search-button

Sep 10, 2019

3 Cara Mengatasi LINE Tidak Bisa Video Call

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Fitur favorit didalam aplikasi LINE yang disukai oleh para penggunanya adalah video call. Aplikasi ini menjadi salah satu pilihan terbaik disamping Skype, IMO, Google Hangout dan yang lainnya. Jika kita perhatikan, cara menggunakan video call LINE pun terbilang sangat mudah. Namun tak semua pengguna mendapatkan pengalaman yang baik. Selalu saja ada sebagian yang mengalami masalah karena tidak bisa video call di line.

Salah satu alasan kenapa Anda membeli smartphone mid-range adalah karena ia memiliki kamera depan. Tetapi jika hanya bisa digunakan untuk selfie saja, hal tersebut akan sangat percuma. Terlebih bagi pengguna smartphone high-end, jika kamera depan tidak bisa video call di LINE, Anda harus curiga. Apakah hal ini terjadi karena error, bugs atau settings diddalam smartphone itu sendiri.

Tidak Bisa Video Call di Line

Tips Mengatasi Tidak Bisa Video Call di LINE

Penyebab tidak bisa video call di line bisa dipengaruhi berbagai faktor. Beberapa diantaranya adalah karena koneksi internet yang lambat atau terjadi kesalahan pada perangkat. Misalnya saja, pada smartphone Samsung muncul keterangan Mikrofon. Sementara pada Xiaomi MIUI ada peringatan “Perangkat Anda tidak mendukung panggilan video”. Lalu bagaimana cara mengatasinya?
1. Install Ulang LINE Kemudian Reboot Smartphone.
Hapus aplikasi LINE yang saat ini terpasang kemudian install ulang hanya dari play store. Setelah itu, reboot smartphone dan log in ke aplikasi LINE yang baru di install tadi. Sekarang, coba lakukan video call.
2. Ijinkan Aplikasi LINE Mengakses Kamera Depan dan Mikrofon.
Pada beberapa smartphone Xiaomi dan smartphone dengan sistem operasi Android Marsmallow 6.0, pengguna dapat mengatur ijin secara lebih spesifik. Untuk Xiaomi MIUI, Anda dapat mengaturnya melalui permission manager dengan masuk ke Security » Permission » Permission » App » Line. Sementara untuk Android Marsmallow, tap Settings » Apps » LINE » App Permission dan centang Kamera Depan.
3. Ganti Kartu SIM ke Jaringan yang Mendukung 4G.
Jika kedua cara diatas sudah Anda terapkan tetapi masih tidak bisa video call di LINE, cobalah untuk mengganti kartu SIM ke provider yang sudah mendukung 4G. Memang, dengan jaringan 3G/HSDPA pun video call di line sebenarnya sudah bisa lancar. Namun, setiap pengguna memiliki pengalaman yang berbeda dari pengguna lainnya. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba menggunakan koneksi internet melalui wifi.

Kesimpulannya, setiap penyebab dan faktor yang dihadapi oleh pengguna yang tidak bisa video call di LINE akan berbeda. Dan dengan mengikuti beberapa tips diatas, semoga bisa mengatasi masalah tersebut.
Baca juga: