search-button

Sep 14, 2016

12 Cara Jitu Mengatasi Android Cepat Panas

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Mengatasi Android agar tidak cepat panas dapat dilakukan dengan beberapa tips mudah berikut ini. Sebagai pengguna smartphone Android, entah itu dari merk Samsung, Xiaomi, Lenovo, Sony, Acer, ASUS dan merk lainnya, pasti tidak akan terlepas dari masalah terjadinya cepat panas. Wajar saja, jika ponsel Android yang sedang kita gunakan mengoperasikan abanyak aplikasi atau multi tasking, hal ini juga dapat berpengaruh terhadap terjadinya Android cepat panas.

Penyebab Android cepat panas bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah memainkn game online yang cukup berat karena mengambil banyak daya baterai dan koneksi internet yang cepat. Disis lain, Anda sangat hobi memainkan game tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasi Android cepat panas? Simak beberapa trik berikut ini.

Mengatasi Android Cepat Panas

Cara Agar Android Tidak Cepat Panas

  1. Jangan Menggunakan HP Android Ketika Mengisis Daya.
    Tinggalkan kebiasaan yang satu ini yang justru akan menyebabkan baterai ponsel tidak awet dan cepat mengembung. Jika sudah begitu, maka ketika Android selesai diisi ia akan mudah panas dan mudah cepat habis daya baterainya.
  2. Menutup Aplikasi Yang Berjalan Pada Background.
    Agar Android tidak cepat panas, sebaiknya Anda menutup aplikasi yang sedang tidak digunakan. Selain untuk menghemat daya baterai, hal ini juga dapat berpengaruh dan menjadi penyebab cepat panasnya Android.
  3. Menonaktifkan Sinkronisasi.
    Pilih aplikasi dan fitur Android apa yang benar-benar penting untuk memabantu aktifitas Anda. Dengan menonaktifkan sync secara keseluruhan maka Android tidak akan cepat panas dan lebih menghemat paket data internet. Caranya masuk ke Setting » Account and Sync. Jangan centang fitur yang tidak dibutuhkan.
  4. Jangan Mengaktifkan Wifi.
    Matikan wifi dan jangan biarkan hp Android mencari koneksi wifi public secara otomatis. Sebaiknya Anda mengaktifkannya ditempat atau area wifi yang sudah Anda ketahui. Tujuannya agar Android tidak memindai setiap tempat yang Anda kunjungi sehingga menyebabkan Android cepat panas.
  5. Disable Pemberitahuan Dari Aplikasi.
    Meskipun pengaruhnya sangat kecil namun hal ini dapat Anda coba sebagai cara agar android tidak cepat panas. Contohnya, aplikasi Play Store memiliki fitur dimana ia akan memberitahukan kepada Anda jika ada aplikasi yang dapat di update. Anda bisa melakukannya secara manual agar tidak memberatkan Android.
  6. Ganti Baterai.
    Perhatikan apakah baterai boros cepat habis tanpa bermain game atau baterai sudah menggelembung. Jika Anda sudah mengetahuinya, segeralah ganti dengan baterai original yang baru.
  7. Gunakan Aplikasi Offline.
    Cari dan pasanglah aplikasi yang memiliki fitur offline. Sebagai contoh, jika Anda sering pergi ke tempat yang jarang dikunjungi, lebiha baik download terlebih dahulu peta Google Maps dirumah dan jangan digunakan secara online ketika berkendara. Dengan begitu, aplikasi Google Maps bisa digunakan tanpa konesi internet dan merupakan salah satu cara agar android tidak panas.
  8. Ganti Kartu Memori (MicroSD).
    Kartu memori yang sudah corrupt akan memberatkan dan membuat kinerja Android semakin lambat. Artinya, Android membutuhkan proses loading lebih lama untuk membaca data yang tersimpan didalamnya dan akan membuat hp cepat panas. Beli kartu micro SD baru yang memiliki class 8 atau class 10.
  9. Perbaharui Software dan Aplikasi.
    Jika update versi Android terbaru sudah tersedia bagi smartphone Android Anda, segeralah untuk memperbaharuinya. Begitu pun terhadap aplikasi yang sudah terpasang. Jika aplikasi selalu up to date, maka hal ini adalah salah satu cara mengatasi Android agar tidak cepat panas.
  10. Memasang Aplikasi Penghemat Baterai.
    Beberapa produk smartphone Android yang sudah beredar dipasaran sudah memiliki teknologi untuk menghemat dan mempercepat pengisisan daya baterai. Jika smartphone Anda belum memilikinya, gunakan salah satu aplikasi penghemat baterai favorit saya yakni Greenify.
  11. Root.
    Jika Android telah di root, maka Anda dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan kinerja bahkan mengatasi Android yang cepat panas. Dalam artian, aplikasi bawaan yang sering berjalan pada background dapat Anda hapus setelah di root.
  12. Factory reset.
    Saya sering memasang dan menghapus berbagai aplikasi untuk diuji dan direkomendasikan di blog ini. Hingga akhirnya, Android menjadi cepat panas dan lelet. Akhirnya setelah saya melakukan factory reset, Android pun kembali berjalan dengan baik dan normal. Saya berkesimpulan, banyaknya file yang tersisa atau residual file dari aplikasi yang telah dihapus mengkin menjadi penyebabnya.

Dengan melakukan beberapa tips dan cara seperti yang saya jelaskan diatas, diharapkan Anda berhasil mengatasi Android cepat panas.