search-button

Sep 10, 2019

3 Cara Membuka Aplikasi Android Yang Dikunci

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara membuka aplikasi Android yang terkunci oleh aplikasi jenis app locker. Sudah menjadi hal yang wajib bagi kita untuk melindungi privasi yang ada didalam aplikasi seperti BBM, Whatsapp, Line, galeri, SMS maupun kontak telpon yaitu dengan cara menguncinya menggunakan aplikasi locker. Tujuannya agar tidak ada teman atau orang lain yang mengintip. Namun, tidak menutup kemungkinan kita lupa terhadap kata sandi yang digunakan untuk mengunci aplikasi tersebut. Nah jika hal ini terjadi, bagaimana cara kita membuka aplikasi Android yang terkunci ini?

Ada banyak aplikasi pengunci yang dipasarkan di play store, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Fitur dan kemampuannya pun berbeda antara satu dan lainnya. Ada yang memberikan fitur pengunci standard hingga memerlukan izin Administrator. Saya sendiri menggunakan aplikasi dari Cheetah Mobile yaitu CM Security AppLock. Dan pada tutorial ini pun saya akan menunjukkan cara membuka aplikasi Android yang dikunci oleh CM Security AppLock.

Membuka Aplikasi Yang Dikunci

Cara Membuka Aplikasi Android Yang Terkunci

  1. Menghapus Data Aplikasi Pengunci
    Tidak perlu menghapus aplikasi pengunci secara langsung. Kamu dapat menghapus data yang telah tersimpan didalam aplikasi pengunci diantaranya adalah password atau PIN yang lupa. Cara ini bisa kamu lakukan jika pada saat mengaktifkan AppLock untuk mengunci aplikasi BBM, Line, Galeri maupun yang lainnya kamu tidak memberikan akses terhadap Device Administrators.
    Cara Membuka Aplikasi Android Terkunci
    • Tap Setting » Application Manager kemudian tap CM Security atau aplikasi pengunci lain yang kamu gunakan.
    • Pada tampilan App info, tap Force Stop dan Manage Storage kemudian tap tombol Delete untuk menghapus semua data didalam aplikasi tersebut.
    • Sekarang buka aplikasi BBM yang terkunci maka akan langsung terbuka tanpa harus memasukkan PIN.

  2. Membuka Aplikasi Android Yang Dikunci Dan Menonaktifkan Akses Administrators
    Jika kamu tidak bisa melakukan cara pertama karena aplikasi pengunci tersebut memiliki akses penggunaan data didalam perangkat. Kamu harus mencabut izin atau menonktifkannya terlebih dahulu.
    Aplikasi Android Terkunci Administrator
    • Tap Setting » Security
    • Selajutnya tap Device Administrators.
    • Tap CM Security agar jangan sampai tercentang dan berwarna hijau.
    • Gulirkan kebawah kemudian tap Access application usage data.
    • Tap CM Security untuk menonktifkannya.
    • Selanjutnya, kamu dapat mengulangi cara pertama seperti yang telah dijelaskan diatas.

  3. Pengaturan Juga Terkunci, Bagaimana Cara Membukanya?
    Jika cara kesatu dan kedua tidak bisa dilakukan karena Pengaturan Android yang juga ikut terkunci, kamu dapat melakukan cara ketiga ini. Saya akan berkesimpulan bahwa aplikasi pengunci tersebut mulai bekerja pada saat smartphone Android dihidupkan (Start at Boot). Yang artinya, tidak memungkinkan bagi kamu untuk membuka Setting sebelum dikunci otomatis. Caranya adalah dengan menghapus aplikasi pengunci dengan melewati permintaan PIN atau pola.
    Cara Menghapus Aplikasi AppLock Android
    • Pasang aplikasi All-in-One-Toolbox dari Play store.
    • Buka aplikasi tersebut kemudian tap tombol Toolbox.
    • Tap Batch Uninstall. Menu ini dapat menghapus aplikasi bahkan yang sudah mendapat akses Administrator seperti aplikasi AppLock.
    • Hapus aplikasi pengunci yang kamu gunakan dengan cara dicentang lalu tap tombol Uninstall Selected.
    • Terakhir, buka aplikasi yang terkunci seperti LINE maka akan langsung terbuka tanpa meminta PIN atau Pola.

Cara membuka aplikasi Android yang dikunci seperti yang saya jelaskan diatas lebih banyak menggunakan dan mengakses Pengaturan Android. Memang benar, jika kamu lupa PIN aplikasi pengunci, kamu memiliki pilihan untuk menekan tombol “Lupa Password” dimana kamu akan dikirim pemulihannya melalui inbox gmail. Tetapi tidak semua orang akan memberikan alamat email untuk hal seperti ini. Cara membuka aplikasi Android yang dikunci tersebut sudah saya praktekkan pada aplikasi seperi CM Security, LEO Privacy Guard hingga AppLock. Tentu saja, dengn mencobanya satu persatu.
Baca juga: