search-button

May 29, 2018

10 Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Di Lenovo

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Lenovo. Sangat menjengkelkan memang ketika kita ingin berfoto tiba-tiba muncul pesan “sayangnya kamera telah berhenti” pada layar Lenovo kita. Apalagi jika error tersebut menjadi sering muncul.


Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Kabar baiknya saya telah menulis solusi dari faktor-faktor yang menyebabkan errornya kamera Lenovo kamu. Langsung saja kita simak 10 cara mengatasi  “sayangnya kamera telah berhenti” di Lenovo.


Cara mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di Lenovo 0

Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Di Lenovo


1. Bersihkan Cache

Bertumpuknya cache dapat memberatkan RAM Lenovo kamu. Dan ini dapat berdampak pada penurunan kecepatan aplikasi-aplikasi yang terdapat didalamnya. Bahkan bisa menyebabkan crash dan munculnya pesan error tersebut.

Satu-satunya jalan untuk mengatasinya adalah dengan segera membersihkannya. Kamu bisa membesihkannya dengan manual atau dengan aplikasi pembersih cache.

2. Hapus Data Kamera

Cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Lenovo yang kedua adalah dengan menghapus data kamera tersebut. Dengan menghapus datanya, maka kamera akan seperti baru lagi dan pesan tersebut bisa hilang.

3. Force Stop

Beberapa aplikasi mungkin mengalami crash, begitupun dengan kamera Lenovo kamu. Cobalah untuk melakukan tindakan force stop pada kamera sebagai upaya menghilangkan pesan error “sayangnya kamera telah berhenti” di Lenovo kamu.

4. Non Aktifakan Sementara

Caranya gampang kamu tinggal buka Pengaturan>Aplikasi>Semua>Kamera>Non aktif, tunggu beberapa menit lalu aktifkan kembali. Semoga ini bisa jadi cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Lenovo kamu.

5. Unroot Lenovo


Cara mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di Lenovo 1


Jika sebelumnya Lenovo kamu pernah di root, mungkin ini yang jadi penyebab errornya kamera Lenovo kamu, sebaiknya normalkan kembali atau unroot. Caranya gampang, kamu tinggal buka aplikasi root lalu pilih unroot.

6. Close Aplikasi Di Background

Cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Lenovo selanjutnya adalah dengan menutup aplikasi di background. Seperti yang saya katakan, munculnya pesan error “sayangnya kamera telah berhenti” itu bisa disebabkan karena terbebaninya RAM. Salah satu penyebab RAM terbebani adalah terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan di background.

7. Uninstall Kamera Ketiga

Banyak sekali aplikasi-aplikasi kamera yang dapat kita download sekarang ini. Meskipun aplikasi kamera tersebut cocok dengan Lenovo kamu, mungkin saja aplikasi tersebut tidak stabil dengan kamera utama kamu. So sebaiknya copot kamera ketiga tersebut.

8. Perbarui OS Lenovo

Sangat mungkin errornya kamera kamu disebabkan versi OS yang tertinggal. Silahakan kamu cek update-an OS di Lenovo kamu, dan jika memang ada versi terbaru segeralah untuk memperbaruinya. Ini akan menjadi cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Lenovo kamu.

9. Istirahatkan Lenovo

Bukan hanya manusia saja yang dapat mengalami kelelahan, ternyata Lenovo kamu juga bisa. Dan ini dapat menyebabkan errornya kamera, sebaiknya matikan Lenovo kamu lalu lepaskan baterai, kartu SIM, dan SD cardnya. Simpan beberapa menit sebelum kamu memasangnya kembali.

10. Factory Reset


Cara mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di Lenovo 2


Baca Juga:
10 Aplikasi HP Lenovo Android Terbaik yang Harus Terpasang
Cara Masuk Recovery Mode Semua Type Lenovo Android 
10 Cara Menghemat Baterai Lenovo Agar Tidak Cepat Habis

Factory reset menjadi cara terakhir mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Lenovo kamu. Pasalnya dengan melakukan ini, berarti kamu siap untuk kehilangan semua data yang ada pada Lenovo. Tapi kabar baiknya kamu akan mendapatkan kondisi Lonovo kamu seperti baru lagi.


Semoga salah satu dari kesepuluh cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Lenovo tersebut dapat berhasil ya. Dan kamu dapat berfoto-foto ria lagi dengan aman tanpa ada gangguan dari pesan error tersebut. Selamat mencoba and have a good day