada gadgetnya sendiri, so gunakanlah gadget-gadegt kamu secara “sehat” ya. Demikianlah cara - cara mengatasi kamera tidak terhubung di lenovo, semoga dari salah satu cara di atas dapat memperbaiki kamera Lenovo kamu yang error ya. See you soon