search-button

Sep 10, 2019

Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Musik MP3 Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Pernahkah anda mengalami masalam semacam ini? Suatu saat tiba-tiba Smartphone atau Tablet Android tidak bisa memutar lagu mp3 dan berbagai macam jenis file music dan audio. Tentu saja jika hal ini terjadi akan membuat kita kebingungan dan sangat kesal. Bayangkan saja, disela-sela kita sedang mempunyai waktu luang untuk menikmati lagu favorit dan bersantai ternyata tidak bisa diputar. Lalu apa penyebabnya?
Tablet dan Smartphone Android sudah dibekali kemampuan untuk dapat membaca dan melakukan scanning terhadap berbagai jenis file hiburan termasuk audio. Tidak peduli apakah file tersebut disimpan didalam memori internal, eksternal (Micro SD) atau disimpan secara online dalam cloud storage. Disisi lain ketika kita memutarnya tentu saja membutuhkan media atau aplikasi pemutar dalam hal ini adalah aplikasi music player. Sama halnya seperti masalah-masalah lain yang kadang terjadi dalam Android OS. Ia bisa mengalami error atau rusak.

Mengatasi Musik Player Tidak Bisa Memutar Lagu

Music player android tidak bisa memutar lagu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya saja dikarenakan file mp3 yang ada didalam Smartphone atau Tablet telah terhapus secara tidak sengaja tetapi ia masih meninggalkan cache seolah file tersebut masih ada dan bisa bisa diputar. Ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Reboot. Sebelum anda melakukan hal atau tindakan lain ketika mengalami masalah ini, lakukan restart terhadap Android. Lepas semua mulai dari baterai, memori eksternal (Micro SD) dan kartu SIM. Biarkan selama beberapa menit agar motherboard atau chipset android tidak menerima energi dari baterai. Setelah itu pasangkan kembali dan hidupkan.
  2. Bersihkan cache yang sudah menumpuk. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab. Contohnya saja, jika ternyata pada saat kita membuka aplikasi music player lalu muncul keterangan “no media found” padahal kita memiliki banyak file mp3, yang harus anda lakukan adalah membersihkannya. Gunakan aplikasi clean master untuk membersihkan cache dan residual file yang menumpuk.
  3. Bersihkan Data Aplikasi Music Player. Kita akan memfokuskan untuk membersihkan data yang tersimpan didalam aplikasi musik player. Tetapi hati-hati, dengan melakukan cara ini semua pengaturan serta konfigurasi yang telah kita buat akan terhapus. Seperti playlist, favorit, equalizer dan beberapa fitur kostumisasi lainnya. Caranya tap Setting > Apps > All lalu cari dan buka nama aplikasi music player yang anda gunakan kemudian tap Clear data, Clear cache dan Force stop.
    Music player android tidak bisa terbuka
  4. Pasang Aplikasi Music Player Alternatif. Ada begitu banyak pemutar musik yang telah dibuat dan dipasarkan di Playstore. Cari lalu unduh dan pasang di Smartphone dan Tablet Android sebagai alternatif untuk dapat kemabli menikmati lagu favorit anda.
Baca juga :
Setelah kita membersihkan cache atau memasang aplikasi music player baru, maka akan secara otomatis melakukan scanning ulang. Dengan begitu akan membuat Smartphone dan Tablet Android bisa kembali memutar musik.