search-button

Sep 10, 2019

5 Cara Menghapus Data Android Dari Jarak Jauh

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Cara menghapus data Android dari jarak jauh menggunakan alat resmi dari Google sangat mudah dilakukan. Smartphone Android mengharuskan penggunanya log in ke Akun google agar dapat mengunduh aplikasi dari play store dan terhubung ke berbagai layanan Google. Sistem operasi Android ini dibekali dengan banyak fitur yang terbilang cukup canggih. Sebagai pengguna, kita pun harus tahu betul apa tujuan dari fitur dan alat yang dimilikinya. Selanjutnya, kapan kita harus menggunakan fitur tersebut.

ADM atau Android Device Manager adalah sebuah alat resmi dan gratis yang dimiliki oleh google untuk membantu para pengguna melakukan dering, mengunci hingga menghapus data Android dari jarak jauh. ADM diluncurkan oleh Google sudah cukup lama tetapi bagi para pengguna baru smartphone Android, mungkin belum pernah mengetahui tetang fungsi dan fiturnya. Lalu kapan kita harus menggunakan fitur ADM? Dan bagaimana cara menghapus data hp Android dari jarak jauh itu sendiri?
Cara Menghapus Data Android Jarak Jauh

Cara Menghapus Data di Android yang Hilang Dari Jarak Jauh


Akun google Anda bisa mencatat semua aktivitas seperti melacak posisi hp melalui map dengan fitur Google History yang harus selalu diaktifkan. Google hitory ini terintegrasi dengan ADM agar Anda bisa menghapus data Android yang hilang dari jarak jauh. Tujuan dari fitur ini adalah untuk melakukan wipe atau factory reset dari jarak jauh yang akan menghapus semua data dan file seperti foto, video, musik, aplikasi dan berbagai pengaturan di smartphone tersebut. Fitur ini bisa dilakukan di semua merk smartphone yang bersistem operasi Android seperti dari Samsung, Sony Xperia, LG, Lenovo, Oppo, Xiaomi dan yang lainnya. Jika saat ini Android Anda telah hilang dan khawatir dengan isi data penting didalamnya, ikuti langkah berikut ini.
  1. Log in ke laman Android Device Manager melalui browser pc atau laptop menggunakan akun google yang juga digunakan di smartphone.
  2. Setelah berhasil masuk, ADM akan menampilkan type dan ikon dari smartphone Anda yang sedang terhubung. Pada contoh ini, saya menggunakan smartphone Samsung dengn type SM-G531H
  3. Tunggu beberapa menit agar ADM mencari lokasi smartphone Anda saat ini.
  4. Jika sudah ditemukan, disana akan ditampilkan keterangan waktu, lokasi dan jarak antara Anda dengan smartphone yang hilang didalam map.
  5. Terakhir pilih opsi Erase kemudian konfirmasi untuk melakukan factory reset Android dari jarak jauh.

Kesimpulannya, pastikan Anda mengetahui beberapa syarat wajib agar berhasil menghapus data Android yang hilang dari jarak jauh. Diantaranya, smartphone tersebut harus masih menggunakan akun google Anda, smartphone harus terkoneksi ke internet dan fitur gps/lokasi di smartphone tersebut juga aktif. Jika Anda kesulitan dan memiliki pertanyaan seputar cara factory reset Android jarak jauh, silahkan berkomentar.
Baca juga: