search-button

Nov 5, 2016

5 Cara Mengatasi “Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti”

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Tips jitu cara mengatasi “Sayangnya keyboard Android (AOSP) telah berhenti” di Android bisa dilakukan dengan langkah mudah ini. Setiap smartphone Android dibekali dengan aplikasi keyboard bawaan disetiap versinya yang terpasang. Keyboard ini digunakan untuk berbagai tasking seperti saat mengetik pesan. Tapi terkadang, pengguna sering mengalami error yang menyebabkan keyboard Android tidak bisa dibuka.

Keyboard Android (AOSP) atau Android Open Source Project, tak hanya digunakan pada satu aplikasi saja. Pengguna dapat mengatur dan memilih default keyboard yang nantinya muncul saat akan mengetik disetiap aplikasi yang terpasang dengan pilihan mode antara keyboard QWERTY atau ABC (3x4). Pada saat keyboard Android ini error, biasanya akan muncul pemberitahuan “Unfortunately Android keyboard (AOSP) has stopped” atau “Force Close”. Kemudian ia akan menutup sendiri dan kita tidak bisa mengetik atau menginput apapun. Lalu bagaimana cara mengatasi keyboard Android telah berhenti ini?

Cara Mengatasi Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti

Penyebab Keyboard Android Telah Berhenti

Jika kita membahas tentang penyabab dari masalah tersebut, akan berbeda antara pengguna satu dengan yang lainnya. Termasuk dari sisi versi Android berapa yang terpasang dan merk yang digunakan. Misalnya smartphone Android dari Samsung Galaxy, Advan, Asus Zenfone, Vivo, Evercross, Oppo, Xiaomi, HTC, LG, Sony Experia dan Smartfren Andromax pun tidak menutup kemungkinan hal ini terjadi. Tetapi secara umum, penyebab keyboard Android yang tidak muncul dikarnakan cache dan data yang menumpuk hingga masalah penggunaan RAM.

Cara Mengatasi Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti

Tidak semua nama aplikasi keyboard bawaan dinamakan Keyboard AOSP. Misalnya pada smartphone samsung, aplikasi keyboard mereka dinamakan dengan Samsung Keyboard. Tetapi jika kita perhatikan lagi pada smartfren Andromax, nama keyboard yang diberikan memang Keyboard AOSP. Bukan suatu masalah mengenai perbedaan ini karena solusi cara mengatasi keyboard Android telah berhenti yang akan saya tunjukkan ini tujuannya sama saja.

1. Periksa Nama Default Keyboard Android dan Bersihkan Cache Smartphone.
Periksa apa nama keyboard default yang saat ini digunakan. Apakah bernama Keyboard AOSP atau nama merk smartphone seperti Samsung Keyboard. Caranya tap Settings » Language and input » kemudian lihat pada bagian Default. Jika nama keyboard sudah diketahui sekarang gunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan smartphone.

Mengatasi Keyboard Android Telah Berhenti
2. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Keyboard.
Aplikasi keyboard akan menyimpan cache dan data secara otomatis ketika ia digunakan disetiap aplikasi. Data ini bisa menumpuk dan akan menjadi penyebab keyboard Android tidak bisa dibuka. Sekarang bersihkan data keyboard Android dengan cara tap Settings » Application Manager » All. Selanjutnya cari nama aplikasi Android Keyboard (AOSP) yang sudah diperiksa dilangkah ke satu lalu tap Force Stop dan Clear Data.
3. Matikan Smartphone dan Reboot.
Salah satu cara memperbaiki keyboard Android telah berhenti adalah dengan mematikannya kemudian reboot. Tujuannya melakukan pemuatan ulang terhadap sistem Android. Matikan smartphone kemudian cabut baterai, MicroSD dan kartu SIM. Diamkan selama beberapa detik kemudian pasangkan dan hidupkan kembali.
4. Gunakan Aplikasi Keyboard Pihak Ketiga.
Jika Anda sering mengalami keyboard error atau macet saat mengetik, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga. Salah satu yang terbaik adalah Google keyboard. Pasang dari play store kemudian atur agar menjadi keyboard default melalui Settings » Language and input.
5. Factory Reset.
Salah satu tujuan dari mengembalikan Android ke pengaturan pabrik adalah untuk memperbaiki error atau sistem yang rusak. Termasuk untuk mengatasi keyboard Android yang telah berhenti. Tetapi sebelum melakukannya, pastikan Anda melakukan backup terlebih dahulu terhadap pengaturan dan akun google agar nantinya bisa di restore dengan mudah.

Kesimpulannya, cara mengatasi “Sayangnya keyboard Android (AOSP) telah berhenti” bisa dilakukan dengan langkah diatas. Dengan begitu Anda akan memperbaiki Keyboard android yang tidak bisa dibuka atau tidak muncul saat akan mengetik. Jika Anda memiliki kendala lain, silahkan berkomentar.
Baca juga: