search-button

Jan 10, 2019

Cara Mengunci Android Dari Jarak Jauh

   
Advertisements
Advertisements
Heyriad.com – Salah satu trik hebat yang bisa dilakukan oleh pengguna smartphone Android adalah mengunci Android dari jarak jauh. Bisa dikatakan, mengunci smartphone menggunakan pola atau kombinasi pin adalah sebuah hal yang wajib sebagai keamanan yang paling depan. Selain untuk berjaga-jaga, hal inipun merupakan langkah pengamanan dari tangan jahil yang mencoba untuk melihat data atau isi file yang ada didalam smartphone.

Ada banyak aplikasi lock screen Android yang telah dikembangkan dan dipasarkan di Play store. Mulai dari lock screen yang unik hingga yang bisa kita kostumisasi sendiri. Semua aplikasi tersebut memang dapat kita pasang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan apa yang ia tawarkan. Bahkan diantaranya ada beberapa aplikasi pengunci yang berbayar. Tetapi jika Anda bisa lebih teliti, ada cara mengunci Android dari jarak jauh yang bisa kita lakukan secara gratis.

Cara Mengunci Smartphone Android Dari Jarak Jauh

Kenapa harus mengunci Android dari jarak jauh? Sebuah alat yang dimiliki oleh Google yakni Android Device Manager memiliki 3 fitur yakni Ring, Lock dan Erase yang bertujuan untuk membantu para pengguna ketika mereka kehilangan smartphone. Bisa karena dicuri, lupa menyimpan hingga tertinggal disuatu tempat. Maka dari itulah, dengan memanfaatkan alat ini kita bisa mengunci Android dari jarak jauh dimanapun ia berada.
  1. Masuk ke Android Device Manager dari browser PC atau laptop menggunakan akun Google yang juga digunakan di smartphone yang ingin Anda kunci.
  2. Disana akan ditampilkan nama smartphone beserta type-nya. Dalam contoh ini Android saya adalah Samsung SM-G531H.
    Cara Mengunci Android Jarak Jauh
  3. Selanjuntnya klik ikon Locate Device disudut atas untuk menemukan lokasi smartphone Anda yang hilang. Tunggu beberapa saat hingga ditampilkn lokasinya secara akurat.
  4. Jika sudah ditemukan, klik tombol Ring dan buatlah lock screen baru. Ingat, jangan menggunakan kata sandi google melainkan PIN baru untuk membuat lock screen.
    Mengunci Android Jarak Jauh Dari ADM
  5. Jika sudah konfirmasi dengan tombol Lock.
  6. Jika berhasil maka akan muncul keterangan “Successful” ditampilan laman ADM tersebut.
  7. Dan ini adalah tampilan layar Android setelah dikunci dari jarak jauh seperti langkah diatas.
    Tampilan Android Setelah Mengunci Jarak Jauh
Kesimpulannya, mengunci Android dari jarak jauh bisa dilakukan menggunakan Google ADM secara gratis. Kita bisa mengganti lock screen dengan yang baru tetapi dengan syarat Android tersebut masih menggunakan akun Google Anda, terkoneksi ke Internet dan fitur Lokasi/GPS telah diaktifkn sebelumnya. Selamat mencoba.
Baca juga: