search-button

Sep 10, 2019

Cara Membuka Data Hard Disk PC di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Smartphone Android memiliki banyak kemampuan luar biasa yang dapat membantu kita dalam meningkatkan produktifitas. Tak hanya untuk keperluan komunikasi atau hiburan saja, Anda pun bahkan bisa membuka data harddisk PC di Android. Bukan sesuatu yang baru memang, karena sebelumnya Android pun bisa membaca file didalam flashdisk dengan menggunakan USB OTG.

Membuka file dan data yang ada didalam hard disk melalui Android, jauh lebih mudah dibanding menghubungkannya melalui pc atau laptop. Salah satu alasannya karena smartphone Android lebih mudah dibawa dan tidak ribet. Meskipun demikian, Anda tetap membutuhkan USB OTG dan port untuk dihubungkan ke hard disk. Dan tentu saja, aplikasi yang memiliki kemampuan untuk membaca format HDD seperti NTFS, FAT32 dan HFS. Lalu aplikasi apa saja yang kita butuhkan?

Cara Membuka File Didalam Hardisk PC Melalui Android

Membuka File dan Data Hard Disk PC (HDD) di Android


Total Commander adalah aplikasi file manager Android yang dikembangkan oleh C. Ghisler. Aplikasi gratis ini memiliki banyak kemampuan dan fitur untuk memenej berbagai folder dan file yang ada didalam internal memori maupun MicroSD. Layaknya file manajer yang Anda gunakan, ia bisa memindahkan folder, menyalin file, mengakses LAN hingga membaca file harddisk PC di Android. Tetapi khusus untuk fitur agar Total Commander ini dapt membuka file dan folder dari HDD, Anda memerlukan aplikasi tambahan yakni USB plugin for Total Commander yang dikembangakn oleh Paragon Technologie GmbH untuk melakukan mounting terhadap data yang ada didalam hard disk.
  1. Pasang aplikasi Total Commander dari Play store.
  2. Selanjutnya, pasang USB plugin for Total Commander yang juga dari Play store.
  3. Setelah kedua aplikasi tersebut terpasang, hubungkan smartphone Android dan Hard disk PC menggunakan kabel USB OTG.
  4. Pada tampilan smartphone akan muncul sebuah notifikasi “Open Paragon_UMS” kemudian tap OK.
  5. Selanjutnya akan muncul tampilan Paragon_UMS kemudian tap tombol “Open Total Commander” untuk membuka aplikasi total commander dan juga membuka folder didalam hard disk tersebut.

Kesimpulannya, cara membuka file yang ada didalam hard disk PC di Android bisa Anda lakukan menggunakan kedua aplikasi tersebut. Selain gratis, Anda pun bisa membaca data HDD tanpa harus melakukan root.
Baca juga: