search-button

Aug 29, 2016

7 Cara Mengatasi “Sayangnya LINE Telah Berhenti” di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi “Sayangnya LINE Telah Berhenti” di Android karena error sehingga tidak dapat digunakan. Ketika aplikasi line mengalami kesalahan, pada tampilan smartphone pengguna biasanya akan muncul pesan “Unfortunately, LINE Has Stopped” dan memaksa kita keluar bahkan hanya tersedia tombol OK saja dari pesan tersebut. Apa yang menyebabkan aplikasi line terhenti tiba-tiba?

Sebagai aplikasi free calls & messages, Line menjadi salah satu yang sering kita gunakan untuk berkomunikasi. Alasannya karena fiturnya yang mumpuni dan sudah banyak penggunanya sehingga teman dan keluarga kita pun menggunakan aplikasi ini. Pada saat terjadi masalah, yakni aplikasi LINE telah berhenti di Android maka akan dibarengi dengan beberapa kesalahan seperti “Line Tidak Merespon”, “Line Terhenti”, hingga “Force close”. Gagalnya pemuatan aplikasi LINE ini tentu saja ada alasannya.

Cara Mengatasi Sayangnya LINE Telah Berhenti di Android

Penyebab Sayangnya LINE Telah Berhenti

Semua aplikasi yang terpasang di Samsung Galaxy, Xiaomi, Asus Zenfone, Vivo, LG, Sony Xperia, Oppo, Smartfren Andromax, Lenovo, Advan dan yang lainnya, sebenarnya bisa mengalami masalah yang sama. Penyebab aplikasi LINE telah berhenti ini biasanya karena banyaknya cache yang tersimpan namun belum pernah Anda bersihkan. Hingga kapasitas RAM yang habis karena kita sedang melakukan multi-tasking.

Cara Mengatasi Sayangnya LINE Telah Berhenti

Untuk memperbaiki aplikasi line tidak bisa dibuka di Android karena muncul kesalahan “Sayangnya LINE Telah Berhenti”, Anda bisa mengikuti beberapa tips mudah berikut ini.
Mengatasi Sayangnya LINE Telah Berhenti

1. Memkasa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi LINE.
Aplikasi LINE akan berjalan pada latar sehingga ia menghabiskan cukup banyak kapasitas RAM smartphone Anda. Paksa aplikasi LINE berhenti dan hapus data yang tersimpan didalam aplikasi tersebut. Tetapi, Anda akan disuruh untuk log in kembali ketika melakukan solusi ini. Caranya tap Settings > Applications manager > All lalu cari LINE. Terakhir tap tombol Force Stop dan Clear Data.
2. Membersihkan History dan Cache Smartphone.
Setiap kali kita melakukan aktifitas di Android, maka akan menyimpan history dan cache untuk mempercepat pemuatan. Tetapi cache itu sendiri bisa menjadi salah satu penyebab timbul kesalahan “Sayangnya, LINE Telah Berhenti” di Android. Untuk itu gunakan aplikasi Clean Master secara rutin agar smartphone Anda selalu berkinerja dengan baik.
Baca juga: 2 Cara Membersihkan Cache di Android Sampai Bersih.
3. Update Aplikasi LINE.
Jika Anda tidak mengatur aplikasi line untuk diperbarui secara otomatis, bisa jadi ini adalah penyebabnya. Buka aplikasi Play store kemudian cari aplikasi line dan tap tombol update.
4. Hapus dan Install Ulang Aplikasi LINE.
Jika beberapa langkah diatas belum berhasil untuk Mengatasi “Sayangnya LINE Telah Berhenti”, hapus kemudian pasang ulang aplikasinya dari Play store.
Baca juga: 5. Lepaskan Baterai Smartphone dan Reboot.
Matikan smartphone Anda kemudian cabutlah baterai smartphone, microSD dan sim card. Biarkan selama beberapa saat kemudian pasangkan dan hidupkan kembali. Tujuannya untuk memulai kembali proses pemuatan sistem Android.
6. Update Android OS.
Salah satu hal paling penting bagi pengguna smartphone Android adalah untuk selalu menggunakan OS Android terbaru. Hal ini akan menambah sistem keamanan dan memperbaiki kesalahan-kesalah yang sering muncul seperti bug fixing. Caranya tap Settings > About device > Software update > Update now.
7. Factory Reset.
Cara terakhir Mengatasi “Sayangnya LINE Telah Berhenti” di Android adalah dengan melakukan factory reset. Tetapi saya sendiri tidak begitu suka untuk mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik karena memang nantinya akan repot untuk melakukan restore. Caranya tap Setting > Backup and reset > Factory data reset.
Kesimpulannya, cara memperbaiki aplikasi line yang tidak bisa dibuka dan error bisa dengan menggunakan langkah diatas. Dengan begitu, munculnya kesalahan “Sayangnya LINE Telah Berhenti” bisa teratasi dengan mudah.
Baca juga: