search-button

Feb 2, 2017

10 Tips dan Trik Drone Dji Phantom 4, Ayo Terbang

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Kumpulan Tips dan Trik Dji Phantom 4 bagi para pilot agar semakin menambah pengalaman saat terbang. DJI Phantom merupakan seri drone yang mendongkrak popularitas masa kini, pada bulan Maret 2016 DJI Phantom merilis produk drone terbaru yaitu Phantom 4. Produk terbaru ini merupakan inovasi dari seri sebelumnya yang lebih canggih, mewah dan super kompleks, hal itu dapat dilihat dari Kecepatan terbang Drone DJI Phantom4 yaitu mencapai 70 km/jam dengan bantuan sport mode.

Phantom 4 memiliki banyak keunggulan dari fitur yang melengkapinya sehingga memudahkan para pengguna khususnya bagi para pemula. Untuk itu pada pembahasan kali ini saya akan memberikan sedikit Tips dan Trik Terbang Menggunakan Drone DJI Phantom 4, sehingga dengan begitu Anda akan lebih mengenal lebih dalam lagi mengenai kemampuan apa saja yang dimilikinya.

Tips dan Trik Drone Dji Phantom 4

Tips dan Trik Saat Menggunakan Drone DJI Phantom 4

Bagi seorang pilot pemula maupun profesional, hal terpenting adalah mengetahui fitur apa yang dimiliki oleh drone Anda tersebut. Apakah drone tersebut akan digunakan untuk Aerial photography, Aerial Videograpy maupun sekedar bermain saja.

1. Desain stylist, Sleek, dan Compact

Desain Drone Phantom 4 pada dasarnya hampir sama dengan seri sebelumnya, hanya saja yang membedakan yaitu terdapat elemen-elemen pada phantom 4 yang memberi kesan stylist, sleek dan compact. Seri terbaru ini dirancang dengan menggunakan material plastic shell dengan bentuk quadcopter sehinga mampu menampilkan impresi aerodinamik dan kokok.

Pada phantom 4 ini juga ditambah dengan carrying case yang memiliki ruang untuk charger, remote, baling-baling dan juga sepasang baterai. Selain memberikan kesan compact, carrying case memberikan kesan tidak membawa.

2. Kamera

Tips Drone DJI Phantom 4 yaitu karena seri ini dilengkapi dengan lensa kamera sebesar 12 MP dan sensor berukuran 1/23 inci dan dilengkapi juga dengan lensa khusus yaitu 3-Axis gimbal yang mampu mereduksi segala efek getaran selama terbang, dengan kapasitas sebesar itu sehingga kamera ini mampu mengambil gambar mencapai ISO 1600.

Kemudian untuk rekaman Video memiliki resolusi 4K dengan ISO 320 dengan frame rate 30 fps atau full-HD dengan 120 fps. Dengan kemampuan kamera untuk mengambil gambar secara professional maka itu akan memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda. Pastikan Anda mengaturnya saat sedang terbang.

3. Tapfly

Phantom 4 juga dilengkapi dengan fitur tapfly yang bertujuan memudahkan untuk mengontrol drone supaya segera terbang. Jadi dengan satu kali tap, maka drone akan segera terbang menuju tempat yang sudah ditentukan oleh pengguna sebelumnya bahkan dengan adanya fitur tapfly membuat drone mampu terbang ke segala arah tanpa adanya halangan.

4. Active Track

Fitur ini berfungsi untuk melakukan tracking pada objek yang bergerak tanpa menggunakan GPS tracking, Sehingga dengan adanya active track pada Phantom 4 maka drone seri ini mampu mengikuti objek secara otomatis dan merekamnya dengan mengikuti setiap gerakan objek tersebut, sehingga dengan begitu pengguna tidak perlu mengendalikan secara manual.

Tips menerbangkan Phantom 4 menggunakan fitur active track pastikan area atau lokasi bersih dari pohon yang dapat mengganggu. Dalam penggunaannnya phantom 4 akan mengunci objek yang sudah ditentukan oleh pengguna melalui DJI go app, jadi setelah menguncinya kemudian drone akan secara otomatis memulai tracking dengan jarak yang aman.

5. Baterai

Tips selanjutnya terkait Phantom 4 yaitu karena Kemampuan terbang Drone DJI Phantom 4 hingga 28 menit dengan jarak mencapai 5 km untuk satu kali pengisian daya baterai, sehingga memiliki waktu yang lebih lama untuk terbang bila dibandingkan dengan seri sebelumnya yaitu Phantom 3. Pastikan Anda memiliki dan membawa baterai cadangan DJI Phantom 4 saat ingin terbang terutama di lokasi yang cukup jauh dari rumah.
Baca juga:

6. Sense and Avoid

Drone DJI Phantom 4 dilengkapi dengan sepasang sensor yang terletak pada dua kaki depannya. Hal ini bertujuan sebagai mata tambahan, sehingga phantom 4 ini mampu menghindari segala hambatan atau rintangan ketika sedang terbang.

Jadi jika pengguna lalai terhadap objek yang akan menghalangi laju phantom 4, maka secara otomatis sensor tersebut akan merespon untuk menghindarinya. Selain mampu menghindari segala hambatan, sensor tersebut juga dapat berfungsi sebagai alat penghubung dari pengguna melalui smartphone,  drone akan mengikuti perintah dari pengguna melalui sensor tersebut.

7. Obstacle Sensing System

Drone DJI Phantom 4 dibekali dengan sensor canggih yang berfungsi untuk melakukan scanning dan screening pada objek yang berada di depannya. Apabila objek didepannya adalah rintangan atau halangan maka drone akan menghindarinya baik dengan berputar, melewati atau bahkan berhenti di udara. Untuk ukuran objek yang dapat dilihat oleh drone dengan sensor tersebut yang menjadi penghalang yaitu berukuran minimum 500 pixel. Meskipun memiliki sensor tersebut, pilot pemula harus tetap berhati-hati saat terbang.

8. IMU dan Compass

Drone DJI Phantom 4 dilengkapi dengan IMU dan compass yang berfungsi untuk mengolah data dan juga untuk melakukan navigasi dengan data yang akurat secara otomatis. Sehingga dengan begitu Anda perlu memahami segala trik penggunaan Drone DJI Phantom 4 supaya Anda dapat memanfaatkan fitur yang ada.

9. Push and Release Propeller

Fitur ini bertujuan untuk membuat agar drone lebih responsive dalam pengontrolan dan lebih mudah untuk diarahkan oleh pengguna. selain itu juga dalam hal pengereman unit akan lebih cepat. Jadi Anda tidak perlu khawatir dalam mengontrol drone saat sedang diterbangkan.

10. DJI Lightbridge

Remote control dan live feed pada Drone DJI Phantom 4 menggunakan teknologi masa kini yaitu DJI Lightbridge sehingga pengguna mampu mengontrol dengan efektif dengan jarak mencapai 5 km tanpa adanya halangan.

Dari ulasan di atas terkait Tips dan Trik Drone DJI Phantom 4 semoga dapat bermanfaat bagi pembaca, dan apabila Anda tertarik dan ingin membelinya maka Anda perlu menyediakan uang sebesar US$ 1399 atau sekitar Rp. 18.600.000,00. Bagi Anda yang masih menjadi pemula, menerbangkan drone dengan seri Phantom 4 juga tidak menjadi masalah yang besar, karena drone ini dirancang bagi pemula supaya lebih mudah terbang tanpa harus takut terhadap halangan saat penerbangan.
Baca juga: