search-button

Nov 4, 2016

10 Penyebab dan Cara Agar Android Tidak Boros Baterai

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Kenapa baterai android cepat habis? Pertanyaan seperti ini akan sering muncul dan sudah menjadi permasalahan yang dihadapi oleh para pengguna handset android. Tentu anda akan sering mengalami cepat habisnya baterai jika android anda terus digunakan selama beberapa jam tanpa henti. Selain hal ini dapat membuat baterai android cepat habis juga dapat mengakibatkan panas karena energi yang dimiliki baterai digunakan oleh banyak aplikasi secara aktif yang tidak anda atur. Dan berikut adalah penyebab dan cara mengatasi agar android tidak cepat habis baterai dan boros.

Solusi Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis

  1. Aplikasi tidak diperbaharui.
    Aplikasi yang anda gunakan setiap hari akan menerima bug report dari ribuan pengguna, tujuannya untuk memperbaiki  aplikasi tersebut dan untuk mengatasi masalah lain yang akan membuat kinerja performa handset android anda agar tidak terlalu berat, tentu saja akan berdampak pada energi yang harus dikeluarkan baterai untuk aplikasi tersebut. Caranya, buka aplikasi Google Play Store lalu tap Menu, tap My App.
  2. Gunakan WiFi matikan jaringan SIM Card.
    Smartphone banyak digunakan secara aktif untuk tujuan mengakses internet, akan sangat jarang anda melakukan sms atau telepon karena memang sering berkomunikasi secara online baik melalui chat maupun email. Jika anda sedang nongkrong atau berada ditempat kerja yang memiliki koneksi WiFI yang bagus, matikan jaringan sim card anda. Dan sebaliknya, jika anda sedang berada jauh dari tempat WiFi, jangan biarkan tablet android anda mencari WiFi secara otomatis.
  3. Matikan aplikasi yang berjalan di background.
    Ada begitu banyak aplikasi yang berjalan di background, untuk itu matikan atau disable aplikasi tersebut yang memang benar-benar tidak anda butuhkan dan tidak digunakan. Caranya tap Setting > Apps > Running service lalu pilih aplikasi mana yang hanya mengambil energi baterai tetapi tidak anda gunakan.
  4. Display/Screen timeout dan Brightness.
    Atur waktu layar untuk tidak menampilkan tampilan layar android yang mengambil waktu terlalu lama. Misal cukup hanya atur sekitar 15 detik. Kemudian ubah tampilan kecerahan dari layar tersebut secara manual. Jangan dilakukan secara otomatis.Caranya tap Setting > Display.
  5. Buang widgdet di homescreen.
    Anda tidak pernah tahu bahwa hal inipun dapat membuat baterai anda cepat habis. Bunglah widget yang tidak sering anda gunakan. Caranya tap pada layar homescreen selama 2 detik, lalu tap dan masukkan widget yang ingin ingin anda buang kedalam gambar tong sampah.
    Agar Android Tidak Cepat Habis Baterai
  6. Atur waktu kunci pattern otomatis.
    Jika saat ini anda sedang benar-benar menggunakan android untuk dua jam kedepan jangan dilakukan kunci otomatis dengan waktu yang singkat. Sebaliknya, jika anda hanya menggunakan secara bebrapa menit, aturlah waktu kunci otomatis secara singkat.
  7. Aktifkan Airplane Mode/ Mode Penerbangan.
    Perhatikan pada bar sinyal, apakah android anda menangkap kualitas sinyal yang stabil atau tidak? Aktifkan mode tersebut jika anda sedang berada pada area yang menangkap sinyal lemah agar android anda tidak memaksakan diri untuk mencari sinyal sehingga akan mengambil energi tambahan dari baterai.
  8. Pengaturan Sync.
    Ini dia yang benar-benar akan membuat baterai Android boros. Banyaknya aplikasi chat, email dan cloud storage yang di sinkronisasi secara otomatis. Dari mulai facebook, BBM, skype, whatsapp, line atau dropbox belum lagi aplikasi yang mengambil lokasi GPS dari tempat anda saat ini berada. Pilih lalu atur sync terhadap aplikasi yang memang anda aktif menggunakannya. Caranya tap Setting > Account and sync lalu centang pengaturan agar tidak otomatis.
  9. Gunakan aplikasi baterai.
    Cari lalu pasang aplikasi yang dapat memonitor lamanya baterai anda akan hidup. Tidak ada aplikasi yang bisa menghemat baterai, semua aplikasi tersebut hanya memonitor dan memberikan saran apa yang harus anda lakukan agar baterai bisa hidup lebih lama. Salah satu favorit saya adalah Easy Battery Saver.
  10. Matikan GPS.
    Matikan penggunaan satelit atau GPS karena hal ini akan mengambil energi extra dari baterai. Smartphone android anda akan dicari oleh satelit. Tentu saja setiap pergerakan yang anda lakukan dicatat secara otomatis dengan menggunakan akses internet. Sebaiknya anda melakukan hal ini ketika anda sedang berada didalam ruangan dan tidak sedang berjalan. Takutnya jika tablet anda hilang maka tidak bisa dicari jika GPS dimatikan. Caranya tap Setting > Location and security lalu tap agar tidak tercentang pengaturannya.
Itulah cara mengatasi baterai Tablet dan Smartphone Android cepat habis dan beberapa penyebabnya yang bisa anda lakukan untuk memperpanjang dan menghemat baterai yang anda gunakan setiap hari.