search-button

Sep 10, 2019

4 Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Di Buka (UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Kenapa Aplikasi Android tidak bisa dibuka? Salah satu hal yang akan membuat pengguna Smartphone dan tablet Android merasa kesal adalah ketika menghadapi masalah yang tiba-tiba kita tidak bisa membuka aplikasi. Baik satu aplikasi favorit yang biasa kita gunakan seperti YouTube, BBM, Instagram, Facebook Twitter, Music Player maupun semua aplikasi Android tidak bisa dibuka. Bukan saja kesal yang akan kita rasakan namun akan membuat kita panik.
Terlalu berlebihan mungkin, tetapi itulah yang terjadi. Mengetahui penyebab kenapa tidak bisa membuka aplikasi android akan lebih baik. Tujuannya tidak lain untuk berjaga-jaga agar dikemudian hari tidak terjadi lagi. Sebenarnya, beberapa faktor dan penyebabnya telah saya bahas pada posting aplikasi youtube yang tidak bisa dibuka. Karena teorinya sama saja.

Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Membuka Apliaksi Android

Jika saat ini Tablet atau Smartphone Android anda sama sekali tidak bisa membuka aplikasi. Atau mungkin muncul keterangan “Unfortunatelly Force Close, Not Enough Memory, Not Responding” simak beberapa cara berikut ini.
  1. Gunakan Aplikasi Clean Master. Pasang aplikasi ini lalu gunakan untuk membersihkan cache dan data yang telah ditinggalkan aplikasi yag tidak bisa dibuka. Ketika kita sedang menggunakan sebuah aplikasi, mereka secara otomatis akan menyimpan cache didalam Android. Hal ini bisa menjadi file yang kadaluarsa dan harus kita bersihkan.
  2. Aplikasi Yang Baru Dipasang Tidak Bisa Terbuka. Jika ternyata anda baru instal sebuah aplikasi dari file APK dan setelah selesai ternyata tidak bisa dibuka, maka dipastikan aplikasi tersebut tidak compatible. Baik dengan hardware maupun Android OS Smartphone dan Tablet anda. Install ulang aplikasi tersebut dari play store.
  3. Gunakan Fitur Clear data dan Force Stop. Semua Android OS memiliki fitur ini. Sebagai contoh, saat ini saya tidak bisa membuka aplikasi Phonto maka untuk mengatasinya adalah. Tap Setting > Apps > lalu cari aplikasi tersebut kemudian buka dan tap clear data atau force stop. Perhatikan, cara ini akan membuat data yang telah anda buat atau kerjakan akan hilang.
    Tidak Bisa Buka Aplikasi Android
  4. Lakukan Reboot. Matikan Tablet atau Smartphone Android kemudian lepas SIM card, baterai, kartu memory (micro SD) selama beberapa detik. Biarkan Android tidak menerima energi dari baterai kemudian pasangkan kembali dan hidupkan.
Baca juga :
5 Cara Mengatasi Can’t Connect To Camera Di Android
Cara Mengirim Aplikasi Android Lewat Bluetooth
Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasai aplikasi Android yang tidak bisa dibuka. Semoga berhasil.