search-button

Sep 10, 2019

Cara Menggunakan Google Drive Offline di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara menggunakan Google Drive offline di Android akan membantu Anda agar tetap bisa mengakses file meskipun sedang tidak terkoneksi ke internet. Salah satu layanan yang harus Anda manfaatkan dari akun Google adalah layanan google drive. Dengan membuat akun google drive, Anda akan mendapatkan cloud storage atau penyimpanan awan secara gratis sebanyak 15GB.

Apa aja sih manfaat dari google drive di Android ini? Saya akan coba sedikit menjelaskan. Biasanya kita menyimpan berbagai macam jenis dokumen dan file seperti foto, musik dan video didalam memori internal dan MicroSD. Bayangkan jika suatu saat MicroSD Anda rusak atau ter-format secara tidak sengaja. Pastinya semua file Anda akan terhapus dan hilang selamanya. Tetapi dengan cara menggunakan google drive di Android, meskipun smartphone Anda rusak atau hilang. File yang tersimpan masih bisa diakses melalui PC atau Browser.

Cara Menggunakan Google Drive di Android

Cara Menggunakan Google Drive Offline di Android


Sebagai pengguna, kita hanya perlu mengupload file kedalam folder di google drive yang juga bisa dibuat sendiri. Setiap file yang telah diupload, bisa kita akses melalui smartphone atau PC. Misalnya, ketika saya menyimpan dokumen Microsoft Doc ke google drive dan ingin membukanya, maka saya membutuhkan koneksi internet. Isi dokumen tersebut terkadang ingin saya edit, agar saya bisa lebih menghemat kuota data maka bisa memanfaatkan fitur offline yang ada di google drive Android.
  1. Pasang aplikasi Google Drive dari play store atau update lah hingga berada pada versi terbaru.
    Buka aplikasi tersebut dan pastikan Anda menggunakan akun Google yang benar.
  2. Upload sebuah file atau dokumen dengan melakukan tap pada tombol “+” biru.
  3. Dalam contoh ini, saya mengupload sebuah file .doc.
  4. Setelah tersimpan di google drive Android, tap ikon 3 titik tepat dibagian file tersebut untuk manampilkan opsi.
  5. Selanjutnya tap Available Offline dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  6. Sekarang, matikan koneksi internet dan Anda pun bisa mengeditnya dengan mudah.

Kesimpulannya, cara menggunakan google drive di Android untuk menyimpan file secara offline dapat dilakuakan seperti langkah diatas. Layanan cloud storage milik Google ini menawarkan ruang penyimpanan secara gratis agar Anda mudah dalam memenej file atau membagikannya kepada teman.
Baca juga: