search-button

Sep 7, 2016

7 Cara Mengatasi “Sayangnya Gmail Telah Berhenti”

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi “Sayangnya Gmail Telah Berhenti” di smartphone Android dengan tips mudah berikut ini. Aplikasi gmail yang tidak bisa dibuka karena adanya beberapa kesalahan seperti unfortunately gmail has stopped dan force close, akan mengakibatkan kita keluar dari aplikasi tersebut. Dalam artian bukan log out dari akun tetapi hanya tidak bisa digunakan.

Aplikasi gmail Android memang menjadi salah satu aplikasi bawaan yang ada didalam setiap smartphone Android Seperti merk Nexus, Samsung Galaxy, Lenovo, Xiaomi, Smartfren Andromax, ASUS Zenfone, LG, Oppo, Sony Xperia, Vivo dan yang lainnya. Tentu saja ia kita gunakan untuk berkomunikasi melalui surel baik menerima maupun mengirim pesan. Pada saat aplikasi gmail Android error, kesalahan yang sering muncul adalah “Sayangnya Gmail Telah Berhenti”.

Cara Mengatasi Sayangnya Gmail Telah Berhenti Android

Penyebab Sayangnya Gmail Telah Berhenti

Aplikasi gmail, memiliki banyak fitur dan kemampuan. Kita bisa dengan mudah menyisipkan dokumen, foto, video dan hal lain sebagainya. Pada beberapa smartphone yang saya gunakan, ketika aplikasi gmail tidak bisa dibuka dan muncul “Sayangnya Gmail Telah Berhenti” biasanya terjadi ketika saya mencoba menyisipkan foto atau file dengan ukuran cukup besar. Tetapi, penyebab gmail tidak bisa digunakan di smartphone Android ini pun tak terbatas hanya pada hal tersebut saja.

Cara Mengatasi Sayangnya Gmail Telah Berhenti di Android

Terdapat beberapa cara yang biasa saya lakukan untuk memperbaiki aplikasi gmail tidak bisa dibuka ini.
Mengatasi Sayangnya Gmail Telah Berhenti

1. Hentikan dan Hapus Data.
Metode pertama yang saya sarankan adalah dengan cara memaksa dan menghapus data aplikasi Gmail. Caranya tap Pengaturan » Manager aplikasi » Gmail kemudian tap tombol Paksa Berhenti dan Hapus Data.
2. Hapus Update Android System Webview.
Android systam webview adalah salah satu yang sering menjadi penyebab berbagai aplikasi dari Google mengalami error. Untuk menemukan aplikasi ini, buka play store kemudian cari Android System Webview dan tap Uninstall.
3. Update Aplikasi Gmail.
Jika Anda tidak menyetel opsi pembaruan secara otomatis, update aplikasi gmail secara manual melalui Play store.
4. Hapus Update Aplikasi Gmail.
Sebaliknya, jika ternyata aplikasi gmail sering muncul kesalahan sayangnya gmail telah berhenti setelah Anda memperbaruinya, hapuslah update tersebut agara aplikasi ini kembali ke awal saat Anda baru mengaktifkan smartphone. Caranya tap Pengaturan » Manager aplikasi » Gmail kemudian tap tombol Hapus Instalan Pembaruan.
5. Matikan Smartphone dan Reboot.
Setelah Anda melakukan beberapa langkah diatas, matikan android kemudian cabut baterai, kartu sim dan microSD. Biarkan ia terlepas selama beberapa saat kemudian pasangkan dan hidupkan kembali.
Baca juga:
6. Log out dan Log in Akun Google.
Ketika melakukan langkah ini, kita hanya akan menghapus akun google dari smartphone tersebut. Tujuannya untuk memuat ulang kembali akun yang telah kita sinkronisasi didalam Android yang digunakan. Caranya tap Pengaturan » Akun » Google » Hapus Akun.
7. Factory Reset.
Cara terakhir untuk meperbaiki aplikasi gmail android adalah dengan factory reset. Artinya kita akan mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik agar setiap kesalahan dan error yang muncul diperbaiki melalui proses reset ini. Pastikan Anda melakukan backup terlebih dahulu.

Kesimpulannya, berbagai metode dan solusi diatas adalah Cara Mengatasi “Sayangnya Gmail Telah Berhenti” yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan berkomentar.
Baca juga: