search-button

Nov 8, 2016

2 Cara Membersihkan Cache di Android Sampai Bersih

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Membersihkan cache yang ditinggalkan oleh aplikasi Android yang sering kita gunakan atau aplikasi yang bekerja secara otomatis pada latar sebenarnya sangat mudah. Tetapi bagi pengguna baru Android hal ini akan dirasa cukup sulit. Berbagai keuntungan yang bisa Smartphone dan Tablet Android kita rasakan cukup banyak dengan membersihkan cache. Diantaranya sistem aplikasi Android akan kembali bersih dan lebih segar, mempercepat koneksi internet dari aplikasi online hingga membuat Android kita tidak cepat lag.
Pada dasarnya cache adalah jenis data sementara yang digunakan untuk mempercepat dalam mengakses sebuah aplikasi tertentu. Setiap data sementara dari penggunaan aplikasi yang telah kita lakukan merupakan bagian dari cache. Jika dipikir lagi, cache seharusnya akan membuat Android kita semakin lebih cepat karena aplikasi telah menyimpan informasi sementara yang dibutuhkan agar bisa terbuka dan berjalan lebih cepat. Tetapi yang harus Anda ketahui  adalah cache bisa menjadi rusak sehingga akan menyebabkan masalah pada aplikasi tersebut atau bahkan terhadap Android itu sendiri.

Cara Membersihkan (Clear) Cache di Android

Untuk menghindari masalah yang akan timbul akibat cache yang telah rusak ataupun kadaluarsa, kita harus membersihkannya. Tentu saja agar aplikasi Android yang akan kita jalankan kembali bekerja secara benar dan tidak lag. Lalu bagaimana cara membersihkan cache aplikasi Android?

  1. Membersihkan cache di Android
    Setiap versi Android OS baik itu Jelly Bean, KitKat maupun Lollipop memiliki fitur untuk membersihkan cache. Fitur tersebut merupkan fitur bawaan yang bisa kita gunakan untuk membersihkan cache dari satu aplikasi tertentu. Sebagai contoh, jika kita sering melihat video youtube dari Android lalu tiba-tiba aplikasi youtube tidak bisa terbuka maka inilah yang harus Anda lakukan seperti terlihat pada gambar. Settings > Application Manager atau Apps cari aplikasi yang diingankan lalu tap Force stop dan tap Clear cache.

  2. Cara Menggunakan Clean Master Android
    Pasang lalu gunakan aplikasi Clean Master. Jika dengan cara pertama kita harus mencari aplikasi satu persatu maka dengan clean master kita hanya perlu menyentuh tombol satu kali dan secara otomatis aplikasi ini akan mencari cache dan file sampah yang sudah kadaluarsa atau dianggap memberatkan Smartphone dan Tablet Android. Ia akan memperlihatkan daftar aplikasi apa saja yang sudah terlalu banyak cache. Dari sana, kita bisa memilih aplikasi yang diingan untuk dibersihkan.
Baja juga :
Sekarang, setiap kali aplikasi yang terpasang di Tablet dan Smartphone Android susah terbuka atau sering lag, maka bersihkan cache di Android tersebut.