search-button

Sep 10, 2019

7 Cara Mengatasi “Sayangnya Musik Telah Berhenti”

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi “Sayangnya Musik Telah Berhenti” di Android yang disebabkan oleh error bisa mengikuti tutorial ini. Untuk memperbaiki munculnya kesalahan “Unfortunately, Music Has Stopped” memang cukup sulit dilakukan oleh para pengguna baru smartphone Android. Mungkin Anda pun salah satu dari mereka, tapi sebenarnya ketika musik tidak bisa diputar di android karena kesalahan tersebut cukup mudah diatasi.

Sebagai pengguna, tentunya kita memiliki banyak file media seperti musik dengan format mp3. Jenis file ini bisa berjalan ketika kita menggunakan aplikasi pemutar musik seperti google play music, Musicxmatch dan yang lainnya. Tetapi pada saat kita sedang mendengarkan lagu tiba-tiba file musik tidak terdeteksi di android dan memunculkan kesalahan seperti “Sayangnya Musik Telah Berhenti”, “Music not responding”, “Musik terhenti” yang pada akhirnya aplikasi musik tidak bisa dibuka karena selalu menutup sendiri.
Cara Mengatasi Sayangnya Musik Telah Berhenti

Penyebab Sayangnya Musik Telah Berhenti

Kenapa pemutar musik tidak bisa dibuka di Android? Aplikasi music player pada dasarnya akan bekerja dengan melakukan scanning terhadap file dengan format MP3 yang tersimpan di smartphone. Entah itu didalam memori internal atau microSD, semua file tersebut akan nampak pada aplikasi ini. Penyebab munculnya error ini salah satunya bisa dikarenakan file musik tidak terdeteksi di Android. Dalam artian, aplikasi musik kesulitan untuk memuat dan memutarnya. Tetapi bisa juga karena penggunaan RAM yang penuh, temporary file dan hal lainnya.

Cara Mengatasi “Sayangnya, Musik Telah Berhenti” di Android

Ketika aplikasi Play music selalu terhenti dan menutup sendiri, bisa terjdi pada merk smartphone apapun termasuk Sony Xperia, Samsung Galaxy, Asus, Xaomi, Oppo, Smartfren Andromax, Lenovo, Advan, Vivo, LG, Nexus dan yang lainnya. Untuk mengatasinya ikuti beberapa langkah dibawah ini.
Mengatasi Sayangnya Musik Telah Berhenti di Android

1. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Musik.
Solusi pertama untuk mengatasi google play musik tidak bisa dibuka karena kesalahan tersebut dalah dengan memaksanya berhenti dan menghapus data yang selama ini tersimpan. Tujuannya untuk mereset aplikasi musik Android agar kembali melakukan scan terhadap file mp3 yang ada di smartphopne. Caranya, tap Settings » Applications manager » All kemudian cari aplikasi Musik yang biasa Anda gunakan. Terakhir, tap tombol Force Stop dan Clear Data.
2. Bersihkan Cache dan History Smartphone.
Tujuan untuk membersihkan file sampah yang ada didalam smartphone adalah untuk menghapus sisa file yang tertinggal dari aplikasi yang telah kita gunakan. Aplikasi Clean Mater adalah salah satu yang terbaik untuk membersihkan cache di Android.
3. Matikan Android Kemudian Muat Ulang.
Matikan smartphone Anda kemudian lepaskan komponen dari perangkat tersebut seperti baterai, kartu sim dan micro sd selama beberapa detik. Selanjutnya, pasangkan dan hidupkan kembali. Tujuan dari melakukan ini adalah untuk memulai kembali proses sistem Android saat reboot.
4. Update Aplikasi Musik.
Jika Anda tidak pernah memperbarui aplikasi Google play music, buka aplikasi play store kemudian cari Music dan tap tombol update. Saat kita memperbarui aplikasi, hal ini tak hanya akan menambah fitur terbaru saja, namun juga akan memperbaiki bugs yang menyebabkan munculnya error “Sayangnya Musik Telah Berhenti”.
Baca juga:
5. Pindahkan File MP3 ke MicroSD.
Jika penyimpanan internal Anda sudah penuh, jangan memaksa file mp3 tersimpan didalamnya. Pindahkan file tersebut ke kartu memori eksternal untuk mempercepat proses scan saat musik akan diputar. Sehingga nantinya, aplikasi musik tidak akan menutup sendiri lagi.
6. Update OS Android.
Sebagai pengguna, pastikan kita selalu menggunakan OS Android versi terbaru jika sudah tersedia untuk smartphone Anda. Selain akan meningkatkan keamanan, hal ini juga akan memperbaiki kesahan-kesalah yang sering terjadi seperti “Unfortunately, Music Has Stopped”.
7. Factory Reset.
Jika aplikasi Google play musik tetap selalu menampilkan error tersebut dan tidak bisa digunakan, cobalah untuk melakukan factory reset terhadap smartphone Anda. Tetapi sebelum melakukan langkah ini, pastikan Anda sudah melakukan back up terlebih dahulu agar nanti tidak kesulitan untuk melakukan restore akun Google. Caranya tap Settings » Backup and reset » Factory data reset.

Kesimpulannya, saat muncul kesalah dan error yang menyebabkan aplikasi musik selalu menutup sendiri dan lagu yang tidak terdeteksi, Anda bisa melakukan Cara Mengatasi “Sayangnya Musik Telah Berhenti” seperti yang telah dijelaskan diatas. Jika Anda masih memiliki kendala lain, silahkan berkomentar.
Baca juga: